Sukses

Jenis Sholat Malam Tanpa Tidur Beserta Keistimewaannya

Liputan6.com, Jakarta - Sholat sunnah menjadi salah satu amalan baik yang bisa menambah pahala bagi umat muslim. Selain dapat mendatangkan banyak pahala, melalui sholat malam, umat muslim juga bisa memohon ampunan, perlindungan dan berkah kebaikan dari Allah SWT.

Sholat malam adalah sholat sunnah yang dilakukan di malam hari, yaitu dimulai dari selesai waktu pelaksanaan sholat isya hingga menjelang waktu subuh. Hal ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah tidur.

Jenis sholat malam yang banyak dilakukan umat muslim adalah sholat tahajud. Sholat tahajud dilakukan pada sepertiga malam, yaitu dengan melaksanakan minimal dua rakaat solat dan ditutup dengan sholat witir. Salat tahajud sering disebut dengan salat malam (Qiyamul Laili).

Namun, salat tahajud dan salat malam berbeda. Jika dikerjakan di awal malam oleh sebagian ulama disebut salat malam (Qiyamul Laili). Sedangkan salat tahajud dikerjakan di tengah malam.

Pada umumnya, sholat tahajud dilakukan setelah tidur. Hukum tidur terlebih dahulu baru melaksanakan sholat malam memang dijelaskan.

Namun, terdapat beberapa jenis sholat malam tanpa harus tidur terlebih dahulu. Berikut dirangkum dari berbagai sumber, tentang beberapa jenis sholat malam tanpa tidur yang perlu diketahui.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jenis Sholat Malam Tanpa Tidur

Sholat yang dapat dilakukan di malam hari yaitu sholat tarawih dan sholat witir di bulan Ramadhan, sholat hajat dan sholat mutlaq. 4 jenis sholat tersebut dapat dilakukan tanpa tidur.

Hal ini dilakukan karena tidak terdapat hukum atau dalil yang menyebutkan bahwa beberapa sholat malam tersebut harus dilakukan dengan syarat tidur terlebih dahulu, berbeda dengan sholat tahajud.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa melaksanakan sholat sunnah dapat mengingkatkan pahala. Terdapat beberapa keistimewaan sholat malam yang disukai oleh Allah SWT.

Sholat malam mempunyai keutamaan yang lebih tinggi dibandingkan sholat yang dilakukan di siang hari. Sholat malam merupakan sholat paling utama setelah sholat lima waktu.

Allah SWT akan mengambukan semua doa kebaikan yang dipanjatkan pada sholat malam. Menjadi sarana bagi umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

 

Penulis:

Alicia Salsabila