Sukses

Roti Tawar Putih Vs Roti Gandum, Mana yang Lebih Baik?

Citizen6, Semarang: Siapa yang tidak kenal dengan roti tawar. Penganan itu kerap dijadikan menu sarapan pagi karena memiliki kandungan energi yang lebih banyak dan kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Selain itu roti juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu karena memiliki kandungan kalsium yang hampir sama.

Toko-toko roti kerap menyediakan roti tawar putih dan roti gandum yang berwarna cokelat. Apa bedanya?

Sebenarnya roti gandum dan roti tawar putih tidak jauh berbeda, karena keduanya berasal dari bahan yang sama: gandum. Bedanya, satunya diayak, lainnya masih mengandung kulit ari.

Kandungannya pun beda, roti gandum kaya akan vitamin B dan mempunyai kandungan energi yang lebih banyak dari nasi putih, sedangkan roti tawar putih mempunyai kandungan serat yang lebih besar dari nasi putih. Serat tersebut berfungsi untuk mengatur sistem pencernaan dan membantu membersihkan usus.

Selain itu, roti gandum juga memiliki efek lebih ringan pada tingkat gula darah sehingga aman untuk penderita diabetes.

Perbedaan lain ada pada teksturnya. Roti putih memiliki tekstur yang lembut sedangkan roti gandum memiliki tekstur sedikit lebih kasar, karena terdapat kulit ari gandum. Bagi orang yang ingin menjaga berat tubuhnya atau yang ingin diet, roti gandum adalah solusi tepat karena mempunyai kandungan karbohidrat dan energi yang sedikit lebih rendah dibanding roti putih.

Persamaannya, dua jenis roti tersebut rasanya terasa tawar. Supaya lebih sedap bisa diolesi dengan mentega, keju, selai, dan madu. Atau bisa juga dijadikan sandwich, ditambah sayuran, daging atau ikan. (Randy Ardianto Wicaksono/Mar)
    Loading