Sukses

Top 3: Sejarah Ogoh-Ogoh dalam Peringatan Hari Raya Nyepi

Artikel tentang arti, sejarah, serta fungsi ogoh-ogoh dalam peringatan Hari Raya Nyepi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Nyepi tahun ini akan jatuh pada tanggal 3 Maret 2022. Hari Raya Nyepi sendiri adalah Tahun Baru Hindu berdasarkan kalender Saka. Nyepi sendiri Berasal dari kata sunyi, senyap, dan tidak ada kegiatan. 

Hari Raya Nyepi sangat lekat dengan keberadaan ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh adalah boneka raksasa yang merupakan manifestasi Bhutakala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhutakala adalah kekuatan Bhu atau alam semesta dan Kala (waktu) yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng, ogoh-ogoh sendiri diambil dari sebutan ogah-ogah dari bahasa Bali yang artinya sesuatu yang digoyang-goyangkan. 

Artikel tentang arti, sejarah, serta fungsi ogoh-ogoh dalam peringatan Hari Raya Nyepi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang ramalan cinta tiap zodiak di bulan Maret 2022, part 2.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang selamat Hari Raya Nyepi 2022, begini ucapan dan doa tokoh Indonesia.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Arti, Sejarah, Serta Fungsi Ogoh-Ogoh dalam Peringatan Hari Raya Nyepi

 

Sejarah tradisi ogoh-ogoh sendiri dimulai pada tahun 1983. Tahun tersebut merupakan bagian penting dalam sejarah ogoh-ogoh di Bali, pasalnya pada tahun itu mulai dibuat wujud-wujud bhuta kala berkenaan dengan ritual Nyepi di Bali.

Ketika itu ada keputusan presiden yang menyatakan Nyepi sebagai hari libur nasional. Semenjak itu masyarakat mulai membuat perwujudan onggokan yang kemudian disebut ogoh-ogoh, di beberapa tempat di Denpasar. Budaya baru ini semakin menyebar ketika ogoh-ogoh diikutkan dalam Pesta Kesenian Bali ke XII.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ramalan Cinta Tiap Zodiak di Bulan Maret 2022, Part 2

Kehidupan cinta setiap individu selalu bergerak saat kita terus tumbuh. Itu tidak selalu baik dan juga tidak terlalu buruk.  

Memasuki bulan ketiga di tahun 2022, tiap individu tentu mengalami kondisi kehidupan cinta yang berbeda.

Nah, penasaran bagaimana kehidupan cintamu di bulan Maret ini berdasarkan zodiak? Berikut ulasannya seperti melansir dari Times of India, Kamis (3/3/2022).

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Begini Ucapan dan Doa Tokoh Indonesia

Tepat hari ini, Kamis (3/3/2022), umat Hindu memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944. Hari Raya Nyepi memang menjadi momen yang paling dinantikan oleh masyarakat yang memperingatinya untuk merenungkan diri agar mengembalikan jiwa yang bersih dan suci.

Hari Raya Nyepi yang identik dengan suasana sepi tampaknya tak berlaku di jejaring sosial. Peringatan Hari Raya Nyepi pun ramai dibahas warganet

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, lini masa Twitter hingga kini dibanjiri beragam twit warganet yang memberi ucapan kepada saudara, teman maupun tokoh idola yang merayakan Hari Raya Nyepi 2022.

Namun, tak hanya warganet biasa, para tokoh di Tanah Air juga turut memeriahkan Hari Raya Nyepi di jejaring sosial. Seperti Presiden Joko Widodo yang menuliskan twit berisi ucapan Hari Raya Nyepi 2022 dan harapan di Tahun Baru Saka 1944.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.