Sukses

Percaya atau Tidak, Pohon Ini Bisa Hasilkan 40 Jenis Buah Berbeda

Liputan6.com, Jakarta - Pohon merupakan salah satu tumbuhan yang penting bagi manusia. Selain untuk menghasilkan oksigen, buah dari pohon juga dapat dikonsumsi oleh manusia.

Umumnya sebuah pohon menghasilkan satu jenis pohon, tapi bagaimana jika satu pohon dapat menghasilkan 40 jenis buah sekaligus? Sam Van Aken, seniman ini berhasil menghasilkan 'tree of 40 fruit', pohon dari 40 jenis buah.

Satu pohon tersebut dapat menghasilkan beragam jenis buah. Beberapa di antaranya plum, peach, ceri, aprikot, dan almond.

Buah yang dihasilkan dari pohon itu beragam. Meski begitu, masih memiliki kemiripan dari segi genetikanya. Meski terdengar aneh, pohon ini benar-benar ada. Pohon ini adalah pohon buatan hasil eksperimen Sam Van Aken.

2 dari 5 halaman

Menarik perhatian

Selain buahnya yang beragam, pada musim tertentu, pohon ini pun terlihat cantik. Meski kadang tampak seperti pohon biasa, pada musim tertentu, beragam warna merah muda nampak saat bunga bermekaran.

Saat musim gugur, bunganya berwarna putih dan merah. Sedangkan saat musim panas, pohon itu akan menghasilkan beragam jenis buah. Sepanjang musim panas itu pun, waktu berbuahnya beragam, dari Juli hingga Oktober.

Salah satu pohon tersebut dapat kamu lihat di Syracuse University, New York. Lokasi lainnya pun dapat kamu ketahui di www.treeof40fruit.com/

3 dari 5 halaman

Seni, alam, dan ilmu pengetahuan

Pohon dengan 40 jenis buah ini merupakan perpaduan antara seni, alam, dan ilmu pengetahuan. Penemunya, Sam Van Aken memang bisa menghasilkan karya seni yang terinspirasi dari alam dan hubungan manusia dengan alam.

Awalnya, seniman dan profesor di Syracuse University ini hanya menjadikan pohon sebagai objek seni. Lalu sekitar tahun 2008, Van Aken mulai bereksperimen dengan mencangkokkan beberapa jenis buah yang serupa menjadi satu pohon. Hal itu dilakukannya dalam rangka projek pameran seni.

Setelah sekitar lima tahun eksperimen yang dilakukannya, Van Aken 'memahat' pohon itu dan akhirnya berhasil menghasilkan pohon dengan 40 jenis buah. Istilah yang digunakannya yakni, sculpt (memahat) membuat dirinya dapat menempatkan cabang pohon sesuai keinginannya.

Setelah berhasil dengan percobaannya, Van Aken pun menempatkan beberapa pohon baru di berbagai tempat.

4 dari 5 halaman

Respons warganet

Keunikan pohon itu memang menarik dunia seni dan pertanian. Selain itu, pohon ini pun menarik dan menuai komentar warganet.

Misalnya komentar yang dilontarkan akun nkrakora1 dalam salah satu unggahan foto tree of 40 fruit di Instagram. "This is breathtaking. My sister and brother-in-law have several multi-variety grafted fruit trees in their garden. None as spectacular as 40 fruits! Wow!"

Ada pula komentar lain dari @khilatt "Amazing... How I wish he will plant one of his plants here in Baguio City Philippines... This tree is so cool... majestic to our eyes... Love it."

Memang unik ya. Di Indonesia bisa enggak ya ada pohon semacam ini?

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading