Sukses

Profil dan Agama Nasrullo Kabirov, Wasit Kontroversial dalam Laga Indonesia U-23 vs Qatar

Nasrullo Kabirov disebut sebagai wasit kontroversial karena banyak merugikan Indonesia dalam pertandingan Indonesia U-23 vs Qatar

Liputan6.com, Jakarta Nasrullo Kabirov tengah menjadi perhatian publik setelah menjadi wasit dalam pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 dan Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, pada Senin (15/4/2024).

Selama pertandingan, Nasrullo Kabirov sebagai wasit, dinilai banyak merugikan Timnas Indonesia dengan memberikan tiga kartu kuning dan dua kartu merah. Keputusannya lebih menguntungkan Qatar dan dianggap tidak adil dalam menanggapi pelanggaran keras terhadap Witan Sulaeman dan insiden pemain Qatar yang sering terjatuh untuk memperlambat durasi pertandingan.   

Berikut profil Nasrullo Kabirov dirangkum Selasa (16/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Profil

Nama Lengkap: Nasrullo Kabirov

Tanggal Lahir: 5 Mei 1985

Kewarganegaraan: Tajikistan

Agama: Islam

Jabatan: wasit FIFA

3 dari 9 halaman

Pengalaman

Nasrullo Kabirov telah menjabat sebagai wasit FIFA sejak tahun 2013, diumumkan melalui laman resmi AFC. Ia mulai memimpin pertandingan AFC sejak 2017. Nasrullo Kabirov pernah memimpin pertandingan dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Thailand dan AFC Cup. Selain itu, ia juga menjadi wasit dalam pertandingan Liga Tajikistan serta turut berpartisipasi dalam Asian Games Jakarta-Palembang 2018 dan SEA Games ke-31 di Vietnam pada 2021.

4 dari 9 halaman

Kontroversi

Dalam pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 dan Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, pada Senin (15/4/2024) kemarin, Nasrullo Kabirov dianggap memberikan kerugian bagi Indonesia yang akhirnya kalah dengan skor 0-2 dari Qatar. Nasrullo Kabirov memberi Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta kartu merah, sementara Qatar mendapat hadiah penalti setelah Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran terhadap penyerang lawan. Meskipun pemain Indonesia sering kali menjadi korban pelanggaran keras, seperti yang dialami oleh Witan Sulaeman, tetapi hal tersebut sepertinya diabaikan oleh wasit.

5 dari 9 halaman

Siapa Wasit Indonesia vs Qatar 2024?

Pertandingan antara Qatar dan Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 dipimpin oleh Nasrullo Kabirov, seorang wasit berusia 38 tahun yang berasal dari Tajikistan. Keputusan-keputusannya dalam pertandingan tersebut menjadi perhatian karena dianggap sangat merugikan Timnas Indonesia U-23.

6 dari 9 halaman

Siapa Kartu Merah Indonesia vs Qatar?

Pada pertandingan melawan Qatar, Ivar Jenner seharusnya memulai sebagai pemain inti. Namun, pemain dari FC Utrecht tersebut terpaksa tidak dapat menyelesaikan pertandingan hingga 90 menit penuh. Hal ini dikarenakan Ivar Jenner diusir lapangan oleh wasit Nasrullo Kabirov setelah menerima kartu kuning kedua, yang berarti kartu merah.

7 dari 9 halaman

Indonesia vs Qatar 2024 Kapan?

Timnas U23 Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Qatar dalam pertandingan pembuka Grup A Piala Asia U23 2024. Pertandingan ini ditandai dengan dua kartu merah, protes dari pelatih Indonesia, serta dua gol yang tercipta dari situasi bola mati. Laga Grup A antara Qatar dan Indonesia digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, pada hari Senin (15/4/2024).

8 dari 9 halaman

U-23 Indonesia vs Qatar Jam Berapa?

Pertandingan antara Timnas U-23 dan Qatar U-23 dimulai pukul 22.30 WIB.

9 dari 9 halaman

Indonesia vs Qatar Main di Mana?

Di laga semalam, Timnas Indonesia bertemu tuan rumah Qatar. Pertandingan dimulai pada pukul 22.30 WIB dan berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.