Sukses

Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal, Mainan Unik yang Bikin Gemas

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu media sosial memunculkan tren yang banyak digandrungi orang. Baik dari anak kecil, remaja bahkan hingga orang dewasa. Salah satu mainan yang tren dari media sosial tersebut adalah slime. Tak hanya di Indonesia ternyata permainan ini juga banyak dimainkan oleh orang-orang di negara lain.

Slime adalah sebuah mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan kenyal seperti jelly dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat. Slime banyak dijual di toko-toko mainan. Bahkan saat menjadi tren yang dicari banyak orang, slime banyak dijual di berbagai tempat seperti mall dan supermarket.

Walaupun menjadi tren dan mudah didapatkan, sebagian orang justru ingin membuatnya sendiri. Jika kamu menjadi salah satu yang ingin membuat slime sendiri, ada banyak bahan yang bisa kamu jadikan untuk membuat slime yang aman dan mudah didapatkan.

2 dari 5 halaman

Lem povinal

Lem povinal adalah lem yang biasa digunakan untuk menempelkan kertas. Karakteristik dari lem povinal yang berwarna bening dan juga cair menjadikan jenis lem povinal ini cukup dikenal banyak orang. Jika kamu tak memiliki lem povinal, kamu cukup mencarinya di toko alat tulis, minimarket atau di tempat fotokopi terdekat.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019) ada cara membuat slime dengan lem povinal dan bahan lem UHU yang bisa kamu gunakan untuk membuat slime sendiri di rumah.

3 dari 5 halaman

Cara membuat slime dengan lem povinal

Menggunakan lem povinal karena teksturnya yang cair dan bening membuatnya mudah digunakan untuk bahan pembuatan slime. Mudah dibentuk dan dimodifikasi.

Sebelum mengetahui cara membuat slime dengan lem povinal, ada baiknya kamu persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

- 1 botol lem povinal

- Obat sariawan atau obat tetes mata sebagai slime activator

- Pewarna makanan sesuai seleramu

- Wadah dan pengaduk

- Kain lap

Cara membuat slime dengan lem povinal, dapat kamu simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan wadah yang bersih lalu tuang 1 botol lem povinal.

2. Kemudian tambahkan obat sariawan atau obat tetes mata sebanyak 3 tetes kedalam wadah bersisi lem tersebut sambil diaduk secara perlahan.

3. Aduk terus hingga adonan mengental dan tercampur dengan rata sekitar 10 menit. Lem povinal akan menjadi kental jika terus diaduk.

4. Saat adonan sudah mulai mengental, masukkan pewarna makanan secukupnya dengan warna sesuai dengan keinginanmu.

5. Aduk hingga rata.

6. Selesai.

Slime buatanmu sudah siap untuk dimainkan. Bagaimana, mudah bukan cara membuat slime dengan lem povinal? Kamu bisa membuatnya dengan berbagai warna atau kamu bisa kombinasikan warna lain dan glitter agar menjadi slime yang memiliki warna menarik.

4 dari 5 halaman

Cara membuat slime dengan lem povinal dan deterjen

Selain cara di atas, ada juga cara membuat slime dengan lem povinal yang dicampur dengan deterjen. Cara ini akan membuat slime buatanmu memiliki aroma yang wangi. Bahan-bahan yang diperlukan:

- Lem povinal

- Deterjen cair

- Pewarna makanan

- Wadah dan pengaduk

Cara membuat slime dengan lem povinal dan deterjen, dapat kamu lihat langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tuangkan lem povinal pada wadah yang sudah disiapkan.

2. Lalu masukkan deterjen cair dengan cara perlahan-lahan pada lem povinal yang terus diaduk perlahan.

3. Saat slime sudah dirasa mengental, rendam adonan slime tersebut ke dalam air bersih selama 3 menit.

4. Lalu angkat slime dan siap dimainkan.

5. Selesai.

5 dari 5 halaman

Cara membuat slime dengan lem UHU

Jika kamu tak memiliki lem povinal, kamu juga bisa membuat slime dengan lem UHU. Cara membuat slime dengan lem povinal dan lem UHU terdapat sedikit perbedaan. Jika kamu menggunakan lem povinal, maka kamu membutuhkan obat sariawan atau obat tetes mata sebagai GOM.

Namun cara membuat slime dengan lem UHU, kamu tidak perlu menggunakan bahan tersebut. Hal tersebut karena di dalam lem UHU sudah terdapat kandungan borax. Bahan yang perlu kamu siapkan antara lain:

- Lem UHU

- Sabun cuci piring cair

- Pewarna makanan

- Wadah dan pengaduk

Cara membuat slime dengan lem UHU, dapat kamu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Tuang lem UHU kedalam wadah yang bersih.

2. Lalu masukkan sabun cuci piring cair sebanyak 10 sendok makan.

3. Aduk lem UHU dan sabun cuci piring tersebut hingga rata dan mengental, sekitar 10 menit. Jika sabun cuci piring tak bisa menyatu, kamu bisa tekan menggunakan tangan dengan bantuan tisu jika diperlukan.

4. Lalu tambahkan pewarna makanan secukupnya atau sekitar 4 hingga 5 tetes, kemudian aduk kembali hingga merata sempurna.

5. Selesai.

Slime buatanmu dari bahan lem UHU sudah siap dimainkan.

Demikian cara membuat slime dengan lem povinal dan lem UHU yang bisa kamu praktikan dengan mudah di rumah. Dengan cara diatas, kamu bisa memiliki slime sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya karena bahannya mudah didapatkan di rumah.