Sukses

3 Fakta Tentang Hantu yang Tak Banyak Orang Tahu

Simak berikut deretan fakta-fakta tentang hantu.

Liputan6.com, Jakarta Percayakah kamu dengan kehadiran hantu di dunia ini? Atau kamu pernah menemukan hantu secara tidak sengaja? Terlepas dari jawaban kamu, perlu diketahui bahwa makhluk gaib atau tak kasat mata itu memang ada, tapi kehadiran makhluk itu yang menjadi pembeda. 

Ada yang hadir dalam bentuk yang menyerupai manusia hidup, atau ada juga yang menyeramkan, yang disebut sebagai hantu. Hantu ini memang selalu berbentuk menyerupai dengan apa yang kita pikirkan dan apa yang kita takutkan. 

Melansir laman Anthropology News, Jumat (16/12/2022) sebagian besar orang Amerika Serikat dan Kanada percaya dengan adanya hantu, bahkan beberapa diantaranya pernah bertemu dengan hantu. 

Bahkan menurut artikel New York Times, baru-baru ini, penelitian paranormal John El Tonney mencatat ada peningkatan yang sangat jelas tentang hantu selama pandemi.

Hantu itu sebenarnya ada dimana-mana. Hantu juga bisa mengubah dirinya menjadi bentuk baru dan menghantui dengan cara yang baru. Kehadiran mereka terkadang sangat jelas dan keras kepala.

Avery Gordon seorang Profesor Sosiologi di University of California, Santa Barbara Amerika Serikat, menyebutkan bahwa hantu adalah sosok sosial yang terikat pada situs atau lokasi tertentu. Maka, tidak heran jika hantu di berbagai negara berbeda wujud.

Hantu juga sangat erat kaitannya dengan sifat yang dimilikinya yaitu menghantui, dengan kemunculannya atau lewat tindakan yang menakut nakuti kita, manusia. 

Setidaknya ada tiga fakta mengenai hantu yang perlu kita ketahui agar tidak merasa dihantui oleh hantu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyerupai

Terkadang banyak orang yang berjumpa dengan hantu, hantu itu mewujudkan dirinya sebagai seseorang yang dikenali oleh si yang melihat. Agar si yang melihat hantu itu berfikir bahwa dirinya bertemu dengan leluhurnya, teman atau seseorang yang dikenalnya yang sudah mati. 

Hantu yang bisa mengubah wujudnya, tidak bisa kita klaim sebagai seseorang yang kita kenal, lantaran dia hanya menuntut untuk diakui kehadirannya. Kehadiran hantu mengingatkan kita bahwa hidup kita berdampingan. 

 

3 dari 4 halaman

Menuntut Sesuatu

Menghantui adalah cara hantu membuat keinginan mereka diketahui. Biasanya ada dua hal yang ingin hantu sampaikan kepada kita. Pertama hantu menginginkan kita menyadari dan tahu bahwa makhluk halus itu berada di luar kendali manusia.

Kedua, hantu memiliki sebuah tuntutan. Tuntutan ini biasanya suatu tindakan yang harus kita penuhi. Menurut sebagian hantu, menakut nakuti itu memuaskan, sebagai manusia sebaiknya kita tidak harus takut berlebihan. 

4 dari 4 halaman

Merasa Tidak Tenang

Bentuk mereka sendiri merujuk pada apa yang mereka wakili, dan juga untuk mengungkapkan masalah hantu yang mendiami dan menengahi perbatasan antara hidup dan mati. 

Hantu mungkin hadir karena dia merasa tidak nyaman dengan wujudnya saat ini. Untuk mengatasi ketidaknyamanan dan ketidak tenangan hantu kita harus ikut menyelesaikan masalah hantu itu.

Bisa dengan menyelesaikan masalahnya atau memindahkannya. Meskipun persoalan hantu kebanyakan tidak benar-benar dapat diselesaikan, karena sifatnya yang keras kepala. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.