Sukses

Gandeng Kairos Multi Jaya, ITB Gelar Workshop Integrasi Akustik Bangunan dan Profesional Audio

Workshop integrasi akustik bangunan dan profesional audio bakal digelar di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB, Bandung, pada 4 - 5 Juni 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Workshop integrasi akustik bangunan dan profesional audio bakal digelar di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB, Bandung, pada 4 - 5 Juni 2024 mendatang.

Workshop yang digelar Kairos Multi Jaya berkolaborasi dengan Laboratorium Akustik Institut Teknologi Bandung ini akan memberikan pengetahuan tentang pentingnya penataan akustik ruangan untuk mendapatkan parameter minimal yang disyaratkan dalam sebuah ruangan untuk kebutuhan tertentu.

Misalnya berapa RT60 (waktu dengung), clarity, dan defnisi yang harus dipenuhi oleh sebuah auditorium, ruang seminar, ballroom, untuk berbagai kebutuhan yang berbeda, apakah untuk musik, speech, dan lainnya.

Sedangkan dari sisi perangkat audio, materi yang akan diberikan adalah bagaimana penataan, pengaturan, dan optimalisasi perangkat audio agar didapatkan kondisi tata suara yang ideal dan memenuhi persyaratan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dari sebuah ruangan/venue.

Mengikuti perkembangan teknologi, proses simulasi, penataan, dan pengujianpun menggunakan teknologi terkini berbasis aplikasi. Hal ini ditujukan agar penataan akustik dan penataan perangkat audio bisa menghasilkan tata suara yang diinginkan dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Board of Director Kairos Multi Jaya, Johannes Martin Wijaya, mengatakan workshop ini bertujuan memberikan pemahaman bahwa kualitas akustik bangunan dan peralatan audio saling memengaruhi dan berkontribusi dalam menentukan kualitas tata suara.

"Jika kondisi akustik ruangan buruk, ataupun peralatan audio yang buruk, maka tidak bisa diharapkan tersajikannya tata suara yang bagus," ucap Johannes, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Materi yang akan diterima

Materi yang akan diterima oleh peserta workshop di antaranya:

1. Konsep Akustik Ruang, dengan pemateri Ir. Anugrah Sabdono Sudarsono, S.T., M.T., Ph.D., IPM.

2. Integrasi Sistem Tata Suara dengan Kondisi Akustik Ruang, dengan pemateri Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D.

3. Dasar Desain & Penerapan Sistem Audio Serta Perangkat Pendukung Optimalisasi,  dengan pemateri Karuna Madhusudana Atmadja & Ryan Rama Putra.

4. Interaksi & Pengukuran (Live Measure) Loudspeaker Dalam Ruangan Serta Optimalisasi Tata Suara, dengan pemateri Karuna Madhusudana Atmadja.

 

3 dari 3 halaman

Mendapat kesempatan ke Laboratorium Echoic & Anechoic Chamber Teknik Fisika ITB

Anugerah Sabdono Sudarsono dan R. Sugeng Joko Sarwono adalah para pengajar di Teknik Fisika ITB, sedangan Karuna Madhusudana Atmadja dan Ryan Rama Putra adalah Engineering Team Kairos Multi Jaya.

Peserta workshop selain akan mendapatkan praktik pengukuran dan pengujian akustik ruangan, dan live measuring audio, juga akan mendapatkan kesempatan visit tour ke Laboratorium Echoic & Anechoic Chamber Teknik Fisika ITB.

Jika tertarik untuk mengikuti workshop ini, bisa mengetahui informasi detailnya melalui laman berikut ini, https://bit.ly/WORKSHOP-KAIROS-ITB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.