Sukses

Ciptakan Pembersih Sungai Tercemar, ABG Ini Dapat Rp 1,9 Miliar

Berkat hasil temuannya tersebut, Paige berhasil memenangkan Global Good Prize Award dan mendapatkan uang Rp 1,9 miliar.

Citizen6 - Seorang perempuan berusia 17 tahun baru saja mendapatkan beasiswa sebesar 150 ribu dolar atau setara dengan Rp 1,9 miliar. Uang itu ia dapatkan berkat sebuah hasil karya rumput laut yang efektif untuk membersihkan sungai yang tercemar.

Paige Brown membuat zat dari rumput laut untuk menciptakan sebuah "alginat" gel yang dicampur dengan aluminium dan magnesium. Kemudian ia memakai blok busa dan jepitan rambut plastik untuk menjebak polusi fosfor dalam aliran sungai lokal.

dok: elitereaders.com

Dilansir elitereaders.com, Selasa (26/4/2016), remaja jenius ini terkejut ketika mengetahui betapa banyak fosfor mencemari saluran air setempat. Fosfor tersebut ternyata berasal dari petani pupuk yang dimasukkan ke ladang mereka, yang kemudian membuat air penuh dengan tanah. Kelebihan fosfor dari pupuk ini menyebabkan efek yang dikenal sebagai eutrofikasi yang akan meningkatkan pertumbuhan alga. Maka pada gilirannya, semua oksigen dalam air akan membunuh semua ikan dan hewan lainnya dalam air.

Ia akhirnya menganalisis aliran di sekitar kota tempat kelahirannya selama sembilan bulan. Ia memutuskan untuk mengumpulkan sendiri saringan pembersih polusi dan menggunakan bahan yang praktis dan murah untuk proyeknya dengan total biaya 3 dolar atau setara dengan Rp 39 ribu.

dok: elitereaders.com

Berkat hasil temuannya, tersebut Paige berhasil memenangkan Global Good Prize Award dan mendapatkan uang senilai Rp 1,9 miliar serta beasiswa kuliah di Intel Science Talent Search.

Penemuannya ini memang mampu memengaruhi lebih dari 1,2 miliar orang di seluruh dunia yang tidak memiliki akses untuk membersihkan air minum karena eutrofikasi. Semoga dengan adanya remaja yang sadar lingkungan seperti Paige, bumi memiliki kesempatan pemulihan yang lebih baik.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini