Sukses

13 Potret Terlarang Korea Utara yang Disebarluaskan, Mahakarya Fotografer Asal Prancis

Korea Utara adalah negara yang misterius tapi pandangan seketika berubah saat melihat potret terlarang ini

Liputan6.com, Jakarta - Fotografer Eric Lafforgue adalah salah satu orang yang beruntung karena memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana sebenarnya Korea Utara.

"Sejak 2008, saya telah berkelana ke Korea Utara sebanyak enam kali. Berkat kartu memori digital, saya bisa menyimpan foto-foto terlarang dari Korea Utara," ujar Eric Lafforgue mengutip Bored Panda pada Senin (31/10).

"Mereka tidak mengizinkan saya untuk mengambil gambar polisi, tentara, dan lain-lain. Tapi, dengan lensa zoom 300mm dan kursi di belakang bus, saya bisa mengambil begitu banyak foto," dia menambahkan.

Lafforgue mengambil ribuan gambar yang memperlihatkan warga dan pejabat Korea Utara yang sedang menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

"Begitu mereka mulai membuka area baru untuk dikunjungi, saya pergi ke sana dan melihatnya lalu mendokumentasikan kehidupan di Korea Utara," ujarnya.

Setelah Lafforgue kembali dari perjalanannya yang ke-6 ke Korea Utara pada 2012, pemerintah menemukannya membagikan foto-foto Korea Utara yang dia ambil diam-diam. Pemerintah Korea Utara pun memintanya untuk menghapus gambar-gambar itu. 

"Saya menolak karena saya menunjukkan semua aspek yang baik dan yang buruk. Sama seperti yang saya lakukan di negara mana pun yang saya kunjungi. Saya menolak membuat pengecualian untuk Korea Utara, dan mereka tidak menyukai ini," ujarnya. 

Foto-foto yang memang dilarang disebarluaskan adalah foto-foto yang menunjukkan kemiskinan di Korea Utara, menunjukkan keseharian warga, foto tentara Korea Utara, hingga foto warga yang tidak berpakaian rapi. 

Karena foto-foto kepalang tersebar luas, tak lama kemudian, rezim tersebut melarang Lafforgue melintasi perbatasannya lagi.

"Selama jamuan makan di homestay di pedesaan, saya bisa berbicara dengan penduduk setempat selama berjam-jam. Mereka bercerita banyak tentang bagaimana mereka hidup, apa yang mereka impikan, dan sebagainya. Mereka orang yang hangat dan murah hati, meskipun kebanyakan dari mereka hampir tidak memiliki apa-apa," kata sang fotografer.

Berikut foto-foto terlarang yang disebarluaskan oleh Lafforgue.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Tentara Korea Utara Membantu Pertanian Warga

3 dari 13 halaman

2. Potret Kamar Mandi Dengan Sistem Tendon Buruk

4 dari 13 halaman

3. Malanutrisi Menimpa Anak-Anak di Korea Utara

5 dari 13 halaman

4. Mandi di Sungai

6 dari 13 halaman

5. Anak Kecil Mengambil Biji-bijian

7 dari 13 halaman

6. Penjual Rokok dan Permen

8 dari 13 halaman

7. Anak Kecil Pertama Kali Melihat Eskalator

9 dari 13 halaman

8. Anak di Pedesaan Wilayah Demiliterisasi

10 dari 13 halaman

9. Fasilitas Elektronik Anak

11 dari 13 halaman

10. Foto Tentara dan Satu Wanita yang Terlarang

12 dari 13 halaman

11. Beristirahat di Perjalanan Menuju Ladang

13 dari 13 halaman

12. Keamanan Rendah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.