Sukses

Trik Mengolah Cumi Tanpa Direbus Dulu, Bisa Empuk Cuma Pakai 2 Bumbu Dapur

Cukup menggunakan dua bahan sederhana yang pastinya ada di dapur, mengolah cumi jadi tidak alot dan keras lagi. Yuk, cari tahu bagaimana caranya!

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta makanan laut, olahan cumi tentunya menjadi salah satu menu favorit. Meski begitu, metode pengolahannya yang kurang tepat, kadang menyebabkan tekstur cumi jadi alot. 

Namun, tak perlu khawatir lagi karena ternyata cukup menggunakan 2 bahan ini saja, hasil olahan cumi bisa lebih empuk meski tidak direbus dulu. Apa saja bahan dan bagaimana caranya?

Dirangkum dari akun TikTok @adepratiwiharahap pada Rabu (15/5/2024), berikut langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan-bahan

Menurut penjelasan @adepratiwiharahap dalam video TikTok-nya, tidak perlu merebus cumi terlebih dahulu sebelum diolah menjadi berbagai menu masakan. Cukup gunakan baking soda dan garam, tekstur cumi bisa jadi lebih empuk.

3 dari 12 halaman

1. Taburkan Garam dan Baking Soda

Step pertama, cuci cumi hingga bersih. Masukkan ke wadah, kemudian, beri taburan garam dan satu baking soda masing-masing satu sendok teh. 

4 dari 12 halaman

2. Aduk hingga Cumi Berlendir

Step kedua, aduk cumi untuk meratakan garam dan baking soda tadi ke seluruh permukaannya. Setelah itu, remas-remas cumi hingga lendirnya keluar.

5 dari 12 halaman

3. Diamkan 15 Menit

Step ketiga, setelah menghasilkan lendir, diamkan cumi sekitar 15 menit.

6 dari 12 halaman

Cuci Cumi hingga Bersih

Terakhir, cuci cumi menggunakan air mengalir hingga terasa seluruh lendirnya bersih. Cumi pun siap dimasak tanpa perlu khawatir akan teksturnya yang alot atau keras.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Memasak Cumi

8 dari 12 halaman

Berapa Lama Waktu Memasak Cumi Agar Tidak Alot?

Apabila cumi dimasak melebihi waktu 3 menit, konsistensinya akan menjadi terlalu kenyal dan keras seperti karet. Jika sudah terlanjur dimasak terlalu lama, solusinya adalah memasaknya lebih lama lagi, sekitar 30 menit, untuk mengembalikan kelembutannya. Tindakan ini penting dilakukan agar daging cumi dapat kembali empuk.

9 dari 12 halaman

Berapa Lama Waktu Memasak Cumi Basah?

Dengan mengikuti prinsip tersebut, agar hidangan cumi tidak mengeras, cumi hanya perlu dimasak dalam waktu kurang dari 3 menit. Apabila sudah melebihi waktu memasak selama 3 menit, lanjutkan proses hingga mencapai 20-30 menit untuk memastikan daging cumi menjadi lembut kembali.

10 dari 12 halaman

Berapa Lama Marinasi Cumi?

Rendam cumi terlebih dahulu agar aroma amisnya dapat dihilangkan. Penting untuk dicatat bahwa proses perendaman cumi tidak boleh dilakukan selama lebih dari 30 menit karena dapat mengurangi cita rasa alami cumi tersebut.

11 dari 12 halaman

Apakah Cumi Boleh Dihangatkan Kembali?

Makanan laut seperti udang, cumi-cumi, kerang, dan ikan mengandung protein yang sensitif terhadap panas. Jika dipanaskan kembali, protein ini dapat mengalami perubahan menjadi senyawa yang berpotensi berbahaya bagi tubuh, seperti nitrosamin dan histamin.

12 dari 12 halaman

Kenapa Masak Cumi Bau Amis?

Walaupun telah dicuci dan dibersihkan, bau amis masih dapat tercium pada cumi-cumi. Ini bisa disebabkan oleh retaknya tabung tinta cumi-cumi karena terlalu lama terpapar udara. Maka dari itu, lebih bijak untuk memilih cumi-cumi yang tabung tintanya masih utuh, sebagai indikasi bahwa cumi-cumi tersebut masih segar dan belum terlalu lama diekspos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini