Sukses

7 Resep Jus yang Bisa Bikin Rambut Panjang dan Sehat, Mudah Dibuat di Rumah

Jus dapat bermanfaat bagi rambut sebab bisa menjadi pasokan nutrisi, menghidrasi, memiliki sifat antioksidan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan kulit kepala, memproduksi kolagen, serta mencegah rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut sehat dan indah merupakan impian semua orang, terutama perempuan yang gemar memiliki rambut panjang. Untuk itu, seseorang perlu melakukan serangkaian perawatan untuk rambut mereka.

Selain perawatan rambut dari luar, kunci penting memiliki rambut yang panjang dan sehat juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan yang sehat pula. Terutama makanan yang memang memiliki pengaruh kepada rambut seperti berbagai buah dan sayuran.

Tidak harus diolah menjadi masakan, buah dan sayur juga bisa diubah menjadi segelas jus yang enak dan menyehatkan. Jus untuk rambut ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membuat rambut kamu menjadi lebih kuat, berkilau, dan indah.

Jus dapat bermanfaat bagi rambut sebab bisa menjadi pasokan nutrisi, menghidrasi, memiliki sifat antioksidan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan kulit kepala, memproduksi kolagen, serta mencegah rambut rontok.

Berikut 7 resep jus yang bisa membantu menjadi rambut lebih panjang dan sehat.

1. Jus Wortel

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten dan vitamin E yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan mengkonsumsi jus ini maka dapat membantu mencegah kerusakan folikel rambut dan kerontokan rambut.

Cara membuat:

  1. Kupas wortel dan potong menjadi beberapa bagian kecil
  2. Siapkan setengah cangkir air, sedikit air lemon, beberapa daun mint, dan sedikit garam
  3. Haluskan semua bahan hingga membentuk campuran halus
  4. Siap disajikan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jus Bayam

Bayam merupakan sumber zat besi serta vitamin A dan C yang sangat baik. Dengan meminum jus ini, maka dapat merangsang pertumbuhan sel folikel rambut dan mengurangi kerontokan pada rambut.

Cara membuat:

  1. Ambil 10-15 lembar daun bayam
  2. Siapkan secangkir air, serta tambahan mentimun dan beberapa lembar daun mint agar lebih segar
  3. Blender semua bahan hingga halus
  4. Selesai

3. Jus Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, nutrisi yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga penting untuk kesehatan rambut. Selain itu, jeruk juga mengandung limonin yang dapat merangsang pertumbuhan pada rambut.

Cara membuat:

  1. Ambil 1-2 buah jeruk favoritmu
  2. Kupas dan belah menjadi dua bagian
  3. Haluskan di blender bersama dengan beberapa helai daun mint serta sedikit garam
  4. Siap disajikan
3 dari 4 halaman

4. Jus Bit

Bit dikenal dengan kandungan zat besi serta antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi jus ini dapat melawan kerontokan berlebihan pada rambut serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Rambut pun dapat tumbuh dengan lebih bagus.

Cara membuat:

  1. Ambil setengah buah bit dan potong menjadi 4 hingga 5 bagian
  2. Blender bit bersama perasan air lemon
  3. Selesai

5. Jus Mentimun

Mentimun merupakan buah yang kaya akan antioksidan, sehingga dapat memberikan kelembaban dan merangsang percepatan pertumbuhan pada rambut. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kulit kepala. Oleh karena itu mengkonsumsi jus ini dapat membuat rambut lebih sehat dan kuat.

Cara membuat: 

  1. Kupas dan potong satu mentimun dan potong menjadi bagian kecil
  2. Blender mentimun dengan menambahkan sedikit garam
  3. Siap disajikan

 

4 dari 4 halaman

6. Jus Kiwi

Kiwi merupakan sumber vitamin C dan E yang bersifat sebagai antioksidan. Mengkonsumsi jus kiwi dapat membantu melawan kerontokan rambut dengan menangkal radikal bebas yang hinggap. Selain itu, terdapat pula kandungan lain seperti seng, magnesium, dan fosfor yang sangat penting untuk mendukung sirkulasi darah.

Cara membuat:

  1. Kupas kiwi kemudian belah menjadi dua
  2. Haluskan kiwi hingga tidak ada yang tersisa
  3. Dapat diminum secara langsung maupun disaring terlebih dahulu

7. Air Kelapa

Dikenal sebagai buah kaya manfaat, air kelapa kaya akan vitamin, mineral, dan elektrolit penting yang dapat menyehatkan kulit kepala serta folikel rambut. Selain itu, air kelapa juga mengandung potasium yang dapat memberikan nutrisi penting ke akar rambut. Mengkonsumsi air kelapa dapat membuat kulit kepala terhidrasi serta rambut kuat dan berkilau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.