Sukses

5 Bahan Alami yang Dipercaya Bisa Atasi Flek Hitam Pada wajah

Menghadapi masalah flek hitam pada wajah tak hanya berpengaruh pada tampilan fisik, tetapi juga memengaruhi tingkat kepercayaan diri. Berikut solusi alami untuk kulit yang lebih bersih dan cerah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang dipercaya.

Liputan6.com, Jakarta Flek hitam yang sering muncul di wajah tidak hanya menjadi masalah estetika, tetapi juga memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, banyak individu mencari solusi alami untuk mengatasi permasalahan ini untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih serta cerah. Dalam usaha ini, bahan-bahan alami dianggap sebagai pilihan terbaik karena diakui sebagai cara yang efektif dan aman.

Yuk simak informasi selengkapnya mengenai bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi flek hitam pada wajah, dikutip dari berbagai sumber pada Senin (27/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Tomat

Tomat, dengan keajaiban untuk kesehatan kulit, terbukti efektif dalam menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari dan mengurangi berbagai masalah kulit. Sayuran ini tidak hanya dikenal sebagai makanan yang lezat, tetapi juga sebagai cara alami yang sangat ampuh untuk mengatasi flek hitam pada wajah.

Cara penggunaannya sangat sederhana:

  1. Haluskan tomat yang sudah matang dan terapkan sebagai masker wajah.
  2. Diamkan selama 15-20 menit agar kulit dapat meresapi manfaatnya secara optimal.
  3. Bilas wajah dengan air bersih untuk menghilangkan masker tomat.
3 dari 9 halaman

2. Lidah Buaya

Lidah buaya, yang mengandung aloesin, ternyata merupakan solusi alami yang efektif untuk mengatasi flek hitam pada kulit. Bahan alami ini tidak hanya berperan sebagai pemudar flek hitam, melainkan juga memiliki kemampuan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet yang berbahaya.

Selain manfaat utamanya dalam mengurangi flek hitam, lidah buaya juga mampu meningkatkan elastisitas kulit, memberikan kesan kulit lebih kenyal dan tampak lebih muda.

Cara penggunaannya sangat sederhana:

  1. Oleskan gel lidah buaya segar langsung pada flek hitam sebelum tidur.
  2. Biarkan gel lidah buaya meresap ke dalam kulit semalaman.
  3. Pada pagi hari, bersihkan wajah dengan air hangat untuk menghilangkan sisa gel.
  4. Proses ini dapat diulang secara teratur untuk hasil yang lebih optimal.  
4 dari 9 halaman

3. Mentimun

Mentimun, yang kaya akan kandungan airnya, memiliki kemampuan efektif dalam menghilangkan flek hitam dan memberikan kelegaan pada kulit wajah. Kemampuan mentimun untuk mengangkat sel-sel kulit mati menjadi kunci manfaatnya dalam perawatan kulit.

Selain itu, mentimun juga memiliki sifat mendinginkan dan melembapkan kulit, memberikan kelembutan dan sensasi kesejukan yang diperlukan oleh kulit.

Cara penggunaannya sangat sederhana:

  1. Siapkan mentimun, lalu bersihkan.
  2. Haluskan mentimun dan tempelkan pada wajah, terutama pada bagian yang terdapat flek hitam.
  3. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.
5 dari 9 halaman

4. Alpukat

Alpukat, selain nikmat untuk dikonsumsi, juga menjadi bahan utama dalam produk perawatan kulit. Vitamin E yang terkandung dalam alpukat memiliki kemampuan untuk mengurangi dan menyamarkan flek hitam pada wajah. Salah satu metode penggunaan alpukat untuk perawatan kulit adalah dengan membuat masker wajah.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat masker wajah alpukat yang efektif:

  1. Ambil setengah bagian daging alpukat yang telah matang dan lembut.
  2. Haluskan daging alpukat tersebut dan campurkan dengan perasan lemon segar.
  3. Oleskan campuran tersebut secara merata di area wajah yang mengalami flek hitam.
  4. Biarkan masker tersebut berada selama beberapa menit agar zat-zat aktif dapat meresap ke dalam kulit.
  5. Bilas wajah dengan air bersih hingga bersih.
6 dari 9 halaman

5. Putih Telur

Putih telur telah terbukti efektif dalam mengurangi flek hitam pada wajah. Kandungan enzim lysozome pada putih telur memiliki kemampuan untuk mengangkat debu dan sel-sel kulit mati, menjadikannya sebagai solusi yang efektif, terutama untuk mengatasi flek hitam bekas jerawat.

Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya yang cukup sederhana:

  1. Siapkan satu butir telur.
  2. Pisahkan putih dan kuning telur.
  3. Aduk putih telur hingga mengembang.
  4. Oleskan secara merata pada bagian yang terdapat jerawat dan bekasnya.
  5. Biarkan masker telur bekerja selama 10 menit.
  6. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat untuk membersihkan masker.
7 dari 9 halaman

Flek Hitam Disebabkan Oleh Apa?

Flek hitam muncul ketika kulit menyerap sinar ultraviolet, yang memicu peningkatan produksi melanin. Daerah kulit yang mengandung melanin dalam jumlah besar atau mengalami penumpukan melanin akan memiliki warna yang lebih gelap daripada kulit di sekitarnya, menciptakan tampilan bintik-bintik tersebut.

8 dari 9 halaman

Minyak Apa yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah?

Minyak zaitun dapat menjadi alternatif yang efektif. Selain mengurangi bekas jerawat, vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda hitam yang sering muncul seiring bertambahnya usia atau akibat kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

9 dari 9 halaman

Bagaimana Cara Menghindari Flek Hitam?

Dengan bertambahnya usia, risiko kemunculan flek hitam cenderung meningkat. Meski demikian, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko dan mencegah kemunculan flek hitam, seperti menggunakan sunscreen, menggunakan alpha hydroxy acid (AHA), menggunakan asam salisilat, menggunakan retinol, menjalani terapi laser, serta melakukan mikrodermabrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.