Sukses

Tahan Seminggu, Begini Trik Simpan Kue Tanpa Masuk Kulkas Agar Tak Mudah Berjamur

Daya simpan kue basah biasanya cukup terbatas, sehingga diperlukan metode penyimpanan khusus agar bisa lebih awet. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Kue basah memiliki banyak variasi yang mudah dijumpai di Indonesia, misalnya bika ambon, kue bolu, lapis legit. Selain banyak dijual di pasaran, kue basah juga kerap menjadi suguhan di hari-hari besar, seperti hari raya keagamaan. 

Berbeda dengan kue kering, kue basah memiliki daya tahan yang lebih singkat. Oleh karena itu, banyak orang yang menyimpannya di dalam kulkas. Namun, hal ini tentu tidak berlaku bagi yang memiliki bisnis dan harus melakukan pengiriman yang membutuhkan waktu cukup lama.

Menjawab masalah ini, Seorang warganet, Eka Amalia, membagikan trik menyimpan kue basah agar awet di suhu ruangan. Berikut penjelasan lengkapnya, dirangkum pada Jumat (10/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Peralatan yang Dibutuhkan

Ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan, yaitu:

  • Plastic wrap atau aluminium foil
  • Plastik vakum
  • Mesin vacuum sealer
  • Selotip
3 dari 12 halaman

Gunakan Plastic Wrap

Langkah pertama, bungkus kue dengan plastic wrap untuk mencegah minyak dan sari-sari kue agar tidak hilang saat divakum. Bungkus kue serapat mungkin agar tidak ada udara yang tertinggal. Juga, kunci sela-sela bungkusan plastic wrap menggunakan selotip untuk memastikan tidak ada celah keluar masuknya udara.

4 dari 12 halaman

Bungkus dengan Plastik Vakum

Langkah selanjutnya, bungkus kue sekali lagi menggunakan plastik vakum. Pilih ukuran plastik vakum yang sesuai dengan ukuran kue agar memudahkan ketika di pres dan hasil bungkusannya bisa rapi.

5 dari 12 halaman

Gunakan Mesin Vakum Sealer

Langkah ketiga, lakukan vakum pada kemasan kue basah. Tarik-tarik ujung plastik vakum untuk merapikan sekaligus memastikan kemasan dipres dengan baik, sehingga tidak ada udara di seluruh sisi plastik. 

6 dari 12 halaman

Lakukan Double Seal

Langkah terakhir, lakukan double seal dengan menerapkan dua kali vakum, atas bawah. Tujuannya, jika terjadi kebocoran pada seal bagian atas, masih ada seal bagian bawah yang mengunci jalan masuknya udara.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Menyimpan Kue

8 dari 12 halaman

Di Mana Bolu Sebaiknya Disimpan?

Menyimpan bolu dalam kulkas dapat meningkatkan ketahanannya daripada menyimpannya di tempat biasa. Namun, penting untuk diingat bahwa bolu perlu ditempatkan dalam wadah kedap udara atau plastik ziplock agar tidak mengering.

9 dari 12 halaman

Apakah Kue Bisa Tahan Lama Tanpa Kulkas?

Kue dapat bertahan hingga maksimal lima hari. Setelah dipotong, kue dapat disimpan di ruangan dengan plastik untuk mencegah kekeringan. Namun, kue yang memiliki topping atau isian seperti buah segar, krim kocok, atau frosting krim keju harus disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

10 dari 12 halaman

Apakah Boleh Kue Ditaruh di Freezer?

Menyimpan kue dengan optimal biasanya dilakukan di dalam lemari es, tetapi untuk memperpanjang umur simpan, memasukkannya ke dalam freezer merupakan pilihan yang bijak. Kue yang dibekukan dapat bertahan lama, bahkan berbulan-bulan. Penting untuk memastikan kue dibungkus rapat atau disimpan dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

11 dari 12 halaman

Bolehkah Adonan Kue Disimpan di Kulkas?

Jika adonan kue dan disimpan dalam kulkas, maka dapat tetap segar lebih dari 24 jam. Kondisi dingin akan menjaga kualitas campuran bahan sehingga memungkinkan untuk dipanggang pada hari berikutnya.

12 dari 12 halaman

Apakah Kue Ulang Tahun Bisa Disimpan di Suhu Ruangan?

Umumnya, kue ulang tahun dapat tetap segar selama beberapa hari di suhu kamar, sekitar 3 hari sebelum kelembapannya menghilang. Untuk memperoleh hasil terbaik, simpanlah kue dalam loyang atau wadah kedap udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini