Sukses

R&I Pertahankan Peringkat Investasi Indonesia

Perusahaan pemeringkat Rating & Investment Information Inc. (R&I) yang berbasis di Jepang mempertahankan peringkat investasi Indonesia.

Perusahaan pemeringkat  Rating & Investment Information Inc. (R&I) yang berbasis di Jepang mempertahankan peringkat investasi Indonesia (Sovereign Credit Rating) di  BBB dengan proyeksi stabil.

Kunci utama yang membuat R&I mempertahankan peringkatnya untuk kredit Indonesia adalah kerena kemampuan pemerintah untuk  menjaga pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang.

"Selain itu, penyebab lain adalah karena Indonesia selalu menunjukkan finansial yang konservatif, manajemen perbankan yang sehat, ditambah dengan beban obligasi negara yang tercatat rendah," ungkap pihak perusahaan dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari The Global Times, Sabtu (12/10/2013).

R&I juga mengamati Indonesia sebagai negara yang sangat ulet menghadapi berbagai tekanan yang menimpa nilai tukar mata uangnya.

Pemerintah bahkan dinilai mampu mengelola cadangan devisanya untuk membayar utang asing berjangka pendek yang dimilikinya.

Dalam keterangan tersebut dikatakan, dengan sumber daya yang melimpah, pasar domestik raksasa dan investasi langsung asing (Foreign Direct Investment/FDI) yang ikut menopang ekonomi negara, Indonesia dinilai mampu untuk mempertahankan pertumbuhan.

Lembaga pemeringkat tersebut yakin Indonesia akan mampu mempertahankan peringkat nilai investasinya selama pemerintah terus menunjukkan kebijakan-kebijakan ekonominya yang berdampak positif.

R&I memberikan peringkat nilai rating investment grade ke sovereign credit Indonesia pada Oktober tahun lalu , setelah yang sebelumnya dikeluarkan oleh Fitch dan Moody akhir 2011. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.