Sukses

Tanpa Airfryer, Ini Cara Bikin Ayam Lengkuas Goreng Hemat Minyak

Ayam goreng lengkuas bisa tetap nikmat walau digoreng dengan sedikit minyak. Ini cara bikinnya.

Liputan6.com, Jakarta Ayam goreng lengkuas memiliki karakteristik yang agak berbeda dari jenis ayam goreng lain. Dengan rasa gurih dan aroma yang wangi, ayam goreng lengkuas sangat cocok disantap bersama nasi hangat dan sambal terasi.

Agar semakin nikmat, ayam lengkuas harus diungkep terlebih dahulu. Hanya saja, minyak yang tercampur dengan bumbu lengkuas jadi mudah kotor dan meletup saat digoreng. Hal itu tentu saja sangat tidak efisien dalam penggunaan minyak.

Cara termudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan airfryer, yang tentu saja belum tentu semua orang punya. Namun, ada cara lain yang dibagikan oleh warganet Instagram @indie.radia agar ayam lengkuas tidak meletus dan boros minyak saat digoreng.

Lantas, apakah ia menggunakan bahan atau teknik khusus? Simak jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Kamis (16/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pisahkan Daun Aromatik

Agar ayam lengkuas semakin harum, biasanya ditambahkan beberapa daun aromatik seperti daun salam atau serai. Angkat dan sisihkan daun-daun tersebut dari ayam menggunakan capitan.

3 dari 11 halaman

Panaskan Bumbu Lengkuas

Langkah berikutnya, saring bumbu lengkuas dengan saringan di atas teflon. Panaskan bumbu lengkuas tersebut sampai airnya menyusut. Jangan buang kuah ayam lengkuas pada panci karena dapat digunakan untuk memasak lengkuas.

4 dari 11 halaman

Goreng Ayam

Sembari menunggu air pada bumbu lengkuas menyusut, sekarang goreng ayam dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa sendiri diketahui lebih hemat dari minyak sawit karena tidak mudah keruh dan dapat digunakan ulang hingga enam kali.

5 dari 11 halaman

Tambahkan Minyak pada Bumbu Lengkuas

Periksa dan oseng-oseng kembali bumbu lengkuas yang sedang digoreng. Jika airnya sudah habis, tambahkan minyak kelapa yang tadi digunakan untuk menggoreng ayam sebanyak dua centong.

Terus aduk dan oseng bumbu lengkuas sampai terasa cukup ringan, garing dan berubah warna jadi kecoklatan. Baru setelah itu bumbu lengkuas bisa diangkat dan ditaburkan bersama ayam yang sudah digoreng sebelumnya.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ayam Lengkuas

7 dari 11 halaman

Biar Ayam Lengkuas Empuk Dikasih Apa?

Gunakanlah buah pepaya dan nanas muda untuk melunakkan daging ayam dengan cepat. Saat merebus potongan daging ayam, campurkan irisan pepaya atau nanas muda ke dalamnya. Biarkan daging ayam mendidih selama sekitar 30 hingga 45 menit untuk memastikan kematangan yang optimal sebelum diolah menjadi hidangan ayam lengkuas.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Ungkep Ayam Agar Empuk?

Untuk mendapat hasil optimal, ayam perlu diungkep selama 30-45 menit dengan api kecil. Ini bertujuan untuk memastikan keempukan dan kematangan daging yang sempurna.

9 dari 11 halaman

Air Rebusan Lengkuas untuk Apa?

Sejak zaman dahulu, lengkuas telah menjadi ramuan tradisional yang digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Rebusan lengkuas memiliki manfaat dalam mengurangi mual, meminimalisir muntah, serta mengurangi rasa kembung di perut. Tidak hanya itu, konsumsi air rebusan lengkuas juga dapat meningkatkan produksi enzim yang mendukung proses pencernaan yang lebih optimal.

10 dari 11 halaman

Lengkuas Menambah Rasa Apa?

Aroma yang cukup tajam dimiliki oleh lengkuas. Kehadirannya dalam masakan memberikan kesegaran, terutama dalam hidangan daging dan tumisan. Lengkuas juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan aroma yang enak dan merangsang selera makan.

11 dari 11 halaman

Apakah Laos dan Lengkuas Itu Sama?

Di Indonesia, Laos, yang juga dikenal sebagai lengkuas atau galangal, adalah salah satu rempah-rempah penting dalam masakan. Ini adalah jenis rimpang atau umbi dengan aroma unik dan kesegaran rasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.