Sukses

Lakukan 8 Hal Ini Jika Kamu Sering Mengantuk Saat Bekerja di Siang Hari

Ketika sedang bekerja, rasa kantuk adalah hal yang biasa menghampiri seseorang. Maka dari itu, kamu perlu menerapkan beberapa hal ini agar rasa kantukmu dapat berkurang.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa kantuk adalah hal biasa yang dirasakan setiap individu, terutama pada siang hari. Perasaan tersebut adalah normal dan tidak patut dihindari. Tetapi, berbeda halnya jika kamu merasakan kantuk ketika sedang bekerja.

Mengantuk mungkin dirasakan semua orang saat mereka sedang melakukan pekerjaan, karena bekerja adalah aktivitas yang dapat dibilang membosankan serta melelahkan. Hal inilah yang akan mengundang rasa kantuk bersarang di kepala.

Ketika bekerja, saat kamu mulai merasa mengantuk, tidur adalah hal yang tidak mungkin dilakukan, karena banyak jobdesk yang harus terselesaikan. Maka dari itu, kamu bisa menghindarinya dengan melakukan berbagai aktivitas untuk mengurangi rasa kantuk yang menghampiri.

Melansir dari Healthline, Kamis (2/11/2023), ada delapan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa kantuk ketika bekerja.

1. Konsumsi Kafein

Jika kamu merasa ngantuk ketika bekerja, segelas kafein adalah jawabannya. Kamu bisa mendapatkan energi dengan mengonsumsi kopi atau minuman lainnya yang mengandung sejumlah kafein.

Kafein bersifat stimulan, yang artinya dapat meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Hal ini dapat membantumu meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, serta melawan rasa kantuk yang menghampiri. Pergilah ke tempat istirahat untuk minum kopi, atau berjalan-jalan sebentar ke coffee shop.

Akan tetapi, kamu harus berhati-hati dalam hal ini karena mengonsumsi kafein secara berlebih dapat membuatmu merasa gelisah, yang bisa memengaruhi tingkat produktivitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Power Nap

Terkadang memejamkan mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari. Jika kamu merasa ngantuk sampai harus memejamkan mata di waktu bekerja, lakukan power nap sebentar saat istirahat makan siang.

Kamu bisa memejamkan mata sebentar selama 15 sampai 30 menit sebagai bentuk istirahat dari bekerja, ini akan memberimu cukup energi untuk melanjutkan pekerjaan selanjutnya.

3. Bangun dari Meja

Duduk terlalu lama saat bekerja dapat menaikkan rasa kantuk di siang hari. Kamu harus bangkit dari tempat kerja kamu secara berkala, dan jalan-jalan. Hal ini juga bisa membantumu tetap terjaga serta berkonsentrasi pada pekerjaan.

Mungkin, kamu tidak bisa jauh-jauh dari meja terlalu lama karena deadline pekerjaan. Di sini kamu harus lebih kreatif, dan bergerak di mejamu. Dalam hal ini kamu bisa menggoyangkan kaki, atau sekedar jalan-jalan kecil di sekitar ruangan untuk mengatasi rasa kantuk dan bosan.

4. Dengarkan Musik

Saat kamu merasa ngantuk ketika bekerja, melakukan pekerjaan dalam keadaan diam adalah hal membosankan. Kamu mungkin merasa bisa tertidur kapan saja karena pekerjaan yang melelahkan. Untuk itu, mendengarkan musik dengan beat keras adalah jawabannya.

Kamu bisa mendengarkan musik hiphop yang dapat membangunkan semangat dalam beraktivitas, termasuk bekerja. Ketika berada di kantor dengan banyak orang, kamu bisa menggunakan earphone dan keraskan volumenya.

3 dari 4 halaman

5. Makan Siang Ringan

Jika kamu sering mengalami ngantuk di siang hari, makan siang dengan jumlah banyak dapat memperburuk keadaan. Kamu perlu menghindari makanan manis, soda, atau makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti putih dan pasta.

Saat tiba makan siang, kamu bisa memakan makanan ringan yang tidak berpeluang menimbulkan rasa kantuk.

Pilihlah sumber energi yang lebih sehat dan mengenyangkan serta tidak mengundang rasa kantuk, seperti telur rebus, ayam, buah beri, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

6. Jaga Ruang Kerja tetap Terang

Jika kamu bekerja dalam ruangan yang memiliki jendela, buka tirainya dan biarkan cahaya matahari masuk ke dalam. Sinar matahari dapat membantumu mengurangi kewaspadaan terhadap kantuk siang hari.

Atau ketika kamu berada di ruangan tertutup dan gelap, kamu harus menyalakan lampu dengan terang agar mata tetap terjaga. Penerangan cahaya akan membuat mata lebih melek dan membantumu tetap terjaga. Hal ini akan membuat mata kamu tetap konsentrasi pada pekerjaan.

4 dari 4 halaman

7. Percikan Air ke Wajah

Ketika rasa kantuk menghampirimu, pergilah ke kamar mandi atau toilet dan percikkan sedikit air ke muka. Hal ini akan membantumu mengurangi rasa lelah serta kantuk yang kamu rasakan ketika bekerja.

Setelah memercikkan air ke wajah, kamu bisa keluar untuk mencari angin. Ini dapat memberimu kesejukan dan menghilangkan rasa kantuk.

8. Sibukkan Diri dengan Pekerjaan

Rasa kantuk di siang hari bisa diperburuk oleh aktivitas tidur yang terlalu banyak, tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan. Ketika sedang menganggur atau tidak banyak pekerjaan yang dapat dilakukan, kamu perlu menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas untuk mencegah rasa kantuk menghampirimu.

Ketika tidak ada hal yang bisa kamu kerjakan, mintalah jobdesk tambahan dari atasanmu untuk menyibukkan diri, serta terhindar dari rasa kantuk. Kamu juga bisa membantu orang sekitar untuk melakukan pekerjaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.