Sukses

Catat, Ini Lokasi dan Waktu Tepat Lihat Gerhana Bulan Total

Peristiwa gerhana bulan total yang dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia itu terjadi sekitar 77 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali tahun 2018 ini, ada salah satu fenomena langka yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni fenomena gerhana bulan total. Gerhana bulan tahun ini akan sangat istimewa, karena fullmoon, supermoon, dan eclips terjadi secara bersama-sama. Peristiwa ini sangat jarang terjadi, terakhir 152 tahun yang lalu.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada 31 Januari pukul 20.29 WIB, bulan berada pada fase purnama. Saat itu pula gerhana bulan total berada pada fase puncak.

Peristiwa gerhana bulan total yang dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia itu terjadi sekitar 77 menit. Pada saat itulah, bulan juga mengalami perubahan warna menjadi merah.

Sementara itu durasi totalitas, yaitu fase gerhana total mulai (U2) hingga gerhana total berakhir (U3), berlangsung selama 1 jam 16,8 menit

BMKG juga menjelaskan proses gerhana akan mulai secara bersamaan dengan waktu terbit bulan di beberapa lokasi seperti Sumatra, bagian timur Jawa Tengah, bagian barat Jawa Timur hingga sedikit bagian di Pulau Kalimantan. Kamu yang berada di lokasi tersebut juga dapat menyaksikan bulan dalam proses gerhana penumbra saat bulan terbit.

Gerhana bulan total ini akan berpengaruh pada pasang air laut. Sebagaimana diketahui, siklus bulan saat purnama atau bulan baru berpengaruh pada dinamika pasang air laut. Hal ini disebabkan tarikan gravitasi antara Bumi dan bulan.

BMKG memberikan imbauan kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk selalu waspada. BMKG juga mengatakan bahwa peningkatan pasang air laut maksimum yang terjadi dapat mengakibatkan banjir akibat genangan air laut atau rob. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi antara 29 Januari hingga 2 Februari 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi dan Waktu

Bagi kamu yang berada di daerah Indonesia waktu Indonesia bagian barat (WIB), berikut waktu di mana kamu bisa melihat tahap-tahapan gerhana bulan:

  • Awal gerhana parsial terjadi pada 18:48 WIB
  • Awal gerhana total terjadi pada 19:52 WIB
  • Puncak gerhana terjadi pada 20:30 WIB
  • Akhir totalitas terjadi pada 21:08 WIB
  • Akhir gerhana terjadi pada parsial 22:11 WIB

Ada dua tempat di Jakarta dan Bandung yang mengadakan kegiatan peneropongan umum pada Rabu, 31 Januari 2018 untuk melihat gerhana bulan total, yakni:

  • Planetarium Jakarta, Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat
  • Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN, Jalan Dr. Djundjunan No.133 Bandung.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/catat-ini-lokasi-dan-waktu-yang-tepat-lihat-gerhana-bulan-total-31-januari-2018/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.