Sukses

Viral, Cara Unik Pedagang Kaki Lima di India Jualan Air Kelapa

Pedagang kaki lima yang berjualan kelapa ini menggunakan mesin saat mengolahnya sehingga sangat higienis.

Liputan6.com, Jakarta Pedagang kaki lima sering kali gunakan cara yang tradisional atau konvensional saat berjualan. Biaya yang cenderung lebih murah tentu menjadi pertimbangan untuk bisa memberikan harga yang setimpal saat menjualnya.

Namun, saat ini sudah banyak yang melakukan inovasi untuk bisa membuat pedagang kaki lima bisa  banyak dibeli orang. Tak hanya itu, menjaga kebersihan juga akan membuat para pembeli nyaman dengan produk dan pelayanannya, dikarenakan era pandemi yang diharuskan untuk utamakan kebersihan.

Melansir dari Hindustan Times, terdapat pedagang kaki lima yang menjual kelapa dengan memiliki teknologi yang sangat bagus pada gerobaknya. Pedagang yang berada di salah satu kota di India ini menjadi viral mengolah kelapanya dengan higienis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerobak Pedagang Kelapa Berteknologi Tinggi

Pedagang kaki lima yang menjual kelapa ini tidak lagi menggunakan cara yang tradisional untuk mengolahnya. Dengan menggunakan mesin yang sudah berteknologi tinggi, pedagang ini mampu mengupasnya lebih mudah.

Pedagang ini pun menggunakan sarung tangan saat sedang berjualan sehingga kebersihannya tetap terjaga di era pandemi seperti ini. Pertama, kelapa akan dikeluarkan dahulu airnya dengan menggunakan pisau bermesin dan menaruhnya pada bagian mesin lainnya untuk keluarkan air.

Air pun akan ditaruh pada sebuah gelas plastik yang dikemas dengan sangat higienis. Setelah itu, kelapa kembali diolah untuk memisahkan daging dan kulitnya. Terdapat pisau bermesin lainnya yang bisa membelah kelapa menjadi dua sehingga lebih mudah untuk mengeluarkan dagingnya.

Saat sudah terbelah, daging buah kelapa disendokkan ke wadah yang tersedia, baru kemudian bisa dimakan. Dari seluruh langkah yang dilakukan oleh pedagang ini, tak sekali pun berkontak langsung dengan tubuh si penjual.

Hal tersebut tentu bisa menjamin kesehatan yang diberikan oleh buah kelapa ini. Maka dari itu, pedangan kaki lima ini dijuluki sebagai pemilik gerobak kelapa paling higiensis di dunia, seperti keterangan pada postingan food blogger, Amar Sirohi.

3 dari 3 halaman

Diunggah Oleh Food Blogger Terkenal di India

Seorang food blogger yang bernama Amar Sirohi mengunggah saat ia sedang mengulas pedang kaki lima yang menjual kelapa dengan higienis. Postingan tersebut pun banya menarik perhatian publik hingga banyak yang memuji kebersihannya.

Dengan akun Facebook bernama @Foodie_incarnate, Amar Sirohi membagikannya dalam format video sehingga dapat melihatnya dengan jelas proses pengolahan kelapa tersebut. Dengan menambahkan keterangan, “Kereta Air Kelapa Paling Higienis di India. Hal-hal menakjubkan di era Corona,” tulisnya untuk lengkapi unggahn tersebut.

Sejak dibagikan pada 7 Mei lalu, video tersebut sudah ditonton sebanyak 45 juta kali oleh pengguna  Facebook. Tak hanya itu, beberapa orang juga meninggalkan suka hingga mencapai lebih dari 500 ribu dan terdapat 9 ribu lebih komentar yang menduduki kolom komentar.

Beberapa orang berkomentar, ingin mencoba olahan kelapa yang higienis ini, apalagi pada era pandemi COVID-19 seperti ini. Banyak juga yang berdecak kagum karena belum pernah menemukannya sebelum melihat video ini. Lalu, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.