Sukses

Bikin Gerakan Lekas Pulih Indonesia, Baznas Sebar 10 Ribu Masker untuk Nakes

Baznas sumbang masker sebanyak 200 box dengan jumlah total 10 ribu untuk tenaga kesehatan di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker sebanyak 200 box dengan jumlah total 10 ribu masker untuk tenaga kesehatan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Ini merupakan gerakan Lekas Pulih Indonesia.

Kegiatan pendistribusian ini dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Program Rumah Sehat Baznas, dr Reza Ramdhoni bersama tim di dua lokasi yakni di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dengan masing-masing menerima sebanyak 100 box.

Reza mengatakan kegiatan pendistribusian masker ini sebagai bentuk dukungan Rumah Sehat Baznas kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Dalam rencana aksi nasional Baznas menghadapi Covid-19, program pencegahan menjadi prioritas utama agar tidak terjadi penularan secara luas di masyarakat. Termasuk tenaga kesehatan dan relawan yang bekerja di garis terdepan dalam menghadapi kasus Covid-19.

“Dibutuhkan dukungan secara moril dan materil untuk tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam menangani Covid-19 ini. RSUP Persahabatan merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Masker menjadi salah satu alat pelindung penting yang harus dikenakan tenaga kesehatan di sana saat menjalankan tugasnya menangani pasien baik positif maupun suspect Corona,” jelasnya.

Reza menambahkan, status Covid-19 yang kini sudah menjadi pandemi global, membuat pentingnya saling mendukung sebagai sesama tenaga kesehatan dalam kondisi darurat bencana non alam seperti ini. 

“Rumah Sehat Baznas terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan maupun Dinas Kesehatan untuk terus mengambil peran membantu apa yang masih menjadi ruang kosong dari pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 ini,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyediakan akses sarana cuci tangan

Rencananya Rumah Sehat Baznas akan menjalankan rencana aksi di seluruh jaringan Rumah Sehat Baznas, salah satunya dengan mengampanyekan pentingnya cuci tangan dan menyediakan akses sarana cuci tangan pakai sabun berupa wastafel portable yang diletakkan di tempat umum, tempat ibadah dan tempat makan.

Sementara itu, Direktur Baznas, M Arifin Purwakananta, berharap langkah Baznas dalam membantu pendistribusian masker untuk tenaga kesehatan bisa menjadi inspirasi lembaga zakat lainnya untuk turut memberikan dukungan kepada pejuang kesehatan dengan peralatan perlindungan diri yang lebih memadai.

“Semoga gerakan zakat bisa menjadi bagian elemen penting dalam perjuangan melawan wabah Covid-19. Mari saling bekerja sama dan mendukung kebutuhan mereka yang berjuang, agar keadaan bisa normal kembali,” tegasnya.

3 dari 3 halaman

Lekas Pulih Indonesia

Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama melakukan gerakan 'Lekas Pulih Indonesia' untuk membantu mereka yang terkena dampak dari pandemi Virus Corona COVID-19. 

Partisipasi masyarakat dalam gerakan ini akan sangat membantu mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19 di Tanah Air dan memulihkan kondisi mereka yang terdampak krisis Virus Corona COVID-19.

Bagi yang ingin berdonasi dapat langsung mengirimkan ke rekening berikut ini:

  1. Bank BRI Syariah 100.078.3214 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

  2. Bank Mandiri 070.000.185.5555 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini