Sukses

Bosan dengan Gim Mainstream, Ini 10 Gim Indie Seru yang Bisa Dimainkan di Nintendo Switch

Dan jika Anda memiliki Nintendo Switch saat ini, Anda berada di saat-saat yang tepat, karena banyak gim Indie yang seru yang tersedia sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Gim indie adalah permainan yang dikembangkan oleh studio kecil atau individu, seringkali tanpa dukungan besar dari penerbit gim besar.

Ciri khas gim indie adalah kreativitas yang tinggi dan pengembangan yang lebih mandiri, yang memungkinkan para pengembang untuk bereksperimen dengan ide-ide baru dan konsep yang unik.

Hal tersebut menciptakan beragam gim yang tidak hanya menghibur, tetapi juga seringkali memberikan pengalaman bermain yang berbeda dari gim-gim mainstream.

Selain itu, gim indie seringkali menonjolkan gaya seni yang unik dan kreatif yang dilakukan oleh tim kecil atau bahkan hanya satu orang yang bertanggung jawab atas pengembangan gimnya, para pengembang dapat menghasilkan desain visual yang berdeda dari yang lainnya.

Hal ini menciptakan identitas visual yang kuat bagi gim indie dan membuat mereka mudah dikenali oleh para pemain.

Dan jika Anda memiliki Nintendo Switch saat ini, Anda berada di saat-saat yang tepat, meskipun ada kabar bahwa Nintendo sedang merencanakan peluncuran Switch 2 di tahun depan.

Janganlah merasa tertinggal, karena masih ada banyak waktu untuk menikmati gim-gim yang dihadirkan dalam perpustakaan Switch yang menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah gim.

Selain gim-gim klasik seperti Mario, Zelda, dan Pokémon, Switch juga menawarkan beragam judul gim indie yang bisa diunduh dengan mudah.

Berikut adalah 10 rekomendasi gim indie terbaik yang bisa Anda mainkan di Nintendo Swicth sekarang, melansir dari Life Hacker, Rabu (29/05/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Animal Well

Gim platformer teka-teki baru ini telah disambut dengan baik dan langsung dianggap sebagai salah satu gim yang memiliki visual seperti gim klasik.

Gim ini memberikan sentuhan cerdik pada format gim bergenre metroidvania, di mana pemain mengendalikan karakter gumpalan kecil yang menjelajahi hutan gelap.

Pada awalnya, tujuan utama pemain adalah menyelesaikan teka-teki lingkungan untuk maju ke level berikutnya.

Meskipun konsepnya terdengar sederhana dan familiar, Animal Well membedakan dirinya dengan suasana yang khas, grafis piksel yang sederhana, mekanisme permainan yang unik serta adanya sedikit humor didalamnya.

3 dari 11 halaman

2. Braid: Anniversary Edition

Braid, yang telah sukses sejak awal muncul di dunia gim konsol, kini hadir di Switch dalam edisi ulang tahun dengan perubahan grafis yang signifikan, namun masih mempertahankan mekanisme permainan yang sama.

Gim ini adalah platformer teka-teki di mana pemain mengendalikan karakter bernama Tim yang berusaha menyelamatkan seorang putri.

Meskipun ceritanya kompleks dengan banyak kotak teks yang mengungkapkan pemikiran dan motivasi karakter utama, namun fokus utama Braid adalah gameplay-nya.

Pemain harus menggunakan berbagai skill, salah satunya adalah memanipulasi waktu untuk memecahkan teka-teki yang semakin rumit.

4 dari 11 halaman

3. Pentiment

Dalam gim role-playing yang unik ini Anda akan mengendalikan Andreas Maler, seorang seniman abad ke-16 di Jerman.

Andreas terlibat dalam misteri pembunuhan yang dapat dipecahkan dengan melakukan penyelidikan melalui eksplorasi dan percakapan dengan para NPC.

Yang membuatnya unik adalah narasi yang terbuka, di mana pemain harus menimbang bukti yang dikumpulkan untuk memutuskan siapa yang harus dituduh dan memastikan apakah mereka benar-benar bersalah.

Semua ini disajikan dalam grafis 2D yang indah, terinspirasi dari gaya lukisan, manuskrip, dan ukiran kayu abad pertengahan, sehingga menciptakan kesan bahwa pemain sedang mengontrol sebuah karya seni yang hidup.

5 dari 11 halaman

4. Shovel Knight: Treasure Trove

Shovel Knight, sebuah gim yang mirip dengan Mega Man dan Duck Tales, menempatkan pemain dalam peran prajurit yang menggunakan sekop sebagai senjatanya.

Pemain harus menyelamatkan sahabatnya dari kelompok penjahat yang disebut Order of No Quarter.

Setiap level memiliki tema unik dan membutuhkan skill yang bisa ditingkatkan untuk mengalahkan bos di akhir permainan.

Setelah menyelesaikan permainan sebagai Shovel Knight, pemain dapat memainkan ulang permainan sebagai salah satu penjahat, yang menghadirkan pengalaman bermain yang baru dengan mekanisme permainan dan kontrol yang berbeda.

6 dari 11 halaman

5. Fez

Fez adalah gim yang menantang dan sangat mengasah otak, dimana gim ini menggabungkan elemen platformer dan teka-teki yang para pemain berperan sebagai karakter kecil yang tinggal di dunia dua dimensi yang tiba-tiba bisa melihat dunia dalam tiga dimensi.

Dengan kemampuan untuk memutar dunia pada porosnya, pemain dapat melihat platform dan pintu tersembunyi dari sudut yang berbeda, untuk membuka eksplorasi ke dalam lingkungan yang baru.

Tidak ada musuh dalam game ini, namun yang harus dilakukan pemain adalah menavigasi level dan memecahkan teka-teki yang rumit.

Terdapat juga bahasa alien yang dapat dipelajari untuk membantu memecahkan kode, meskipun pemain juga bisa mencari petunjuk secara online.

Musik dalam gim ini juga enak undur didengarkan.

7 dari 11 halaman

6. The Messenger

Mirip dengan Shovel Knight, The Messenger mengambil konsep dari salah satu game terbaik tahun 80-an yaitu Ninja Gaiden, dan membuatnya menjadi lebih mudah untuk dimainkan.

Ninja Gaiden adalah gim klasik NES di mana pemain mengendalikan seorang ninja yang berusaha membalas kematian ayahnya dengan melompat, memanjat, dan bertarung melawan musuh.

Dan dalam gim The Messenger ini mempertahankan gameplay yang sama dengan Ninja Gaiden namun dengan perbaikan yang signifikan, seperti tempat untuk save (menyimpan proses gameplay) lebih banyak dan ada kemampuan untuk meningkatkan baju besi dan senjata.

Meskipun lebih mudah daripada Ninja Gaiden, The Messenger tetap menantang dengan cerita yang aneh dan penuh humor yang memberikan komentar tentang absurditas dalam dunia gim.

8 dari 11 halaman

7. Death’s Door

Jika Anda menyukai gim seperti Zelda, cobalah gim Death's Door, dimana dalam gim petualangan ini, Anda mengendalikan burung gagak pengumpul jiwa yang bekerja untuk sang Kematian.

Dalam cerita gim ini, Anda tanpa sengaja terlibat dalam konspirasi besar yang menghubungkan kehidupan dan kematian.

Untuk membuka "pintu kematian" Anda harus menjelajahi tiga ruang bawah tanah untuk mengumpulkan kekuatan jiwa yang diperlukan.

Gim ini menawarkan campuran yang luar biasa antara eksplorasi dan pertarungan, walaupun mungkin lebih fokus pada pertarungan.

Anda akan melawan banyak penjahat untuk meningkatkan mantra, pertahanan, dan senjata sampai Anda cukup kuat untuk menghadapi bos besar.

Namun, humor khasnya, karakter yang unik, dan suasana yang melankolis membuat game ini sangat menyenangkan.

9 dari 11 halaman

8. Celeste

Celeste adalah gim platformer yang menantang, di mana Anda berperan sebagai seorang wanita muda yang mengatasi ketakutan saat mendaki gunung yang mistis.

Ceritanya tidak terlalu banyak diungkapkan, tetapi gim ini memiliki narasi cerita yang cukup kuat.

Untuk mencapai akhir cerita yang emosional, Anda harus melewati serangkaian level yang dirancang dengan baik, gameplay-nya terasa sulit namun tidak membuat Anda sampai frustasi.

Gim ini didasarkan pada mekanisme sederhana di mana karakter Anda bisa melompat beberapa kali sebelum stamina habis dan Anda harus kembali ke tanah, dan Anda harus berlatih untuk mencapai puncak.

Yang terbaik dari semuanya, jika Anda terjebak, Anda dapat mengakses menu opsi aksesibilitas yang dapat membantu Anda melewati medan yang sulit.

10 dari 11 halaman

9. Cuphead

Gim ini adalah gim "lari dan tembak" di mana Anda berperan sebagai karakter dengan kepala piala.

Visual kartun dan humor game ini menjadi bagian penting dari keseruannya, bahkan telah diadaptasi menjadi serial animasi Netflix.

Ceritanya mengisahkan tentang karakter yang tanpa sengaja menjual jiwa kepada iblis, dan untuk mendapatkannya kembali, ia harus bekerja sebagai pemburu bayaran untuk iblis tersebut.

Pemain harus menghadapi 16 bos, yang menjadi fokus utama permainan ini (90% dari gameplay adalah pertarungan bos).

Seiring berjalannya gameplay, pemain dapat meningkatkan senjata dan mendapatkan lebih banyak kesehatan, yang sangat dibutuhkan mengingat setiap pertarungan bos membutuhkan refleks cepat, memahami pola serangan mereka adalah hal yang krusial di gim ini.

11 dari 11 halaman

10. Iconoclasts

Iconoclasts merupakan gim yang dikembangkan oleh satu orang saja yaitu oleh Joakim Sandberg.

Dalam gim ini, Anda berperan sebagai seorang insinyur muda dalam dunia tekno-dystopian di mana pengetahuan mengenaik teknologi mekanik dilarang dan kelas penguasa mengendalikan akses ke sumber energi yang disebut "Ivory".

Meskipun ceritanya sedikit membingungkan, gameplay-nya seperti gim bergenre Metroidvania dan ada sedikit inspirasi dari gim Mega Man dalam gim ini.

Anda menggunakan pistol setrum dan kunci inggris untuk bertarung melawan musuh serta Anda harus memecahkan teka-teki yang rumit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.