Sukses

Di Tengah Covid-19, Docheck Bantu Pemulihan Ekonomi Pedagang Pasar Tradisional

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi Corona Covid-19, masyarakat menghadapi tantangan ekonomi yang berat, sehingga daya beli masyarakat menurun.

Kesulitan dalam mencari harga wajar hingga termurah merupakan salah satu tantangan yang dapat dipecahkan melalui aplikasi Docheck.

PT docheck bagi Indonesia, melalui aplikasinya, membuka peluang untuk masyarakat mendapatkan harga terbaik maupun membuat konten harga untuk dibagikan dalam aplikasi.

“Docheck adalah aplikasi satu-satunya untuk semua orang mencari harga, membandingkan harga, dan membagikan harga, baik dari toko fisik (offline) atau toko online,” kata CEO Docheck, Roy Pramono, pada Rabu (10/02/2021).

 

2 dari 3 halaman

Pentingnya Peran Pedagang Tradisional

Docheck peduli terhadap pasar tradisional karena terdampak langsung oleh pandemi Covid-19 di mana masyarakat cenderung berbelanja secara online sehingga omset pedagang pasar tradisional menurun.

Oleh karena itu, aplikasi ini membantu dengan cara menyediakan fitur khusus untuk para pedagang pasar tradisional secara gratis agar mereka dapat menampilkan harga official harian dalam aplikasi Docheck.

Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pentingnya peranan pedagang pasar tradisional, Docheck mengadakan program #SenyumSeribuPasar yang sudah dilaksanakan pada tanggal 12 Januari – 28 Februari 2021.

“Program #SenyumSeribuPasar merupakan bagian dari rangkaian perkenalan aplikasi docheck di mana para pedagang pasar tradisional merupakan bagian dari environment aplikasi docheck khususnya untuk harga offline market,” ujar Roy.

 

3 dari 3 halaman

Program #SenyumSeribuPasar

Tantangan pedagang pasar untuk tetap sehat dan melakukan aktivitas perdagangan seperti biasanya juga menjadi salah satu alasan mengapa program #SenyumSeribuPasar diluncurkan.

“Program ini menyasar pada pasar tradisional karena pasar adalah jalur perdagangan paling tua dan memiliki nilai ekonomi kerakyatan paling tinggi yang harus dijaga serta dibantu dimasa pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Sebagai luaran dari program #SenyumSeribuPasar, Docheck membagikan masker dan hand sanitizer ke beberapa pasar di Bandung, di antaranya: Pasar Anyar, Pasar Sederhana, Pasar Gegerkalong dan Pasar Kembar.

“Harapan kedepannya, Docheck diterima oleh semua orang untuk dipakai. Dengan fitur smart price, berdasarkan algoritma khusus yang dibangun, pengguna akan mendapatkan harga sesuai tren yang ada sebelum mereka berbelanja baik dalam toko fisik maupun toko online,” tutup Roy.