Sukses

Cara Memilih Jumpsuit Hijab Terbaik, Bikin Makin Stylish dalam Berbagai Kegiatan

Jumpsuit adalah salah satu outfit yang sedang populer di kalangan pengguna hijab. Agar tidak salah pilih, simak cara memilih jumpsuit berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Jumpsuit, sebagai salah satu fashion item yang praktis dan modern, dapat menjadi pilihan yang tepat untuk acara formal maupun non formal. Namun, kombinasi antara jumpsuit dan hijab memerlukan perhatian khusus agar tetap sesuai dengan prinsip berpakaian syar'i tanpa mengurangi kesan stylish. 

Untuk mendapatkan jumpsuit hijab yang ideal, penting untuk memperhatikan beberapa aspek utama, seperti bahan, potongan, dan warna. Bahan yang lembut dan tidak mudah kusut akan memberikan kenyamanan ekstra sepanjang hari, sementara potongan yang longgar namun tetap mengikuti bentuk tubuh secara sopan dapat meningkatkan kepercayaan diri. 

Selain itu, pemilihan warna yang tepat dapat menambah kesan elegan dan mudah dipadukan dengan aksesoris atau hijab favorit. Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, dapat menemukan jumpsuit hijab yang sempurna untuk berbagai acara, mulai dari pertemuan formal hingga acara santai.

Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara memilih jumpsuit hijab terbaik di bawah ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (14/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Pilih Bahan yang Nyaman Digunakan

Pemilihan bahan jumpsuit sangat penting karena mempengaruhi keseluruhan penampilan dan kenyamanan. Bahan jumpsuit yang baik tidak hanya mendukung penampilan, tetapi juga memastikan kenyamanan sepanjang hari. 

Pastikan memilih bahan yang tidak menerawang agar tetap sesuai dengan prinsip hijab yang menutup aurat. Berikut adalah beberapa jenis bahan yang sering digunakan:

  • Bahan linen atau baby terry: Memberikan kenyamanan dengan kesan santai dan kasual.
  • Bahan satin dan poliester: Cocok untuk acara formal karena memberikan tampilan mewah dan tahan kusut.
  • Bahan katun dan spandeks: Memudahkan pergerakan dan tidak membuat gerah, cocok untuk aktivitas sehari-hari.
3 dari 9 halaman

2. Pilih Warna dan Motif Sesuai dengan Kebutuhan

Secara umum, terdapat dua jenis jumpsuit hijab, yaitu yang berwarna polos dan bermotif. Masing-masing jenis memiliki keunggulan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jumpsuit berwarna polos, terutama warna netral seperti hitam, cokelat, atau abu-abu, tampak lebih sederhana dan mudah untuk dipadukan. Namun, terdapat juga pilihan warna jumpsuit yang lain. Jika ingin menambah variasi warna dalam koleksi pakaian, jangan ragu untuk memilih jumpsuit hijab dengan warna pakaian yang belum dimiliki.

Sedangkan jumpsuit bermotif tersedia dalam berbagai pola, mulai dari bentuk geometris, abstrak, hingga floral. Untuk yang memiliki tubuh berisi, memilih jumpsuit dengan motif vertikal atau motif kecil dapat memberikan kesan tubuh yang lebih ramping. Sebaliknya, jika ingin tubuh tampak lebih berisi, pilihlah jumpsuit dengan motif besar atau garis horizontal.

4 dari 9 halaman

3. Sesuaikan Model Jumpsuit dengan Acara yang Dihadiri

Untuk gaya kasual, bisa memilih model jumpsuit tanpa lengan yang dapat dipadukan dengan berbagai jenis dalaman. Jenis dalaman yang bisa dikenakan yaitu kaus, blus, kemeja, atau manset. Jika jumpsuit tanpa lengan yang dipilih sudah bermotif, sebaiknya pilih dalaman polos untuk menciptakan tampilan yang sempurna.

Memilih jumpsuit dengan model flowy dapat memberikan kesan feminin, terutama jika dipadukan dengan blus dan sepatu flat. Sebaliknya, jumpsuit berwarna cerah atau dengan motif ceria dapat menciptakan tampilan yang awet muda dan segar.

Untuk acara yang lebih formal, tersedia juga jumpsuit dalam berbagai model. Jumpsuit lengan panjang bisa menjadi statement piece yang menarik di acara formal karena memberikan kesan yang bold. Selain itu, bisa juga menambahkan aksesori yang sesuai untuk melengkapi penampilan. 

5 dari 9 halaman

Jumpsuit Cocok untuk Acara Apa?

Selain mengenakan jeans atau rok untuk aktivitas harian, jumpsuit bisa menjadi alternatif outfit yang menarik dan berbeda dari biasanya. Tidak hanya cocok untuk bersantai dan hangout, jumpsuit juga dapat dikenakan untuk acara semi formal, seperti pergi ke kantor atau menghadiri acara pernikahan.

6 dari 9 halaman

Apakah Badan Gemuk Cocok Pakai Jumpsuit?

Bagi kamu yang bertubuh gemuk, jumpsuit dengan bentuk leher v-neck bisa menjadi pilihan yang tepat. Model leher ini tidak hanya memberikan efek jenjang, tetapi juga membantu menyamarkan area bahu yang lebar, sehingga tubuh akan tampak lebih panjang dan proporsional.

7 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Baju Jumpsuit?

Jumpsuit adalah jenis pakaian multifungsi yang terdiri dari satu bagian terintegrasi, mencakup atasan dan bawahan yang menyatu menjadi satu kesatuan.

8 dari 9 halaman

Apakah Orang Pendek Cocok Memakai Jumpsuit?

Jumpsuit sering kali dianggap sebagai pakaian yang hanya cocok untuk wanita dengan postur tubuh tinggi dan kaki panjang. Namun, dengan trik yang tepat, jumpsuit juga bisa dikenakan oleh wanita yang memiliki kaki lebih pendek dan tetap terlihat menarik, lho!

9 dari 9 halaman

Apakah Jumpsuit Termasuk Casual?

Jumpsuit tetap bisa menjadi pilihan serbaguna yang dapat dipadupadankan dengan berbagai gaya, mulai dari yang kasual hingga yang formal. Bagi kamu yang ingin tampil stylish dengan jumpsuit, ada beberapa gaya yang bisa kamu coba. Jika kamu ingin tampil rapi tapi tetap santai saat hangout, jumpsuit polos berbahan kaus adalah pilihan yang sempurna untuk memberikan kesan yang cantik dan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.