Sukses

Bukan Pakai Margarin, Ini Cara Bikin Pisang Goreng Agar Tetap Krispi dan Tahan Lama

Ternyata, pisang goreng yang renyah dan tahan lama bisa dibuat tanpa margarin. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan tekstur renyah dan rasa yang manis, pisang goreng memang bisa membuat ketagihan. Tak hanya itu, pisang goreng juga cocok dimakan dalam berbagai aktivitas seperti saat mengerjakan tugas, bersantai hingga saat ngobrol dengan teman.

Agar semakin nikmat, banyak orang yang menggunakan margarin saat membuat pisang goreng supaya jadi lebih renyah. Hanya saja, kerenyahan pisang goreng malah jadi cepat hilang jika terlalu banyak memakai margarin.

Padahal, ada satu bahan alternatif yang bisa digunakan, seperti yang dijelaskan oleh warganet TikTok @dapur_mamike22. Simak cara dan bahan yang digunakan pada ulasan yang disusun pada Jumat (10/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Pisang Kepok

Seperti biasa, jenis pisang yang sangat cocok untuk digoreng adalah pisang kepok karena lebih manis.

Siapkan sekitar tujuh buah saja, lalu iris-iris secara memanjang jadi empat bagian. Sisihkan semua irisan pisang pada mangkuk.

 

3 dari 11 halaman

Buat Adonan Pisang Goreng

Karena tidak menggunakan margarin, adonan tepung harus dibuat jadi dua dalam mangkuk yang berbeda, yaitu yang cair dan kering. Berikut adalah campuran bahan untuk membuat adonan tepung cair:

●     100 gram tepung terigu.

●     1 sdm gula pasir.

●     ¼ sdt gram.

●     150 ml air.

Sedangkan untuk adonan tepung kering hanya memerlukan dua ratus gram tepung terigu dan setengah sendok teh baking powder.

4 dari 11 halaman

Celupkan Pisang ke Adonan

Pertama-tama, celupkan terlebih dahulu irisan pisang kepok ke dalam adonan cair. Setelah itu, baru balurkan irisan pisang ke adonan kering sambil ditekan-tekan agar merata. Lakukan langkah ini sampai semua irisan pisang terlumuri adonan.

5 dari 11 halaman

Goreng Dengan Api Sedang

Panaskan minyak yang cukup banyak dalam pancook atau wajan dengan api sedang, lalu masukkan pisang satu per satu ke penggorengan.sampai penuh.

Jika teksturnya sudah menebal, maka pisang goreng sudah matang dan siap diangkat. Dengan cara ini, pisang goreng akan tetap renyah dan tahan lama.

6 dari 11 halaman

Pertanyaan Warganet Seputar Pisang Goreng Renyah

7 dari 11 halaman

Pisang Goreng Enak Pakai Pisang Apa?

Anda dapat menggunakan pisang tanduk, pisang kepok, atau pisang uli. Namun, pisang tanduk biasanya memiliki bentuk yang lebih memanjang dan dianggap memiliki tekstur dan rasa yang cukup baik.

8 dari 11 halaman

Apa Kelebihan dari Pisang goreng?

Pisang goreng, pada intinya, memiliki beragam manfaat, terutama karbohidrat dan kalium. Karbohidrat telah dikenal luas sebagai penyedia energi yang baik. Dalam setiap porsi pisang goreng, terkandung sekitar 150 gram.

9 dari 11 halaman

Apa Itu Pisang Crispy?

Banana Crispy merupakan varian pisang goreng yang disajikan dengan tepung roti premium serta tambahan topping modern yang beragam. Pastry lembut dan gurih ini terbuat dari buah pisang pilihan yang dibentuk oval seperti pisang, dilengkapi dengan cream spesial, dan diberi taburan parutan keju di atasnya.

10 dari 11 halaman

Apakah Pisang Goreng Mengandung Kolesterol?

Meskipun pisang goreng memiliki kadar kolesterol yang rendah, tetap perlu diingat bahwa minyak dalam proses penggorengannya dapat menghasilkan lemak jenuh yang tidak sehat.

11 dari 11 halaman

Pisang Goreng Termasuk Makanan Apa?

Makanan spesial Indonesia, pisang goreng, terpilih sebagai salah satu camilan terbaik di seluruh dunia, melebihi hidangan camilan dari berbagai negara termasuk Italia. Pisang, sebagai produk pertanian utama Indonesia, memiliki peluang besar untuk diekspor karena popularitasnya yang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini