Sukses

16 Mei 2014: Dua Ledakan Mematikan Hantam Nairobi, 10 Orang Tewas dan 70 Lainnya Terluka

Setidaknya terdapat 10 orang tewas akibat ledakan di ibu kota Kenya, Nairobi, pada 16 Mei 2014. Ratusan wisatawan Inggris dievakuasi akibat ancaman teror tersebut.

Liputan6.com, Nairobi - Dua ledakan dilaporkan menghantam Nairobi hingga menewaskan 10 orang dan melukai 70 orang pada 16 Mei 2014, tepat 10 tahun lalu.

Karena adanya ancaman teror yang kembali muncul di Kenya, saat itu ratusan wisatawan Inggris terpaksa dievakuasi dari negara tersebut.

Melansir dari The Guardian, (16/5/2024), Kepala polisi Nairobi, Benson Kibue, mengatakan bahwa dua perangkat peledak improvisasi meledak di area pasar dekat pusat kota Nairobi pada hari Jumat, 16 Mei 2014. Satu ledakan mengenai sebuah minibus yang biasanya digunakan untuk transportasi umum.

Dua ledakan di ibu kota Kenya tersebut terjadi setelah sekitar 400 wisatawan Inggris diberitahu bahwa mereka akan dievakuasi dari Mombasa, di pantai timur Kenya, karena tingkat ancaman yang “tidak dapat diterima”.

Kedubes Amerika Serikat juga mengeluarkan peringatan perjalanan pada Jumat pagi kala itu, memperingatkan warga negaranya tentang ancaman teroris yang terus berlanjut di negara di mana kedutaan AS diserang secara dahsyat pada tahun 1988.

Tak lama setelah ledakan, seorang jubir Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apakah akan memperluas peringatan teror yang mencakup Nairobi setelah ledakan tersebut, tetapi menambahkan, “Kami menyadari laporan mengenai ledakan tersebut, dan kami sedang menyelidikinya dengan cepat sekarang.”

Perusahaan liburan Thomson dan First Choice membatalkan semua penerbangan hingga akhir Oktober 2014 dan membawa pulang para wisatawan sebagai tindakan pencegahan. 

Kuoni mengatakan bahwa mereka menawarkan pembatalan gratis kepada pelanggan yang akan terbang ke daerah yang terkena dampak dalam tujuh hari setelah ledakan.

Thomson Airways mengatakan di situs web mereka, "The Foreign and Commonwealth Office (FCO) sekarang menyarankan agar tidak melakukan perjalanan kecuali perjalanan penting ke pulau Mombasa, Kenya. Thomson and First Choice telah terus memantau situasi yang berkembang dan telah bekerja sangat erat dengan FCO dan mengikuti saran mereka setiap saat."

"Sebagai hasil dari perubahan saran FCO, keputusan telah diambil untuk membatalkan semua penerbangan ke Mombasa, Kenya, sampai 31 Oktober."

"Sebagai tindakan pencegahan, kami juga telah mengambil keputusan untuk memulangkan semua pelanggan yang sedang berlibur di Kenya, termasuk penumpang Air Fare untuk kembali ke Inggris pada hari Kamis dan Jumat...i."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bandara yang Dipenuhi Wisatawan Berdesakan

Di Bandara Mombasa, sopir taksi Sam Kidelo mengatakan bahwa para wisatawan merasa terganggu karena harus mengakhiri liburan impian mereka dan berdesakan untuk mendapatkan tempat di pesawat evakuasi yang penuh sesak.

"Bandara di sisi kedatangan kosong dan di sisi keberangkatan penuh, dengan antrian panjang dari meja ke luar," kata Kidelo.

"Orang-orang tidak senang. Sangat tidak senang. Mereka mengatakan bahwa mereka telah menabung untuk (liburan) ini selama bertahun-tahun dan banyak dari mereka ingin melihat hewan-hewan dan melakukan safari, tetapi sekarang perjalanan mereka telah dibatalkan."

Barry Jackson, yang berada di salah satu pesawat yang membawa pulang para warga Inggris, mengatakan bahwa sebagian besar orang bersemangat, "Semuanya diatur: kami hanya harus pulang, jika tidak kami akan pulang tanpa pesawat. Kami berada di sana selama 15 hari, kami menghabiskan dua malam di sana jadi kami sangat terbiasa dengan bandara. Ini bukan liburan yang kami harapkan. Sekarang kami mencoba untuk pergi liburan ke tempat lain."

Mike Morrison, seorang manajer logistik, membatalkan perjalanan bisnis yang direncanakan ke Mombasa satu pekan setelah kejadian. "Saya tidak akan melawan panduan Kantor Urusan Luar Negeri karena mereka tidak akan membantu Anda keluar jika terjadi sesuatu, secara kasar," katanya.

