Sukses

Shin Tae-Yong Komentari Pencoretan 2 Pemain Timnas Indonesia di Skuad Piala Asia 2023, Ternyata...

Shin Tae-Yong buka suara soal pemilihan 26 pemain yang didaftarkan untuk Piala Asia 2023. Ternyata, pemilihan ini...

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong buka suara terkait pencoretan dua pemain yaitu Arkhan Fikri dan Adam Alis dalam skuad yang akan dibawa ke Piala Asia 2023. Ada 26 pemain yang terpilih untuk masuk dalam skuad Piala Asia 2023.

Namun ternyata, 26 pemain yang terpilih untuk Piala Asia 2023 masih belum final. STY juga masih mengajak Arkhan Fikri dan Adam Alis untuk dua laga uji coba terakhir melawan Libya (5/1/2024) dan Iran pada 9 Januari 2024 di Doha Qatar.

Hal ini terungkap dalam video yang dirilis akun media sosial Timnas Indonesia pada Jumat (5/1/2024). Shin Tae-Yong mengungkapkan bagaimana pilihan terakhirnya untuk Piala Asia 2023 nanti.

"Memang sudah dirilis 26 pemain tetapi 28 pemain tetap akan dibawa ke Doha," katanya.

"Kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran, jadi ya memang secara regulasi 6 jam sebelum pertandingan dimulai bisa dipastikan dan bisa diganti juga pemain-pemainnya."

Dalam pengumumuman di situs PSSI sebelumnya, Timnas Indonesia memang disebut sudah mencoret Arkhan Fikri dan Adam Alis. Namun di konfrensi pers via zoom dengan wartawan pada Rabu (3/1/2024) lalu, STY bilang keputusan akhir akan diambil setelah uji coba lawan Iran.

"Akan dipastikannya nanti 6 jam sebelum pertandingan," kata Shin Tae-Yong lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Shin Tae-Yong Soal Kekuatan Timnas Jepang

Sementara itu, melihat hasil fantastis Jepang di uji coba, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong mengaku tidak menonton secara langsung pertandingan tersebut. Dia hanya memantau hasil akhir saja.

Apakah STY khawatir dengan kemampuan Jepang bisa menggilas Indonesia di grup D nanti? Coach Shin mengaku belum pikirkan masalah itu.

Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan itu beralasan, pihaknya masih punya waktu memantau Jepang. Indonesia akan fokus ke laga melawan Irak dan Vietnam dulu.

"Saya belum nonton pertandingan Jepang. Tidak terlalu terlambat juga (memantau pertandingan) untuk melawan Jepang. Saya akan fokus dulu pertandingan pertama dan kedua," kata Shin Tae-Yong dalam konfrensi pers via zoom dengan media pada Rabu (3/1/2024) lalu.

 

 

3 dari 5 halaman

Jordi Amat Pulih Total Sebelum Lawan Irak

Jordi Amat sempat menjalani pengobatan untuk cedera bahunya di Spanyol. Maka itu, dia terlambat hadir di pemusatan latihan di Turki.

Jordi Amat sempat main selama 45 menit pada duel melawan Libya jilid pertama di stadion Titanic Mardan, Antalya, Selasa (2/1/2024) lalu. Namun dia tampak tidak optimal dan melakukan banyak kesalahan.

"Untuk cedera Jordi belum pulih 100 persen. Choi in Cheol (pelatih fisik Indonesia) sedang mengurusi cedera Jordi. Kemungkinan besar tanggal 15 lawan Irak akan sembuh total," ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Witan Sulaeman Terpaksa Main Sebagai Full Back Kanan

STY juga mengungkapkan alasan mengapa dia memainkan Witan Sulaeman di full back kanan. Dia mengakui laga pertama lawan Libya lebih banyak eksperimen.

"Situasinya karena harus memainkan semua pemain, mau tak mau Witan main di full back kanan. Saya bertanya kepada witan apakah mau main di full back," ujarnya.

"Untuk formasi mngkin akan beda dari pertandingan sebelumnya di laga melawan Libya jilid dua nanti."

5 dari 5 halaman

Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Kiper:

1. Syahrul Trisna - Persikabo

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

Belakang:

4. Justin Hubner - Wolverhampton

5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

7. Rizky Ridho - Persija Jakarta

8. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

9. Elkan Baggott - Ipswich Town

10. Sandy Walsh - KV Mechelen

11. Shayne Pattynama - Viking FK

12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

Tengah:

14. Saddil Ramdani - Sabah FC

15. Marc Klok - Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya - Dewa United

17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

18. Egy Maulana - Dewa United

19. Yakob Sayuri - PSM Makassar

20. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

21. Ivar Jenner - Jong Utrecht

Depan:

22. Hokky Caraka - PSS Sleman

23. Ramadhan Sananta - Persis Solo

24. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

25. Dimas Drajad - Persikabo

26. Rafael Struick - ADO Den Haag

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.