Sukses

Tanpa Perangkap, Begini Trik Ampuh Usir Tikus Pakai 1 Bahan Dapur

Tidak lagi perlu perangkap ataupun racun, kini ada cara membasmi tikus yang lebih mudah, aman, dan ekonomis. Mari cari tahu informasi selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Tikus yang mati akibat diracun maupun diranjau berisiko menimbulkan bau tidak sedap. Terlebih, jika tikus mati di bagian-bagian rumah yang sulit dijangkau manusia, hal ini tentu akan sulit diatasi.

Tak hanya itu, penggunaan racun tikus juga bisa menyebabkan hewan lain, seperti kucing, ikut mati ketika mengonsumsi tikus yang diracun. Oleh karena itu, diperlukan cara mengusir tikus yang lebih aman, tapi tetap ampuh.

Menjawab permasalahan ini, kanal YouTube bernama Erdi Story membagikan tips mudah membasmi tikus di rumah dengan modal Rp. 2000-an saja. Berikut informasinya, dirangkum pada Rabu (15/5/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan-bahan

Siapkan bahan dan peralatan berikut:

  • Cuka
  • Kapas
  • Wadah pipih (bisa nampan kecil atau piring plastik)
3 dari 12 halaman

1. Bulatkan Kapas

Langkah pertama, siapkan beberapa helai kapas sesuai kebutuhan. Bentuk kapas menjadi bulatan-bulatan kecil. 

4 dari 12 halaman

2. Basahi Kapas dengan Cuka

Langkah kedua, basahi kapas yang sudah dibulatkan tadi menggunakan cuka. Pastikan seluruh permukaan kapas terbasahi oleh cuka.

5 dari 12 halaman

3. Susun Kapas di Wadah

Terakhir, susun bulatan kapas yang sudah dibasahi dengan cuka tadi ke wadah. Lalu, taruh di tempat-tempat yang sering didatangi tikus, seperti area dapur misalnya.

6 dari 12 halaman

Gunakan Botol Spray

Jika tidak ingin menggunakan kapas, cara berikut ini dapat dicoba.

  1. Siapkan botol spray
  2. Isi botol dengan beberapa tetes cuka
  3. Tambahkan air secukupnya
  4. Kocok-kocok botol agar cuka larut dengan air
  5. Semprotkan ke tempat-tempat yang banyak tikus.

Dalam videonya, pemilik kanal YouTube Erdi Story ini mengatakan jika tikus tidak menyukai aroma cuka. Karenanya, ketika berada di area yang beraroma cuka atau mungkin tidak sengaja menjilatnya, tikus akan pergi menjauh.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Mengusir Tikus

8 dari 12 halaman

Apa yang Paling Ditakuti Tikus?

Tikus ternyata tidak menyukai aroma bawang, seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay. Hal ini disebabkan oleh bau bawang yang sangat tajam bagi mereka. Untuk mengusir tikus, bisa dicoba mengiris bawang dan menempatkannya di jalur yang sering dilalui tikus atau di tempat mereka biasa bersembunyi.

9 dari 12 halaman

Bisakah Mengusir Tikus dengan Garam?

Tikus pada umumnya tidak menyukai makanan yang mengandung garam, sehingga mereka tidak akan mencarinya sebagai sumber makanan. Meskipun demikian, garam masih dapat digunakan sebagai cara untuk mengusir tikus.

10 dari 12 halaman

Karbol Apa Bisa Mengusir Tikus?

Selain kapur barus, karbol atau cairan pembersih yang digunakan untuk mengepel lantai memiliki aroma yang lebih kuat. Karbol dan kamper sudah cukup ampuh untuk mengusir tikus daripada bahan alami.

11 dari 12 halaman

Suara Apa yang Bisa Mengusir Tikus?

Salah satu cara yang digunakan untuk menyingkirkan tikus dari rumah adalah dengan memanfaatkan gelombang suara ultrasonik.

12 dari 12 halaman

Daun Apa yang Bisa Mengusir Tikus?

Daun mint berwarna hijau terang dengan aroma segar, dikenal efektif dalam mengusir tikus. Tikus memiliki penciuman yang sangat sensitif, dan aroma kuat dari mint, terutama mentol dan pulegone, membuat mereka menjauhi area yang tercium aroma tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini