Sukses

Fakta Tersembunyi Bob Marley, Musisi Legendaris yang Ternyata Pernah Jadi Buruh Pabrik

Bob Marley berperan dalam meningkatkan popularitas aliran musik Reggae melalui sejumlah album legendaris yang dipenuhi dengan lirik tentang cinta dan perdamaian. Kini, kisahnya diadaptasi ke dalam film berjudul One Love.

Liputan6.com, Jakarta Dipuja oleh jutaan penggemar, bintang musik reggae Bob Marley menawan hati para penggemar dari berbagai belahan dunia. Bahkan sampai saat ini, penggemarnya masih menganggapnya sebagai 'dewa' musik reggae, yakin bahwa karyanya masih hidup dalam diri mereka.

Ketika tampil di panggung Sporthalle, Köln, Jerman, pada musim panas tahun 1980, Bob Marley sudah dalam keadaan sakit-sakitan. Namun, daya tarik dan penampilannya di atas panggung berhasil memukau sekitar 8.000 penonton.

Setahun setelah konser ikonik di Jerman tersebut, pria yang memiliki nama asli Robert Nesta Marley meninggal dunia pada tanggal 11 Mei 1981. Meskipun hidupnya singkat, hanya 36 tahun, pesan-pesan politik dan spiritualnya tetap hidup melalui serangkaian lagu yang akan terus menjadi legenda.

Dengan sumbangsih Bob Marley, reggae menjadi sangat populer di panggung musik dunia, bahkan diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Mampu Membaca Telapak Tangan

Sejak usia empat tahun, Bob Marley sudah bisa membaca garis-garis di telapak tangannya. Ketika Cedella, ibunya, pertama kali mendengar hal ini dari kerabat dan tetangga, mereka menganggapnya sebagai bercandaan. Namun, prediksi dari garis-garis telapak tangan itu akhirnya terbukti benar, membuat ibunya terkejut saat mengetahuinya.

3 dari 12 halaman

Dijuluki oleh Penduduk Asli sebagai "Orang Putih"

Julukan itu muncul karena perpaduan darah dalam garis keturunannya yang terlihat jelas; ayah Bob memiliki kulit putih. Situasi tersebut membuat Bob merasa sangat terasing di Kingston. Namun, pada kenyataannya, itu membantu perkembangannya dan meningkatkan rasa percaya diri serta harga dirinya dalam karirnya, menjadikannya pria yang tangguh.

4 dari 12 halaman

Mata Pelajaran Favorit adalah Matematika

Ketika Bob masih di sekolah, matematika menjadi mata pelajaran favoritnya. Meskipun tidak lulus, Bob meninggalkan sekolah pada usia muda setelah berhasil mendapatkan pekerjaan magang sebagai tukang las.

5 dari 12 halaman

Pernah Menjadi Buruh Pabrik

Saat Marley pertama kali menikahi Rita dan pindah ke Amerika Serikat, dia bekerja di pabrik DuPont sebagai asisten laboratorium dan di pabrik Chrysler dengan menggunakan nama samaran Donald Marley.

6 dari 12 halaman

Memiliki Bakat Luar Biasa dalam Musik

Marley pernah dipecat karena terlalu berbakat dan karismatik sebagai musisi. Pada tahun 1973, Sly Stone mengundang Bob Marley dan The Wailers sebagai pembuka tur Sly Stone di Amerika untuk 17 pertunjukan. Namun, Sly memutuskan untuk memecat Marley setelah beberapa pertunjukan karena Marley lebih memikat perhatian penonton daripada dirinya yang menjadi bintang utama.

Mereka tampil bersama dalam lima pertunjukan, dua di Florida, lalu di Kentucky, Colorado, dan Las Vegas, sebelum akhirnya Sly menurunkan Bob Marley beserta peralatan mereka di tepi jalan.

7 dari 12 halaman

Tercatat dalam Catatan Sejarah

Album Legend oleh Bob Marley dan The Wailers, yang berisi kumpulan lagu terbaiknya, adalah album reggae paling laris sepanjang masa dengan lebih dari 15 juta kopi terjual di Amerika Serikat dan sekitar 25 juta kopi terjual di seluruh dunia.

Pada tahun 2003, album ini menempati peringkat nomor 46 dalam daftar 500 album terbesar sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone. Hingga saat ini, Legend telah bertahan selama total 348 minggu di tangga lagu album Billboard - menjadi yang terpanjang keempat dalam sejarah.

8 dari 12 halaman

Sempat Ditangkap Karena Ganja

Bob Marley ditangkap karena memiliki ganja dan harus menjalani satu bulan di penjara. Di sana, ia berkenalan dengan banyak narapidana yang kemudian menjalin hubungan yang erat dengannya.

9 dari 12 halaman

Membuat Label Rekaman

Bob Marley didirikan Label rekaman Tuff Gong, yang diambil dari julukannya sendiri. Sekarang, label rekaman ini memiliki salah satu fasilitas audio terbesar di Kepulauan Karibia.

10 dari 12 halaman

Membantu Banyak Orang

Setelah berhasil, Bob Marley menjadi dermawan dengan kekayaannya. Dia memahami perjuangan tumbuh di keluarga miskin di Jamaika dan betapa sulitnya mencari nafkah. Itulah sebabnya dia memilih untuk membeli rumah bagi teman-teman serta membantu banyak orang miskin di Jamaika.

11 dari 12 halaman

Menderita Tumor Karena Main Sepak Bola

Pada tahun 1977, Bob Marley mengalami cedera serius saat bermain sepak bola yang mengakibatkan dia terkena tumor ganas atau melanoma di kakinya. Meskipun dokter menyarankan untuk diamputasi, dia menolaknya karena alasan keagamaan.

Tumor itu kemudian menyebar ke seluruh tubuhnya, akhirnya menyebabkan Bob Marley meninggal dunia.

12 dari 12 halaman

Netizen Juga Penasaran dengan Hal Ini

Bob Marley identik dengan apa?

Bob Marley dikenal dengan reggae dan service, dua hal yang selalu diingat oleh keturunannya.

Siapa yang menciptakan lagu reggae?

Bob Marley merupakan figur sentral dalam dunia musik reggae. Namanya sebenarnya Robert Nesta Marley OM, seorang musisi asal Jamaika yang lahir di Nine Mile pada tanggal 6 Februari 1945.

Apa aliran musik dari Bob Marley ini?

Robert Nesta Marley OM (6 Februari 1945 – 11 Mei 1981) adalah seorang penyanyi, gitaris, dan penulis lagu reggae asal Jamaika. Ia dianggap sebagai salah satu figur kunci dalam genre ini karena berhasil menyatukan elemen-elemen reggae, ska, dan rocksteady dalam karyanya. Marley juga dikenal dengan gaya vokalnya yang khas dan kemampuannya dalam menciptakan lagu-lagu yang unik.

Bob Marley mati umur berapa?

Sayangnya, Marley tidak merayakan ulang tahun sebanyak yang seharusnya. Dia meninggal karena melanoma pada tahun 1981 saat baru berusia 36 tahun.

Apakah Bob Marley memotong rambutnya?

Selama hidupnya, dia tak pernah menyisir atau memotong rambutnya ke belakang; dia membiarkan rambutnya tumbuh alami tanpa gangguan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.