Sukses

Hanya Perlu 2 Bahan dapur, Begini Cara Mudah Cairkan Ikan Beku dalam 5 Menit

Tak perlu lagi berlama-lama menunggu es pada ikan dari freezer mencair. Ikuti cara ini, maka ikan beku bisa cair dalam 5 menit. Yuk, simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang berbelanja bahan makanan pokok untuk persediaan masak selama satu minggu. Karenanya, untuk jenis protein hewani, seperti ikan, biasanya dibekukan di dalam kulkas agar lebih awet.

Ketika akan diolah, tak sedikit orang yang membiarkan ikan beku mencair dengan sendirinya di suhu ruang. Namun, hal ini tentu kurang efektif dan tidak praktis karena membutuhkan waktu yang lumayan lama. 

Sebagai solusi, salah seorang warganet YouTube dengan nama pengguna Dapoer hasna94 membagikan tips mencairkan ikan beku dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada (10/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan-bahan

Selain ikan beku dan baskom atau mangkuk besar, siapkan beberapa bahan berikut:

  • Air hangat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cuka makan
3 dari 12 halaman

Rendam Ikan dengan Air Hangat

Step pertama, masukkan ikan ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Kemudian, tuangkan air hangat hingga seluruh permukaan ikan terendam air hangat. 

4 dari 12 halaman

Tambahkan Garam dan Cuka

Step kedua, masukkan satu sendok teh garam dan satu sendok makan cuka makan ke dalam rendaman ikan tersebut. Aduk-aduk hingga garamnya dirasa sudah larut.

5 dari 12 halaman

Diamkan Selama 5 Menit

Step ketiga, Biarkan ikan terendam bersama larutan air garam dan cuka selama kurang lebih 5 menit. Garam dan Cuka yang digunakan akan mempercepat proses pencairan ikan yang beku. 

6 dari 12 halaman

Ikan Siap Diolah

Setelah didiamkan 5 menit, ikan pun kembali ke suhu dan tekstur semula. Angkat dan tiriskan. Kemudian, ikan sudah siap untuk diolah menjadi hidangan lezat sesuai selera. 

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Ikan Beku

8 dari 12 halaman

Apakah Ikan Frozen Sehat?

Ikan yang telah dibekukan masih bisa dijadikan alternatif makanan beku yang sehat. Di samping daya tahan yang baik, ikan yang telah dibekukan juga kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin D, zat besi, seng, magnesium, dan selenium.

9 dari 12 halaman

Apakah Ikan Beku Boleh Langsung Dimasak?

Lebih baik untuk tidak langsung memasak ikan yang beku. Ini bisa mengakibatkan percikan minyak dan ikan yang tidak matang secara merata. Maka dari itu, disarankan untuk mencairkan ikan terlebih dahulu sebelum memasaknya.

10 dari 12 halaman

Berapa Lama Ketahanan Ikan di Freezer?

Menurut informasi dari USDA, ikan dapat tetap segar dalam kondisi beku selama sekitar 8 bulan jika proses penyimpanannya dilakukan dengan benar. Jika sebelumnya telah dimasak sebagian sebelum disimpan dalam freezer, disarankan untuk mengonsumsi ikan tersebut dalam waktu tiga bulan.

11 dari 12 halaman

Apakah Ikan Harus Dicuci Sebelum Masuk Freezer?

Sebelum disimpan di dalam kulkas, ikan harus dicuci terlebih dahulu agar tidak cepat membusuk.

12 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Penyimpanan Ikan pada Freezer yang Benar?

Untuk menjaga kesegaran ikan, disarankan untuk mengatur suhu terendah di dalam freezer. Letakkan ikan di bagian paling dingin di dalam kulkas, terutama di bagian bawah dan paling dalam, agar suhu penyimpanannya tidak terpengaruh oleh cahaya lampu kulkas saat pintu terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini