Sukses

Jadwal Piala Dunia 2022: Laga Perdana Qatar vs Ekuador, Minggu 20 November

Piala Dunia edisi 2022 siap hadir kembali pada akhir pekan ini. Timnas Qatar akan melakoni melawan Ekuador.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 siap menggelar pertandingan dengan memuat 32 tim terbaik dari berbagai negara belahan dunia di akhir pekan ini.

Qatar selaku tuan rumah bakal melakoni laga perdana ajang empat tahunan tersebut untuk menghadapi Ekuador. Berdasarkan jadwal yang telah dirilis, laga Qatar vs Ekuador bakal dihelat di Al Bayt Stadium, pada Minggu malam (20/11/2022).

Sebagaimana diketahui, penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia edisi 2022 ini oleh FIFA, telah menimbulkan beragaram polemik yang kontroversi. Namun, bukan berarti hal itu bisa membuat Piala Dunia terhenti, bahkan harus tetap berjalan sesuai rencana.

Selain itu, Qatar tidak perlu melewati babak kualifikasi sama halnya yang dilakukan oleh negara lain untuk masuk ke Piala Dunia. Karena itu, tim berjuluk The Maroon mendapat golden ticket ke putaran final.

Selanjutnya, ini merupakan kali pertama Timnas Qatar tampil di babak utama Piala Dunia. Sebelumnya, langkah Qatar selalu terhenti di fase kualifikasi. Timnas Qatar pernah berada di puncak kejayaan pada tahun 1990-an dengan mencapai tahap akhir kualifikasi Piala Dunia 1990 dan 1998.

Pada Piala Dunia 2022, Qatar masuk ke Grup A bersama Ekuador, Sinegal, dan Belanda. Lalu, mereka berambisi untuk mengukir sejarah baru di Piala Dunia sehingga sang pelatih Felix Sanchez telah menyiapkan strategi dan amunisinya dalam menargetkan lolos fase grup.

"Grup mana pun, baik semua tim akan sangat menantang bagi kami. Kami pun bangga sudah berada di titik ini, dalam acara pengundian. Kami sekarang tahu siapa yang akan kami dihadapi. Jadi, kami harus mempersiapkan tiga pertandingan terbaik dan mencoba untuk lebih kompetitif," kata Felix Sanchez, dikutip dari The Peninsula Qatar, Selasa (15/11/2022).

"Kami berusaha untuk menunjukan yang terbaik bagi kebangsaan kami. Karena laga pertama dalam pertandingan adalah yang terpenting," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lawannya Timnas Ekuador

Berbeda dengan tuan rumah, Timnas Ekuador bersyukur bisa kembali berpartisipasi ke Piala Dunia 2022, usai finis posisi keempat pada babak kualifikasi zona Conmebol.

Selama babak kualifikasi, tim besutan Gustavo Alfaro meraih lima kemenangan, satu kalah, plus dua hasil imbang melawan Argentina dan Brasil.

Meski demikian, Gustavo Alfaro tak sabar menanti pertandingan Piala Dunia 2022. Melalui hasil undian grup, La Tri harus siap menghadapi Qatar, sebagai tuan rumah. Apalagi, pertandingan melawan Qatar nantinya akan menjadi seperti laga final bagi Ekuador.

“Menjadi pembuka turnamen merupakan anugerah untuk Ekuador, setelah banyak rintangan yang dihadapi sekarang saatnya menikmati keuntungan ini”, ujar pelatih Ekuador, Gustavo Alfaro dikutip melalui FIFA.

“Pertandingan pembuka ini nantinya akan menjadi seperti final bagi kami, karena akan berdampak besar, baik untuk kami maupun Qatar nantinya,” sambung Alfaro.

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup Piala Dunia 2022

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Perancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Urugay, Korean Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Minggu, 20 November 2022

23.00 WIB: Qatar vs Ekuador (Grup A)

Senin, 21 November 2022

20.00 WIB: Inggris vs Iran (Grup B)

23.00 WIB: Senegal vs Belanda (Grup A)

Selasa, 22 November 2022

02.00 WIB: Amerika Serikat vs Wales (Grup B)

17.00 WIB: Argentina vs Arab Saudi (Grup C)

20.00 WIB: Denmark vs Tunisia (Grup D)

23.00 WIB: Meksiko vs Polandia (Grup C)

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Prancis vs Australia (Grup D)

17.00 WIB: Maroko vs Kroasi (Grup F)

20.00 WIB: Jerman vs Jepang (Grup E)

23.00 WIB: Spanyol vs Kosta Rika (Grup E)

Kamis, 24 November 2022

02.00 WIB: Belgia vs Kanada (Grup F)

17.00 WIB: Swiss vs Kamerun (Grup G)

20.00 WIB: Uruguay vs Korea Selatan (Grup H)

23.00 WIB: Portugal vs Ghana (Grup H)

Jumat, 25 November 2022

02.00 WIB: Brasil vs Serbia (Grup G)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.