Sukses

Profil Tim Piala Eropa 2024: Dinamit Denmark Siap Kembali Meledak

Pada partisipasi ke-10 di UEFA Euro 2024, Denmark berambisi untuk kembali meledak sesuai julukan mereka yakni Tim Dinamit. Para pesaing mereka di Grup C yakni Slovenia, Serbia, dan Inggris pun harus waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Pada partisipasi ke-10 di UEFA Euro 2024, Denmark berambisi untuk kembali meledak sesuai julukan mereka yakni Tim Dinamit. Para pesaing mereka di Grup C yakni Slovenia, Serbia, dan Inggris pun harus waspada.

Denmark mengawali perjuangan melawan Slovenia di Stuttgart Arena, Minggu (16/6/2024) mendatang. Laga ini akan jadi tolak ukur apakah mereka bakal kembali menjadi kuda hitam atau tidak.

Negara Skandinavia itu sudah pernah melakukannya beberapa kali. Mendapat julukan Dinamit setelah mencapai 16 besar Piala Dunia 1986, Timnas Denmark menciptakan salah satu kejutan terbesar pada sepak bola dengan menjuarai Piala Eropa 1992.

Tampil sebagai pengganti Yugoslavia, mereka mampu mencapai babak gugur dengan melewati Prancis dan Inggris di fase grup. Setelahnya Denmark menyisihkan juara bertahan Belanda dan membungkam Jerman untuk merebut trofi.

Hingga kini gelar juara tersebut masih menjadi pencapaian terbesar Denmark dalam sejarah sepak bola. Meski hanya sekali merasakan manisnya prestasi, Denmark tetap menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan.

Di Piala Eropa 2024, Denmark berharap untuk menambahkan rekor baru dalam sejarah mereka. Dengan skuat yang dipimpin oleh Kasper Hjulmand, mereka memiliki talenta, ketangguhan, dan semangat untuk bersaing dengan yang terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci Denmark: Rasmus Hojlund

Rasmus Hojlund bermain sebagai penyerang untuk klub Liga Utama Inggris Manchester United. Perjalanan profesionalnya dimulai di Copenhagen pada tahun 2020, di mana dia mulai mengasah bakat dan menunjukkan potensinya yang luar biasa.

Kinerjanya menarik perhatian klub luar negeri. Pada Januari 2022, dia dipinang klub Bundesliga Austria, Sturm Graz.

Hanya setengah musim di sana, Hojlund kembali membuat langkah besar dengan pindah ke Italia untuk bergabung dengan Atalanta. Di sana, dia terus menunjukkan kualitasnya yang gemilang dan kemampuan mencetak gol yang memukau, menjadikannya sorotan di lapangan hijau. Setahun berselang, Hojlund pun bergabung ke salah satu klub paling bergengsi Liga Premier Inggris, Manchester United. 

Melesatnya karier Hojllund ditandai juga ditandai ketajaman bersama timnas. Setelah jadi tulang punggung timnas Denmark di berbagai level usia, mulai dari U-16 hingga U-21, dia melakoni debut untuk timnas senior Denmark pada bulan September 2022. Dengan penampilan yang mengesankan dan ketajaman di depan gawang, dia telah menjadi andalan timnas, mencetak tujuh gol dalam 12 penampilan.

3 dari 3 halaman

Pelatih Denmark: Kasper Hjulmand

Kasper Hjulmand mengawali karier sebagai pesepak bola profesional dan bermain di lini belakang. Dia tak pernah bermain untuk klub besar. Hjulmand lebih banyak berkutat dengan tim-tim semenjana Denmark, mulai dari Vivild IF (1991), Herlev IF (1992-1994), dan Boldklubben af 1893 (1996-1998) sebelum memutuskan gantung sepatu.

Setelah pensiun sebagai pemain, Hjulmand sempat melatih beberapa klub lokal Denmark seperti Lyngby dan Nordsjaelland. Setelah dirasa cukup membesut klub lokal, Hjulmand menyeberang ke Jerman.

Kemudian setelah melakoni perjalanan menukangi klub, dia ditunjuk sebagai pelatih timnas Denmark. Saat itu, Kasper Hjulmand menggantikan Age Hareide yang kontraknya berakhir. Dan tak butuh waktu lama, Hjulmand langsung membuktikan kapasitas sebagai pelatih. Ia sanggup membawa armadanya hingga melaju ke babak semifinal Euro 2020.

Hjulmand melanjutkan tren positif setelah turnamen. Dia membantu Denmark lolos ke Piala Dunia 2022 dan kini Piala Eropa 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini