Sukses

Tidak Suka Minum Air Mineral? Hati-Hati dengan Masalah Kesehatan yang Akan Timbul!

Sebanyak 60 persen pembentuk komposisi tubuh manusia adalah air.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 60 persen pembentuk komposisi tubuh manusia adalah air. Bahkan, berat tubuh manusia pun sebagian besar terdiri dari air. Air adalah komponen inti yang terdapat pada tubuh manusia. 

Selain itu, air merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk dipenuhi manusia. Tanpa kebutuhan air dalam tubuh yang cukup, akan menimbulkan berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

Memangnya apa saja dampak jika tubuh manusia kekurangan air? Berikut ini masalah kesehatan yang dapat muncul ketika Anda kekurangan cairan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit akan muncul ketika tubuh kekurangan cairan. Pasalnya, untuk pembentukan feses yang sehat diperlukan cukup cairan yang ada pada tubuh.

Jika kekurangan asupan cairan, feses Anda akan menjadi kering, keras, dan sulit untuk dikeluarkan. Apabila Anda memaksa untuk mengeluarkan feses tersebut saat sembelit, akan muncul permasalahan baru, yaitu ambeien.

2. Kulit yang Kering

Anda memiliki kulit yang kering dan kusam? Mungkin itu salah satu akibat dari kurangnya cairan pada tubuh dan kulit pun menjadi dehidrasi. 

3 dari 3 halaman

3. Ginjal yang Bermasalah

Ini merupakan masalah kesehatan yang sering muncul ketika tubuh kekurangan cairan. Karena ketika asupan cairan berkurang, otomatis produksi urin pun akan berkurang.

Urin tersebut akan mengendap cukup lama di dalam tubuh. Hal tersebut menjadi sarana untuk bakteri berkembang dan bisa menimbulkan infeksi pada saluran kemih. Jika itu dibiarkan, akan memicu masalah kesehatan lainnya, yaitu gagal ginjal.

4. Kepala yang Sakit

Sering merasa sakit kepala tanpa penyebab yang jelas? Mungkin itu salah satu dampak dari kurangnya cairan pada tubuh.

Hal tersebut disebabkan oleh tekanan darah yang rendah. Selain itu, kurangnya cairan juga dapat menyebabkan kelelahan dan sulitnya Anda untuk berkonsentrasi.

Selain keempat masalah kesehatan di atas, ada banyak lagi masalah kesehatan yang dapat muncul ketika Anda kekurangan cairan. Untuk itu, minumlah air mineral secara cukup agar tubuh tetap terjaga asupan cairannya.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini