Sukses

5 Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW Terbaik dan Terindah, Umat Muslim Wajib Tahu Keutamaannya

Salah satu cara untuk mengekspresikan cinta dan penghormatan terhadap Rasulullah SAW adalah dengan mengucapkan sholawat. Berikut bacaan shalawat terbaik dan terindah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk mengekspresikan cinta dan penghormatan terhadap Rasulullah SAW adalah dengan mengucapkan sholawat. Bagaimana bentuk shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang terbaik dan paling indah?

Sholawat yang Allah SWT berikan kepada Nabi Muhammad SAW pada dasarnya memiliki makna sebagai bentuk pujian dari Allah SWT kepada beliau, sementara sholawat yang diucapkan oleh para malaikat merupakan doa untuk kebaikan-kebaikan yang dimiliki oleh beliau. Hal ini diungkapkan oleh Abu Al-'Aliyah, seperti yang terdapat dalam buku "Mengungkap Rahasia 33 Shalawat kepada Nabi SAW" yang ditulis oleh M. Ramli Husein Khalil.

Bagi mereka yang mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, akan mendapatkan berbagai keutamaan.

Merangkum dari beberapa sumber pada Kamis (23/11/2023), berikut bacaan shalawat terbaik dan terindah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Sholawat Hajat Dunia Akhirat

Shalawat terbaik dan terindah yang pertama yakni shalawat hajat dunia dan akhirat. Bunyi shalawat ini adalah : 

اللهُمَّ صَلِّ عَلى سَدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَل يدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan kepada ahli keluarganya”

Membaca sholawat ini sebanyak 1.000 kali, Allah SWT akan mendatangkan sebanyak 100 hajatnya. Sebanyak 30 hajat akan diberikan di dunia, sementara sisanya akan didatangkan di akhirat.

3 dari 11 halaman

Shalawat Al-Fatih

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْ رِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

"Ya Allah, limpahkanlah Rahmat ke atas Junjungan Muhammad, yang membukakan apa yang tertutup, yang menamatkan apa yang terdahulu, yang membela kebenaran dengan kebenaran, yang memberi petunjuk kepada jalan-Mu yang lurus. Dan ke atas keluarganya bersesuaian dengan pangkat dan kedudukannya yang tinggi.”

Keutamaan dari membaca shalawat Al-Fatih adalah apabila ada 100.000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT. sampai 100.000 tahun.

4 dari 11 halaman

Shalawat Nariyah

اللهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامَّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ بِالَّذِي تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَلْنَالُ بِهِ الرِّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَانِيمِ وَيُسْتَسْقَى الْعَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيم وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Ya Allah berilah sholawat dengan sholawat yang sempurna dan berilah salam dengan salam yang sempurna atas penghulu kami Muhammad yang dengannya terlepas segala ikatan, lenyap segala kesedihan, terpenuhi segala kebutuhan, tercapai segala kesenangan,

semua diakhiri dengan kebaikan, hujan diturunkan, berkat dirinya yang pemurah, juga atas keluarga dan sahabat-sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas sebanyak hitungan segala yang ada dalam pengetahuan-Mu"

5 dari 11 halaman

Shalawat Litausi’il Arzaq

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُوَسِّعُ بِهَا عَلَيْنَا الْأَرْزَاقَ وَيُحْسِنُ بِهاَ لَناَ الْأَخْلَاقَ وَعَلَى آلِهِ وِصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 

"Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, rahmat yang meluaskan rezeki bagi kami, yang menjadikan akhlak kami baik, dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada segenap keluarga dan sahabatnya."

Membaca sholawat ini sebanyak 11 kali setelah sholat atau 100 kali setiap hari dapat melapangkan rejeki dan memperbagus budi pekerti yang luhur serta mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.

6 dari 11 halaman

Shalawat Awwalin

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي الْأَوَّلِينَ وَصَلِّ عَلى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي الْآخِرِينَ, وَصَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي النَّبِيِّينَ, وَصَلِّ عَلَى سَــــــدِنَا مُحَمَّدٍ فِي الْمُرْسَلِيْنَ, وَصَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي الملا الأعلى إلى يَوْمِ الدِّينِ

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan orang-orang dahulu, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan orang-orang kemudian, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan para nabi, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan para rasul, dan limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan arwah sampai hari kiamat.”

Membaca sholawat ini sebanyak 3 kali setiap pagi dan sore hari akan diampuni dosa-dosanya, dihapuskan segala kesalahannya, dikabulkan doa-doanya, diijabah cita-citanya, dan akan mendapat pertolongan dalam menghadapi musuh-musuhnya.

7 dari 11 halaman

Apa itu Shalawat Nabi?

Sholawat nabi adalah salah satu amalan yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT sekaligus sebagai bukti kecintaan kita kepada Rasulullah SAW sebagai umatnya. Selain itu, jika kita artikan, maka Sholawat nabi juga merupakan doa.

8 dari 11 halaman

Shalawat Apa yang Baik Dibaca Setiap Hari?

Mengutip dari Liputan6, bacaan shalawat 3x merupakan amalan terbaik yang dianjurkan Allah SWT untuk dilantunkan setiap hari.

9 dari 11 halaman

Shalawat Apa yang Disukai Allah?

Salah satu shalawat yang disukai Allah SWT adalah shalawat Jibril.

10 dari 11 halaman

Shalawat Apa Yang Pendek?

Shalawat Nariyah adalah bacaan shalawat nabi pendek yang dapat dipanjatkan untuk mengharapkan kesejahteraan dan menghindarkan dari kesulitan.

11 dari 11 halaman

Apa Keajaiban Shalawat?

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepada aku sekali, maka Allah akan bershalawat kepada dirinya sepuluh kali, menghapus sepuluh kejelekan darinya, dan meningkatkan derajatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini