Sukses

Halimun Salak Trail Run, Berlari untuk Menyelamatkan Sekolah

Berolahraga lari namun juga membantu orang lain, kenapa tidak? School Development Project jawabannya.

Citizen6, Jakarta Halimun Salak Trail Run untuk Pendidikan yang Berkualitas

Berlari kini sudah menjadi tren di beberapa kalangan masyarakat Indonesia, karena menyadari manfaatnya bagi kesehatan sekaligus menantang diri untuk melewati medan yang tidak mudah untuk dilalui seperti kompetisi lari trail. Banyak pelari yang ingin aktivitas lari mereka tidak hanya bermanfaat bagi diri mereka sendiri, namun juga dapat bermanfaat bagi orang lain. Dalam kesempatan ini, Halimun Salak Trail Run ingin membantu pesertanya berjibaku demi pendidikan yang lebih baik di SMA Taruna Persada bekerjasama dengan Care 4 Kids melalui Indokasih.

Halimun Salak Trail Run Ramah Untuk Pemula Namun Menantang

Event lomba lari trail ini diadakan oleh FOneSport dengan Hendra Wijaya sebagai founder- nya. Lomba lari ini dipersiapkan agar cukup ramah untuk pelari-pelari pemula namun juga menantang bagi pelari-pelari pengejar podium dengan pilihan course yaitu 11 km dan 18 km dengan elevation gain sekitar 300 m. Meskipun begitu, lomba ini tetap mempertahankan prestige titel finisher-nya dengan adanya Cut Off Time yang menuntut peserta untuk berusaha dengan baik agar dapat menyelesaikan lomba tepat waktu. Lomba ini memberikan tantangan medan yang meliputi bebatuan, tanah, sungai, dengan rute yang melewati Kawah Ratu dengan pemandangan yang sangat indah.

Care4 Kids Indonesia menggagas School Development Project 

Salah satu program utama Care4 Kids adalah School Development Project, yaitu sebuah program jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun kualitas sekolah yang diukur dari 3 aspek, yaitu kualitas guru, manajemen sekolah, serta sarana dan fasilitas belajar mengajar. School Development Project fokus dengan sekolah-sekolah yang terancam hilang namun memiliki potensi dan sangat dibutuhkan di komunitas tersebut. Saat ini, School Development Project yang sedang dijalankan oleh Care4 Kids adalah di SMA Taruna Persada. 

Misi menyelamatkan satu sekolah 

Para pelari ini akan berlari untuk misi menyelamatkan satu sekolah, yaitu SMA Taruna Persada. Sebuah sekolah swasta regular yang terletak di Kelurahan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Sekolah ini merupakan satu dari tiga sekolah yang mempunyai karakter dalam menjalankan segala kegiatan sekolah. Karakter yang ditonjolkan pada sekolah ini adalah karakter olahraga dan sportifitas. Tidak jarang beberapa kejuaraan yang diikuti oleh SMA Taruna Persada berhasil membanggakan sekolah ini terutama pada olahraga sepak bola yang pernah mewakili Provinsi DKI Jakarta pada ajang Piala Coca-Cola Pelajar. Namun, segala prestasi yang diraih oleh SMA Taruna Persada tidak sejajar dengan kondisi sekolah dan para siswanya.

Gaji guru berada di posisi yang di bawah standar upah minimum dengan rata-rata gaji Rp200.000 – Rp400.000. Sungguh sangat memprihatinkan jika mengingat lokasi sekolah ini berada di tengah Ibu Kota Jakarta. Hampir seluruh siswa di sekolah ini adalah siswa perantau yang mempunyai bakat dalam olahraga dan mencoba mengaplikasikan bakat mereka di sekolah ini.  Mereka sangat sukses dan berhasil membuat minat dan bakat mereka menjadi sebuah prestasi yang membanggakan sekolah, namun di balik itu semua ternyata sekolah mempunyai sebuah beban yang  harus dipikul demi pendidikan para calon olahragawan tersebut. Ya, banyak dari mereka yang masih berada pada golongan ekonomi menengah-bawah, terlebih lagi dalam kondisi yang merantau yang menambah beban hidup harian mereka.

Dengan School Development Project diharapkan memiliki manfaat yang panjang dan bersifat berkesinambungan baik untuk guru maupun untuk staff managemen sekolah, sehingga sekolah dapat semakin banyak menghasilkan lulusan yang berkualitas pula.

Aku Berlari Kamu Berdonasi 

Para pelari yang menjadi dontaur dapat membuat halaman donasi mereka sendiri di website indokasih.com, sebuah platform donasi online pertama di Indonesia yang menjembatani antara donatur dengan yayasan sosial melalui metode Crowdfunding (mengumpulkan donasi secara bersama-sama). Para donatur juga dapat menentukan target mereka sendiri di halaman Indokasih dan mengumpulkan donasi serta melihat perkembangan donasi yang terkumpul secara transparan untuk publik.

Sudah waktunya paradigma lomba lari berubah sehingga seorang pelari tidak hanya berlari untuk kebanggaan atau kepuasan dirinya sendiri, namun juga untuk memperjuangkan sesuatu yang membawa kebaikan atau manfaat bagi orang lain.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini