Sukses

6 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih Menurut Dokter

Berikut ini beberapa tanda Anda kurang minum air putih menurut dokter

Liputan6.com, Jakarta Minum banyak air putih sangat penting untuk kesehatan Anda, di antaranya: Ini membantu organ Anda melakukan fungsi vitalnya, mengatur suhu tubuh Anda, melumasi persendian Anda, dan membantu membuang limbah tubuh Anda. Dan dengan begitu banyak fungsi penting yang tergantung pada keseimbangan, tidak butuh waktu lama untuk masalah muncul saat Anda tidak cukup terhidrasi, kata para ahli.

"Dehidrasi adalah saat kita mulai cenderung ke arah ketidakseimbangan cairan yang negatif," jelas Natasha Trentacosta, MD, spesialis kedokteran olahraga dan ahli bedah ortopedi di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles.

"Dalam bentuknya yang paling ekstrem, kita tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh kita untuk melanjutkan reaksi kimia dan fungsi tubuh untuk menopang kehidupan," tambahnya.

Saat air meninggalkan tubuh, garam, mineral, dan elektrolit lainnya tertinggal dalam konsentrasi yang lebih tinggi dari sebelumnya. "Ini membuang keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang dapat merusak fungsi seluler tubuh kita," jelas Trentacosta.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa 75 persen orang Amerika menderita dehidrasi kronis, dan bagi banyak orang, masalahnya tidak terdeteksi sampai muncul komplikasi. Namun, ada beberapa tanda dan gejala yang dapat membuat Anda mengalami masalah sebelum itu.

Berikut ini enam tanda yang menunjukkan bahwa Anda tidak cukup minum air, seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Anda merasa lelah atau mood Anda menurun

Sangat mudah untuk mengabaikan beberapa tanda awal dehidrasi, atau mengaitkannya dengan tekanan hidup sehari-hari. Secara khusus, Trentacosta mengatakan bahwa "merasa lebih lelah atau gelisah" adalah sinyal umum bahwa tingkat hidrasi Anda menurun.

Dokter menambahkan bahwa sementara siapa pun dapat menunjukkan serangkaian gejala ini, "tampaknya lebih besar pada wanita daripada pria." Dia mengaitkan perbedaan itu dengan perbedaan hormonal dan komposisi tubuh.

"Wanita cenderung memiliki persentase air yang lebih rendah untuk berat badan mereka dibandingkan dengan pria, yang pada dasarnya berarti wanita memiliki lebih sedikit air untuk hilang sebelum menjadi gejala." Dia mengatakan ini berarti wanita mungkin merasakan dampak dari tidak minum cukup air sebelum pria melakukannya.

Jika Anda merasa lelah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah minum segelas besar air, saran dari Harvard Health Publishing.

"Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh Anda mungkin merasa lelah dan lebih lemah dari biasanya," tulis para ahli mereka.

"Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dalam minuman dan makanan yang mengandung air (seperti buah-buahan, sayuran, dan sup) akan membantu mengisi kembali air yang hilang dari tubuh Anda sepanjang hari dan dapat membantu Anda mempertahankan energi."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Anda sering merasa pusing

Tanda utama lain dari dehidrasi kronis adalah perasaan pusing atau pening, kata Vernon Williams, MD, ahli saraf olahraga, spesialis manajemen nyeri, dan direktur pendiri Pusat Neurologi Olahraga dan Pengobatan Nyeri di Institut Cedars-Sinai Kerlan-Jobe di Los Angeles, California.

"Ingatlah saat dalam hidup Anda ketika Anda merasa dehidrasi. Apa tanda atau gejala pertama yang muncul dengan sendirinya? Selain merasa haus, kemungkinan besar Anda pertama kali menyadari gejala awal yang terkait dengan kepala Anda," katanya kepada Best Life.

Williams menjelaskan mengapa sensasi itu terjadi: Tanpa cairan yang cukup, volume darah Anda turun, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah Anda dan mencegah otak mendapatkan cukup darah. Ini pada akhirnya menghasilkan perasaan pusing dan bingung yang dialami begitu banyak orang.

 

3 dari 5 halaman

3. Anda sering mengalami sakit kepala

Trentacosta mengatakan bahwa jika Anda sering sakit kepala, ini mungkin tanda bahaya lain bahwa Anda tidak minum cukup air. "Sakit kepala adalah tanda awal dehidrasi yang sangat umum," katanya, menambahkan bahwa hal itu paling sering terjadi pada wanita.

"Ketika tubuh kehilangan air, ia juga kehilangan air dari otak, menyebabkannya menyusut sementara karena kehilangan cairan. Hal ini menyebabkan rasa sakit karena ujung saraf meregang dari penyusutan yang dihasilkan," katanya kepada Best Life.

4. Urin Anda berwarna kuning tua

Warna urin Anda dapat memberi tahu Anda banyak tentang tingkat hidrasi Anda, kata Trentacosta. "Semakin gelap urinnya, semakin pekat," jelasnya, mencatat bahwa urin kuning tua atau coklat adalah tanda dehidrasi parah.

Dokter mengatakan bahwa urin yang berwarna gelap adalah hasil dari "upaya tubuh Anda untuk menghemat kehilangan air dengan mengeluarkan air melalui ginjal. Keluaran urin Anda sejernih mungkin merupakan indikasi yang baik dari tubuh yang terhidrasi dengan baik," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

5. Anda mengalami perubahan pada memori atau fungsi kognitif

Anda mungkin juga memperhatikan perubahan dalam ingatan atau fungsi kognitif Anda — meskipun terkadang perubahan ini sulit dideteksi, kata Williams.

"Bahkan sedikit penurunan persentase hidrasi otak dapat menghasilkan persentase penurunan kognisi yang jauh lebih signifikan. Pertimbangkan ini: Hanya dua persen penurunan hidrasi otak dapat menyebabkan hilangnya memori jangka pendek."

"Dehidrasi jangka panjang dapat menyebabkan penyusutan sel-sel otak. Seiring waktu, penyusutan sel otak dapat mempercepat proses penuaan otak dan menyebabkan kondisi kognitif degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan demensia," ujarnya kepada Best Life.

 

5 dari 5 halaman

6. Anda merasa haus

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi haus adalah tanda nomor satu bahwa Anda tidak mendapatkan cukup air, kata M. Ramin Modabber, MD, seorang ahli bedah ortopedi di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles, California.

Faktanya, menurut Klinik Cleveland, haus atau mulut kering bukanlah tanda peringatan bahwa Anda akan segera mengalami dehidrasi, seperti yang diyakini banyak orang, melainkan tanda bahwa Anda sudah mengalami dehidrasi ringan.

Sehubungan dengan hal ini, tujuan Anda adalah untuk tetap berada di depan sensasi dengan tetap terhidrasi secara memadai sepanjang hari.

Menurut Mayo Clinic, pria membutuhkan rata-rata 15,5 cangkir cairan per hari, sedangkan wanita membutuhkan rata-rata 11,5 cangkir agar tetap sehat. Namun, Modabber menunjukkan bahwa penting untuk memantau tanda-tanda overhidrasi atau dehidrasi, dan menyesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik tubuh Anda sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.