Sukses

Deretan Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok untuk Berburu Sunrise sambil Berwisata Kuliner

Berikut beberapa spot menikmati sunrise dan berburu kuliner lezat di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Beberapa wilayah terkenal dengan spot-spot wisata Indonesia yang menjadi incaran wisatawan pencinta matahari terbit (sunrise). Beberapa lokasi bahkan juga menyediakan aneka kuliner lezat.

Spot menikmati sunrise ternyata memang tak kalah populer dengan spot menikmati sunset (matahari terbenam). Setiap daerah di Indonesia menawarkan pengalaman menikmati keindahan matahari terbit yang berbeda-beda.

Para wisatawan bahkan rela bangun sebelum subuh untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik yang terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut beberapa spot menikmati sunrise dan berburu kuliner Indonesia yang lezat:

1. Kebun Teh Cukul

Sunrise Point Cukul berada di kawasan Kebun Teh Cukul, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini digadang-gadang menjadi salah satu spot sunrise terbaik.

Kebun Teh Cukul memberi pengalaman menikmati matahari terbit berpadu dengan kabut pagi yang sejuk. Setelah puas menikmati keindahan matahari terbit, wisatawan bisa berburu kuliner yang ada di sekitar lokasi, seperti mi kocok, cuanki, batagor, hingga nasi tutug oncom.

2. Pantai Waso

Pantai Waso yang berada di Labuan Bajo juga memiliki spot sunrise yang menarik untuk dijelajahi. Berlokasi di Desa Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan, Manggarai Barat, pantai ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki pantai dan spot sunrise lainnya.

Saat matahari terbit, wisatawan akan dibuat kagum dengan pemandangan matahari terbit berlatar belakang perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. pantulan sinar matahari di deretan bebatuan pinggir pantai pun terlihat sangat indah seakan menciptakan kilauan cahaya.

Setelah puas menikmati indahnya sunrise, wisatawan bisa mulai mencari makanan khas Labuan Bajo, seperti kuah asam, rumpu rampe, kolo, dan jagung bose. Pantai Waso saat ini masuk dalam daftar Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Suroloyo

3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berlokasi di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Puncak Suroloyo menawarkan pemandangan matahari terbit yang memukau. Untuk sampai ke puncak, wisatawan harus berjalan kaki melewati lebih dari 200 anak tangga.

Saat sampai di puncak, rasa lelah akan terbayar lunas. Wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit berlatar belakang siluet Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, serta Candi Broobudur sekaligus.

Setelah puas menikmati keindahan matahari terbit, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan berburu kuliner di Kulon Progo. Wisatawan bisa berburu sarapan berupa sego berkat atau menikmati camilan geblek khas Kulon Progo.

4. Punthuk Setumbu

Puthuk Setumbu juga bisa menjadi destinasi wisata yang cocok untuk menikmati keindahan matahari terbit. Untuk sampai ke Puthuk Setumbu, wisatawan harus menempuh sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Magelang.

Punthuk Setumbu terkenal dengan pemandangan matahari terbit seindah lukisan yang diapit Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat megahnya siluet Candi Borobudur yang diselimuti kabut.

Setelah itu, wisatawan bisa membeli makanan dan minuman di warung-warung yang ada di sekitar untuk mengganjal perut. Beberapa menu sarapan khas Magelang yang wajib dicoba adalah sop empal khas Muntilan dari kedai Sop Empal Bu Haryoko yang cukup populer.

5. To’Tombi Toraja

To’Tombi Toraja berlokasi di Kampung Lolai, Benteng Mamullu, Kapalitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata ini menawarkan panorama matahari terbit yang eksotis dari ketinggian 1.300 mdpl.

Setelah puas berburu sunrise, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan berburu wisata kuliner khas Sulawesi Selatan, seperti coto Makassar, pallubasa, kapurung, palumara, dan nasu likku. Kuliner-kuliner tersebut sangat cocok disantap sebagai menu sarapan.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.