Sukses

Rendang di Sosialisasi Pilpres 2014 di Sydney

Citizen6, Jakarta Untuk memasyarakatkan pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia 2014, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney menyelenggarakan sosialisasi Pilpres 2014 pada Sabtu, 14 Juni 2014 di Addison Road Centre Marrickville Sydney, Australia.

Sosialisasi ini dilaksanakan mengingat masyarakat Indonesia di Australia khususnya di negara bagian New South Wales, Queensland dan Australia Selatan belum seluruhnya terdaftar untuk mencoblos dalam Pilpres 2014. Ketua PPLN Sydney, Jon Sumarjono mengatakan bahwa untuk pelaksanaan Pilpres 2014 bagi masyarakat Indonesia di Australia dilakukan pada hari Sabtu, 5 Juli 2014 pada 18 TPS yang tersebar di New South Wales, Queensland dan Australia Selatan.

Ketua Panitia, Iman Havid menginformasikan bahwa untuk menarik minat kunjungan masyarakat Indonesia dalam sosialisasi ini, PPLN dan KJRI Sydney menghadirkan pertunjukan panggung gembira yang menampilkan tarian Bali, tari Merak Jawa, tari poco poco Sulut yang diikuti bersama para hadirin dan tarian-tarian budaya Indonesia lainnya.

Siswa Sekolah Indonesia Pelangi Campbeltown turut meramaikan dengan mengenakan seragam pramuka menampilkan lagu-lagu dalam anak-anak Indonesia. PPLN Sydney juga membuka meja pendaftaran bagi para WNI yang belum sempat mendaftarkan diri untuk pencobolosan Pilpres. Disamping itu, dibuka pula stand-stand bazaar yang menjual makanan khas Indonesia seperti nasi rendang, sate padang, sate kambing atau ayam dan makanan khas Indonesia lainnya yang sangat diminati selain warga Indonesia di Sydney juga masyarakat Australia yang ikut mengunjungi kegiatan sosialisasi Pilpres ini. Dalam setiap kegiatan bazaar masyarakat Indonesia, rendang dan sate padang menjadi makanan favorit pengunjung masyarakat Australia maupun multikultur lainnya di Sydney.

Sekretaris PPLN Sydney, Akbar Makarti menjelaskan bahwa Warga Negara Indonesia yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap PPLN Sydney sebanyak 24.815 orang terdiri dari 11.245 laki-laki dan 13.570 perempuan. Akbar menambahkan mengingat di Indonesia Pilpres dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Juli 2014, maka untuk pelaksanaan Pilpres di Sydney dan sekitarnya dilakukan pada hari Sabtu, 5 Juli 2014, yakni hari libur bagi masyarakat sehingga memungkinkan mereka memiliki kesempatan untuk mencoblos di TPS masing-masing.

Penulis:

Nicolas Manoppo

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.comĀ