"Saya berada di Nairobi tahun lalu (2013) dan ada wilayah yang bisa saya kunjungi dan wilayah yang tidak bisa, karena jika ada sesuatu yang salah maka mereka (Kantor Urusan Luar Negeri) tidak dapat membantu karena Anda telah diperingatkan. 99 kali dari 100. Sesuatu tidak akan berjalan buruk tetapi ketika itu terjadi, Anda akan dibiarkan saja."

3 dari 4 halaman

Serangan yang Memengaruhi Perekonomian

Terdapat kebingungan dan kemarahan di antara para pelaku bisnis perhotelan di Mombasa, yang mempertanyakan apakah peringatan dari Kemlu tersebut proporsional dan mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi bencana bagi perekonomian di daerah pesisir.

Sam Ikwaye, dari Asosiasi Pemilik Hotel dan Katering Kenya, mengatakan, “Kami terkejut dengan keputusan Inggris untuk memulangkan warganya dan bagaimana mereka melakukannya. Ada beberapa aspek urgensi yang menciptakan ketegangan di wilayah ini.

“Ketika orang-orang datang liburan di suatu hari dan harus pergi keesokan harinya, itu menandakan Mombasa sebagai destinasi yang memiliki keadaan darurat. Kami benar-benar tidak mengerti dan meminta agar Inggris berbagi informasi dengan pemerintah.

“Jika ada sesuatu yang sangat salah dengan perjalanan kami, kami sebagai manusia berhak untuk mengetahuinya.”

Ikwaye mengatakan bahwa industri pariwisata mempekerjakan 30.000 orang di Mombasa dan “setiap aspek ekonomi bergantung pada pariwisata”. Ia menambahkan, “Sebagai sebuah industri, kami pikir ini tidak ada hubungannya dengan keamanan karena kami telah memeriksa dengan badan-badan penegak hukum di lapangan dan tidak ada alarm.”

Presiden Uhuru Kenyatta mengatakan bahwa pariwisata telah “bertekuk lutut” setelah serangan oleh kelompok teror Somalia al-Shabaab di sebuah pusat perbelanjaan kelas atas di Nairobi pada bulan September 2013. Setidaknya 67 orang tewas dan peringatan perjalanan dikeluarkan.

“Kami mengalami penurunan sebesar 20% (tahun 2013) tetapi kami mulai bangkit. Dampaknya sangat besar,” kata Ikwaye.

Mohamed Hersi dari Asosiasi Turis Mombasa dan Pantai mengatakan bahwa keputusan Thomson untuk mengevakuasi para turis sangat disesalkan.

  1. Thomson mengatakan bahwa Tui telah mengatakan kepada para pelaku bisnis perhotelan bahwa “mereka mencari antara 500 dan 700” wisatawan Inggris untuk dievakuasi, “bahkan di luar saran perjalanan dari pulau Mombasa ke resor terdekat seperti Diani”.

Hersi menambahkan bahwa banyak orang Inggris yang tidak ingin pergi tetapi peringatan tersebut membuat mereka sulit untuk tetap tinggal, “Banyak dari mereka yang ingin tetap tinggal namun dengan adanya peringatan ini, asuransi mereka menjadi tidak berlaku.”

4 dari 4 halaman

Ancaman dari Para Ekstremis

Seorang juru bicara Kemlu mengatakan bahwa ancaman terhadap warga negara Inggris di Kenya telah berubah dalam beberapa minggu terakhir sebelum kejadian dan berubah menjadi pada tingkat yang sangat tinggi, “Saran perjalanan kami mencerminkan situasi di lapangan dan insiden keamanan serta ancaman lain terhadap warga negara Inggris yang menyebabkan perubahan saran perjalanan ini."

“Kami terus meninjau saran perjalanan kami secara ketat dan konstan. Kami telah memberikan pertimbangan yang cermat terhadap tingkat saran perjalanan yang tepat untuk berbagai wilayah di Kenya dan melakukan penilaian rinci terhadap risiko bagi warga negara Inggris.”

Dalam saran perjalanan resminya, Kemlu mendesak wisatawan Inggris untuk “meningkatkan kewaspadaan” saat bepergian di daerah-daerah yang berjarak 37 mil dari perbatasan Kenya-Somalia dan Nairobi.

Disebutkan, “Ada ancaman tinggi dari terorisme, termasuk penculikan. Ancaman utama datang dari para ekstremis yang terkait dengan Al-Shabaab, sebuah kelompok militan yang telah melakukan serangan di Kenya sebagai tanggapan atas intervensi militer Kenya di Somalia."

“Telah terjadi serentetan serangan granat, bom, dan serangan bersenjata berskala kecil di Nairobi (terutama di daerah Eastleigh), Mombasa, dan Provinsi Timur Laut.” Kemlu memperkirakan ada 5.000 warga negara Inggris yang tinggal di sepanjang pantai dan sekitar 500 orang di Mombasa dan sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini