Sukses

Top 3: Kehadiran Rusia di KTT G20 Bikin Pemimpin Dunia Canggung

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa, 15 November 2022 para pemimpin negara-negara KTT G20 sebagai ekonomi utama dunia akan berkumpul di Bali, Indonesia, untuk pertemuan puncak tahunan yang dibayang-bayangi oleh kehadiran Rusia selama perang di Ukraina.

Meskipun Presiden Vladimir Putin telah menarik diri, Rusia akan diwakili oleh menteri luar negerinya yang veteran, Sergei Lavrov.

Kelompok 20 terdiri dari 19 negara ditambah Uni Eropa  yang menyumbang hampir dua pertiga dari populasi global, 85% dari output ekonomi dunia dan 75% dari perdagangan dunia.

Pada tahun 2022, ada 20 anggota dalam kelompok ini: Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Korea Selatan, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Mengutip dari laman The Guardian, Senin (13/11/2022) para pemimpin dunia tidak mengambil bagian dalam "foto keluarga" resmi ketika mereka bertemu di G20 di Bali karena ketidaknyamanan yang meluas atas kehadiran Rusia di KTT tersebut.

Artikel tentang kehadiran Rusia di KTT G20 bikin canggung, pemimpin dunia ogah lakukan foto bersama menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang daftar tamu undangan KTT G20 Bali yang dihelat 15 hingga 16 November 2022.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang jadwal Piala Dunia 2022: laga perdana Qatar vs Ekuador, Minggu 20 November.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kehadiran Rusia di KTT G20 Bikin Canggung, Pemimpin Dunia Ogah Lakukan Foto Bersama

Sudah menjadi tradisi bagi para pemimpin dunia untuk berdiri bersama untuk foto pembukaan di awal KTT saat para pemimpin saling bersalaman dan menyapa satu sama lain di depan umum.

Tetapi tidak akan ada foto bersama di KTT G20 yang diselenggarakan di Indonesia, meskipun presiden Rusia, Vladimir Putin, telah mengatakan bahwa dia tidak akan hadir.

Wakilnya yang telah lama menjabat, Sergei Lavrov, akan hadir menggantikannya.

Sergei Lavrov telah menyebabkan adegan dramatis pada KTT sebelumnya dengan berjalan keluar pada pertemuan para menteri luar negeri.

Ia mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa invasi Rusia ke Ukraina tidak bertanggung jawab atas krisis kelaparan global dan bahwa sanksi yang dirancang untuk mengisolasi Rusia sama saja dengan deklarasi perang.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Daftar Tamu Undangan KTT G20 Bali yang Dihelat 15 hingga 16 November 2022

Indonesia saat ini menjadi tuan rumah bagi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang diselenggarakan pada 15-16 November 2022, di Bali.

Mengutip laman resmi G20, dalam acara tersebut setiap tahun tuan rumah akan mengundang negara-negara tamu, yang mengambil bagian penuh dalam pertemuan-pertemuan G20, serta beberapa organisasi internasional dan regional yang turut berpartisipasi guna memberikan ruang representasi yang lebih luas di dalam forum G20. 

Negara yang terdaftar sebagai anggota G20 yaitu, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap. 

Para tamu undangan sudah tiba di Bali sejak Minggu (13/11/2022). Namun, ada beberapa kepala negara yang absen dalam acara tersebut seperti, Presiden Rusia, Vladimir Putin; Presiden Brasil, Jair Bolsonaro; dan Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador. 

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Jadwal Piala Dunia 2022: Laga Perdana Qatar vs Ekuador, Minggu 20 November

Piala Dunia Qatar 2022 siap menggelar pertandingan dengan memuat 32 tim terbaik dari berbagai negara belahan dunia di akhir pekan ini.

Qatar selaku tuan rumah bakal melakoni laga perdana ajang empat tahunan tersebut untuk menghadapi Ekuador. Berdasarkan jadwal yang telah dirilis, laga Qatar vs Ekuador bakal dihelat di Al Bayt Stadium, pada Minggu malam (20/11/2022).

Sebagaimana diketahui, penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia edisi 2022 ini oleh FIFA, telah menimbulkan beragaram polemik yang kontroversi. Namun, bukan berarti hal itu bisa membuat Piala Dunia terhenti, bahkan harus tetap berjalan sesuai rencana.

Selain itu, Qatar tidak perlu melewati babak kualifikasi sama halnya yang dilakukan oleh negara lain untuk masuk ke Piala Dunia. Karena itu, tim berjuluk The Maroon mendapat golden ticket ke putaran final.

Selanjutnya, ini merupakan kali pertama Timnas Qatar tampil di babak utama Piala Dunia. Sebelumnya, langkah Qatar selalu terhenti di fase kualifikasi. Timnas Qatar pernah berada di puncak kejayaan pada tahun 1990-an dengan mencapai tahap akhir kualifikasi Piala Dunia 1990 dan 1998.

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS