Sukses

Kisah Anjing Nyaris Tewas Gara-Gara Makan Cokelat

Cokelat memiliki stimulan yang disebut theobromine yang beracun bagi anjing.

Liputan6.com, Inggris - Para pecinta anjing tentu sudah tahu fakta bahwa anjing tidak boleh diberi makan permen dan cokelat karena sistem pencernaannya berbeda dengan kita.

Pemilik anjing harus sangat berhati-hati untuk tidak meninggalkan permen tergeletak di sekitar tempat yang bisa dijangkau hewan berbulu itu.

Cokelat memiliki stimulan yang disebut theobromine yang beracun bagi anjing. Jadi, Anda perlu menjauhkan cokelat dari jangkauan anjing, karena ini bisa menyebabkan gagal hati pada anjing.

Kecerobohan seorang wanita di Inggris bisa menjadi pelajaran bagi para pemilik anjing. Melansir dari India Times, Rabu (29/12/2021), seekor anjing jenis Staffordshire Bull Terrier yang berusia 6 tahun harus menjalani operasi untuk menyelamatkan nyawanya setelah dia memakan enam paket koin cokelat dan kertas pembungkusnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Muntah darah

Kisahnya bermula ketika anjing bernama Hugo memakan permen Natal saat sendirian di rumah ketika pemiliknya, Amie, pergi berbelanja. 

Ketika Amie kembali, dia menemukan bungkus cokelat berserakan di lantai dan mulai khawatir anjingnya telah memakan cokelat. 

Sementara waktu Hugo tampak baik-baik saja, tapi anjing itu mulai muntah darah. Dia pun segera dibawa ke rumah sakit hewan.

“Awalnya Hugo tampak baik-baik saja, tapi saya merasa mual karena khawatir saat dia mulai muntah darah. Dia kemudian mengalami kejang yang mengerikan, jadi saya segera menelepon People’s Dispensary for Sick Animal (PDSA),” kata Amie. 

 

3 dari 4 halaman

Jalani operasi

X-ray di PDSA mengungkapkan perut anjing itu penuh dengan kertas pembungkus.

“Dia membutuhkan pembedahan, infus dan perawatan intensif untuk membantu pemulihannya,” ucap seorang perawat PDSA, Donna Southwould.

Donna menambahkan bahwa anjing itu bisa mati jika dia tidak dibawa ke rumah sakit tepat waktu.

 

4 dari 4 halaman

Peringatkan pemilik anjing lainnya

Amie dan perawat itu akan menggunakan insiden ini sebagai kesempatan untuk memperingatkan dan mendidik pemilik anjing tentang bahaya cokelat. 

“Makanan termasuk cokelat, bawang bombay, kismis, anggur, kacang-kacangan dan kue Natal, semuanya bisa berbahaya dan harus dijauhkan dari jangkauan anjing,” lanjut Donna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.