Sukses

Pungut Rp 125 Ribu, Elon Musk Ungkap Kelebihan Twitter Verifikasi Berbayar

Bagi kalian yang ingin centang verifikasi akun tetap ada, kalian hanya perlu membayar US$8 dollar atau sekitar Rp125.272 per bulan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari lalu Twitter diisukan sebuah hal mengejutkan. Ellon Musk, si pemilik baru media sosial burung biru tersebut, dirumorkan akan memasok harga US$19,99 dollar atau sekitar Rp311.845 per bulan bagi akun-akun yang mau centang verifikasinya tetap ada/tidak hilang. 

Isu ini tentu mengejutkan banyak warganet Twitter dan mendapat berbagai respon. Ada yang senang, ada juga yang tidak.

Kini, isu tersebut dibenarkan oleh Elon Musk sendiri. Melalui Twitternya @elonmusk, Elon Musk mengkonfirmasi sistem berbayar tersebut namun dengan harga yang lebih rendah.

"Sistem tuan & tani Twitter saat ini untuk siapa yang memiliki atau tidak memiliki tanda centang biru adalah omong kosong.Kekuatan untuk rakyat! Biru (tanda centang verifikasi) seharga $8 (dollar)/bulan." tuis Elon Musk.

Bagi kalian yang ingin centang verifikasi akun tetap ada, kalian hanya perlu membayar US$8 dollar atau sekitar Rp125.272 per bulan (rate hari ini, Senin (02/11/2022) US$1 = Rp15.656). Namun hal ini bisa berubah melihat Elon Musk sendiri men-tweet bahwa harga nanti akan "disesuaikan oleh negara sebanding dengan paritas daya beli."

Sebelumnya sistem berbayar ini memang mendapat respons campur dari warganet. Bahkan bagi yang setuju, mereka  masih melihat harga US$19,99 dollar per bulan terlalu mahal.

Salah satunya datang dari penulis novel terkenal Stephen King, yang kemudian direspon Elon Musk sendiri dengan menawarkan harga US$8 dollar saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelebihan

Dalam tweet yang sama, Elon Musk juga memberikan beberapa detail tentang kelebihan dari akun bercentang nanti. kelebihan-kelebihan ini tentu merupaka update dari versi sebelumnya.

 

Nantiya, akun-akun bercentang akan memiliki kelebihan berupa sebuah keprioritasan. Prioritas di sini merujuk "prioritas dalam balasan, sebutan & pencarian, yang mana penting untuk mengalahkan spam/scam."

Jadi, akun yang bercentang akan lebih dulu muncul di permukkaan Twitter saat dicari atau dalam sebuah komentar. Akun-akun bodong tentunya akan rugi dengan kehadiran hal ini. 

3 dari 4 halaman

Lebih Sedikit Iklan

Selain itu, kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk memposting video dan audio lebih lama. 

Seperti yang kita ketahui, durasi video yang dapat diposting di Twiter hanya berdurasi 2 menit 20 detik. Bagi versi Twitter Ads, durasi video dapat lebih panjang namun masih terbatas, yakni 10 menit.

Kelebihan lainnya, akun Twitter centang berbayar nanti akan menerima iklan lebih sedikit dibanding akun biasa. Sehingga tidak akan merasa terlalu terganggu saat berselancar di media sosial yang tidak pernah kehabisan bahan obrolan tersebut.

Beberapa update lainnya antara lain byypass paywall untuk publisher yang mau bekerja sama dengan Twitter.

Lalu akun-akun bercentang yang berprofesi sebagai publik figur akan memiliki tag sekunder di bawah nama mereka. Sebelumnya tag semacam ini memang sudah ada tapi hanya berlaku bagi politisi

4 dari 4 halaman

Minta Hal Lain

Dengan banyaknya update yang dijanjikan tersebut, warganet masih memiliki beberapa permintaan.  

"Mungkin seharusnya bukan tanda centang, tapi mungkin burung kecil (logo Twitter) di sebelah pengguna yang membayar untuk verifikasi. Tetap menghasilkan pendapatan yang Anda cari tetapi juga melindungi merek semua orang." tulis salah satu warganet. Dia merasa tanda centang diganti dengan tanda burung logo Twitter.

"Mengapa tidak memiliki tanda centang warna yang berbeda? Suka biru untuk Twitter Biru dan Hijau untuk figur publik? Dengan begitu seseorang tidak perlu membuka profilnya untuk mengonfirmasi siapa seseorang." warganet lainnya meminta tanda centang yang lain untuk "menandakan" profesi yang dimiliki. Jadi tidak semuanya centang seragam berarna biru.

"Bisakah kita memiliki banyak lencana pencapaian? misalnya seperti pada video game RGP. (Misal lecana untuk) Pembuat Konten Terbaik, Tip Terbaik, Tweet terbaik, dll.. " warganet lainnya malah meminta lencana khusus untuk dibuat, semacam lencana "Top Fans" yang sudah ada di Facebook.

"@elonmusk Bisakah Anda menambah jumlah karakter sehingga kami dapat membuat alun-alun kota sub-digital kami sendiri? 500 (karakter)? 750 (karakter) ? 1000 (karakter misalnya)" pinta warganet lainnya. Seperti yang kita ketahui, Twitter hanya bisa diisi 280 karakter dalam satu tweet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.