Sukses

Apakah Pasta Gigi Dapat Mencegah Gigi Berlubang? Ini Tips Memilih Produk yang Tepat

Gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas sehari hari. Namun, gigi berlubang dapat dicegah jika melakukan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah cara untuk merawat gigi berlubang dengan pasta gigi.

Liputan6.com, Malang Gigi yang mengalami lubang adalah sebuah masalah serius yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika kondisi gigi yang berlubang semakin parah, perawatan khusus diperlukan untuk mengurangi rasa sakitnya. Lubang pada gigi bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia dan latar belakang. Untuk menghindari terjadinya lubang pada gigi, langkah preventif dapat dilakukan dengan menggunakan pasta gigi.

Pasta gigi berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk gigi. Dengan formula yang tepat, pasta gigi dapat membantu mencegah terbentuknya lubang pada gigi. Dengan rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi, risiko gigi berlubang dapat diminimalkan sehingga gigi tetap sehat.

Untuk memilih pasta gigi yang tepat untuk mencegah lubang pada gigi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Pilihlah Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Fluoride bermanfaat untuk menguatkan lapisan email gigi, mencegah keropos gigi, dan menghentikan perkembangan lubang gigi agar tidak semakin parah. Pastikan Anda memilih pasta gigi yang mengandung bahan ini.

Umumnya, dalam daftar bahan, fluoride dapat tertera dengan nama-nama senyawa berikut:

  • Sodium fluoride
  • Sodium monofluorophosphate (pro-fluoride)
  • Stannous fluoride
3 dari 10 halaman

Pilih Pasta Gigi dengan Kandungan Bahan Berikut untuk Gigi Sensitif

Kandungan seperti potassium nitrat, kombinasi kalsium, atau fosfat dapat membantu mengatasi masalah lubang pada dentin. Lubang pada gigi dapat meningkatkan sensitivitas dengan mengekspos saraf.

Potassium Nitrat

Potassium nitrat berperan dalam menghambat impuls rasa sakit dari saraf gigi, sehingga dapat mengurangi sensitivitas gigi. Kandungan ini memiliki efek menenangkan pada gigi yang sensitif dan membantu mengisi lubang gigi.

Kombinasi Kalsium dan Fosfat

Kombinasi kedua bahan ini berguna untuk memperkuat enamel gigi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh asam. Kalsium dan fosfat mencegah dekalsifikasi akibat asam, menjaga kesehatan gigi.

4 dari 10 halaman

Jika Gigi Menguning, Pilih Pasta Gigi yang Mengandung Peroxide

Senyawa peroxide atau oksida adalah zat yang mengandung gugus oksigen yang dapat mengurangi warna kuning pada gigi, membuatnya terlihat lebih cerah atau mendekati warna aslinya.

Jika Anda mengalami masalah gigi berlubang dan kuning, pertimbangkan untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah lubang gigi semakin parah, bersama dengan peroxide atau senyawa oxide lainnya. Berikut adalah beberapa bahan lain yang dapat mengurangi warna kuning pada gigi:

  • Hydrogen peroxide-
  • Titanium dioxide
  • Zinc oxide
  • Magnesium oxide
  • Calcium oxide
  • Aluminium oxide
5 dari 10 halaman

Jika Mengalami Bau Mulut, Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Xylitol.

Walaupun lubang pada gigi bukanlah penyebab langsung dari bau mulut, namun lubang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menghasilkan bau tidak sedap tersebut. Untuk mengatasi hal ini, pilihlah pasta gigi dengan kandungan xylitol.

Xylitol dikenal dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa pasta gigi di pasaran sudah mengandung xylitol, meskipun seringkali bahan utamanya adalah gum, bukan xylitol. Xylitol biasanya terdapat dalam gum dan dilepaskan secara perlahan. Salah satu contohnya adalah cellulose gum, yang sering digunakan dalam pembuatan pasta gigi.

6 dari 10 halaman

Apakah Pasta Gigi Bisa Mencegah Gigi Berlubang?

Kamu dapat mengobati gigi berlubang dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang. Selain itu, pasta gigi ini juga bisa mencegah komplikasi seperti abses gigi yang bisa timbul akibat gigi berlubang.

 

7 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Agar Gigi Tidak Berlubang?

Agar gigi tidak berlubang rutinlah menggosok gigi, pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride, kurangi konsumsi makanan manis, dan gunakan obat kumur untuk menyegarkan bau mulut.

8 dari 10 halaman

Apakah Pepsodent Bisa Menambal Gigi yang Berlubang?

Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang mengandung active micro-calcium dan pro-fluoride complex, memberikan perlindungan optimal terhadap gigi berlubang sepanjang hari. Gunakan 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur, untuk hasil terbaik.

9 dari 10 halaman

Apa yang Dapat Menyebabkan Gigi Berlubang?

Seringkali lupa menyikat gigi, terutama setelah makan. Tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Mengalami gangguan makan, seperti bulimia atau anoreksia. Mengalami mulut kering dan kondisi refluks asam lambung (GERD).

10 dari 10 halaman

Apa Efek Samping yang Dapat Disebabkan Gigi Berlubang?

Meskipun terlihat remeh, gigi berlubang dapat menjadi masalah serius yang bisa memicu penyakit yang berpotensi fatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini