Sukses

8 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Mengacaukan Suasana Hati

Jakarta - Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat suasana hati menjadi kacau. Hal ini perlu Anda diketahui. Apalagi, Anda yang saat ini berada di rumah dalam waktu lama karena pandemi corona Covid-19.

Dilansir huffpost.com, baru-baru ini, berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa mengacaukan suasana hati. Penasaran apa saja?

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara teratur atau berlebihan dapat memperburuk suasana hati. Studi menunjukkan bahwa alkohol memiliki beberapa dampak kesehatan jangka panjang.

2. Soda

Soda mengandung gula yang bisa diserap tubuh dengan cepat, menyebabkan lonjakan gula yang diikuti oleh rasa lelah yang parah. Air dan teh adalah alternatif minuman yang lebih baik.

3. Kafein

Batasi konsumsi teh dan kopi berkafein karena dapat menyebabkan otak melepaskan dopamin dan serotonin. Mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan dapat menyebabkan iritabilitas, agitasi, dan kecemasan yang merupakan bagian dari suasana hati.

 

 

2 dari 3 halaman

4. Makanan yang dipanggang

Cookies atau buah yang dipanggang dapat memperburuk suasana hati karena kandungan gulanya dengan cepat terurai menjadi glukosa dan memicu lonjakan, serta kehancuran gula darah.

5. Kentang goreng

Kentang goreng penuh dengan lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan garam berlebih. Pilihlah makanan yang dapat membantu otak menerima aliran bahan bakar secara lebih konsisten agar berfungsi dengan lebih baik.

6. Makanan olahan

Makanan olahan mengandung gula rafinasi, lemak jenuh, dan pengawet dalam jumlah besar. Selain itu, makanan olahan juga dikaitkan dengan dampak membuat tubuh cepat lelah.

3 dari 3 halaman

7. Bagel

Bagel dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang kemudian diikuti dengan perubahan suasana hati. Coba beralih dengan mengonsumsi beras merah atau roti gandum.

8. Daging kemasan

Daging yang telah dipotong dan dikemas biasanya penuh dengan pengawet dan zat aditif yang dapat menghisap energi, menyebabkan perubahan suasana hati dan perut kembung.

Disadur dari Fimela.com (Penulis Annisa Wulan / Editor Nabila Mecadinisa, Published 4/6/2020)