Sukses

Bukan Pakai Baking Powder, Ini Cara Bikin Pisang Goreng Agar Mekar dan Renyah

Tekstur pisang goreng dijamin lebih mekar dan renyah meski tidak menggunakan baking powder. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya nikmat dijadikan pendamping saat minum teh atau susu hangat, pisang goreng juga akan lebih lezat jika dicampur topping seperti keju atau susu kental manis.

Meski demikian, kenikmatan pisang goreng akan berkurang jika teksturnya kurang renyah dan mekar. Agar pisang goreng bisa krispi, biasanya orang-orang menambahkan baking powder.

Namun jika tidak ada baking powder pun juga bukan masalah, karena masih ada bahan alternatif lain seperti yang digunakan oleh warganet TikTok @milkichow.

Ia membagikan cara membuat pisang goreng yang renyah dan mekar tanpa baking powder, yang dirangkum pada Minggu (19/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Iris Pisang Tipis-tipis

Seperti biasa, siapkan pisang jenis pisang kepok atau tanduk untuk membuat pisang goreng. Iris tipis-tipis pisang setiap pisang tersebut secara vertikal jadi tiga hingga empat bagian.

3 dari 11 halaman

Buat Adonan Pisang Goreng

Karena tidak menggunakan baking powder, maka bahan penggantinya adalah tepung tapioka. Untuk membuat adonan pisang goreng, campur dan aduk bahan-bahan berikut:

●     Terigu 200 gram.

●     Tapioka 20 gram.

●     2 sdm gula.

●     1 sdt garam.

●     1 sdt vanila.

●     1 butir telur.

●     250 ml air.

4 dari 11 halaman

Celupkan Pisang pada Adonan

Pisahkan sedikit adonan tadi dalam mangkuk yang lain, lalu tambahkan sedikit air sekitar 60 ml untuk membuat adonan yang cair.

Setelah itu, celupkan setiap irisan pisang ke dalam adonan kental sampai seluruh bagian pisang benar-benar terlumuri dengan adonan.

5 dari 11 halaman

Goreng Pisang

Panaskan minyak secukupnya pada teflon dengan api sedang, lalu masukkan setiap pisang ke penggorengan. Selagi menggoreng, jangan lupa untuk menuangkan adonan cair yang sudah dipisahkan tadi secara perlahan. Dengan cara ini, dijamin tekstur pisang goreng akan lebih mekar dan renyah tahan lama.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Pisang Goreng

7 dari 11 halaman

Apa Kelebihan dari Pisang Goreng?

Secara umum, pisang goreng memiliki beragam manfaat, salah satunya yang paling menonjol adalah kandungan karbohidrat dan kalium. Karbohidrat sudah dikenal luas sebagai sumber energi. Dalam satu porsi pisang goreng, terkandung sekitar 150 gram.

8 dari 11 halaman

Apakah Pisang Goreng Itu Sehat?

Pisang goreng mengandung banyak nutrisi bermanfaat untuk tubuh, namun lemak, kolesterol, dan karbohidratnya cukup tinggi. Konsumsi berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan. Sebaiknya, makanlah pisang segar daripada pisang yang digoreng.

9 dari 11 halaman

Apakah Pisang Goreng Enak?

Pisang goreng dinobatkan sebagai gorengan terenak di dunia menurut Taste Atlas. Taste Atlas baru-baru ini mengeluarkan daftar 50 'Makanan Penutup Goreng Terbaik di Dunia'. Ternyata, pisang goreng berhasil meraih posisi teratas dengan skor 4,60.

10 dari 11 halaman

Pisang Goreng Apakah Mengandung Kolesterol?

Meskipun hanya sebagai camilan yang belum tentu mengenyangkan, satu buah pisang goreng rata-rata mengandung 3,58 gram lemak, termasuk lebih dari 50 miligram kolesterol. Dengan kata lain, satu porsi pisang goreng sudah menyumbang sekitar 5 persen dari asupan lemak jenuh yang dianjurkan dalam tubuh.

11 dari 11 halaman

Apakah Pisang Goreng Hanya Ada di Indonesia?

Ternyata, pisang goreng tidak hanya terdapat di Indonesia, makanan yang berbahan dasar pisang ini juga bisa dijumpai di berbagai wilayah dan negara di Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Filipina (dikenal sebagai maruya), dan Malaysia (disebut kuih kodok).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.