Sukses

Harga Minyak Dunia Bertengger di USD 90 per Barel, AS Siapkan Sanksi Tambahan Buat Iran

Sejauh ini respons pasar minyak terhadap serangan Iran tidak terlalu signifikan, dengan harga minyak berjangka ditutup lebih rendah pada hari Senin setelah Israel dan AS berhasil menangkis serangan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia bergerak stabil pada perdagangan Selasa. Gerak harga minyak ini dipengaruhi oleh rencana sanksi yang akan diberikan oleh Amerika Serikat (AS) terhadap Iran setelah serangan udara Republik Islam terhadap Israel pada akhir pekan.

Mengutip CNBC, Rabu (17/4/2024), harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Mei turun sedikit sebesar 5 sen menjadi USD 85,36 per barel. Sedangkan harga minyak mentah Brent yang merupakan patokan harga minyak dunia untuk pengiriman Juni turun 8 sen menjadi USD 90,02 per barel.

“Jelas, Iran terus mengekspor sejumlah minyak,” kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada hari Selasa.

“Mungkin masih banyak lagi yang bisa kami lakukan. Saya tidak ingin melihat pratinjau kegiatan sanksi kami yang sebenarnya, namun yang pasti hal ini tetap menjadi fokus sebagai area yang mungkin dapat kami atasi.” tambah dia.

Sejauh ini respons pasar minyak terhadap serangan Iran tidak terlalu signifikan, dengan harga minyak berjangka ditutup lebih rendah pada hari Senin setelah Israel dan AS berhasil menangkis serangan tersebut.

Empat pejabat AS menberikan penjelasan kepada kepada NBC News,kekhawatiran akan perang yang lebih luas juga mereda karena AS memperkirakan tanggapan Israel terhadap serangan Iran akan terbatas.

“Ketegangan masih tinggi, dan langkah selanjutnya dari masing-masing pihak sulit diprediksi, namun semua tanda signifikan menunjukkan berkurangnya permusuhan dan pengendalian diri dalam jangka pendek,” kata Wakil Presiden konsultan energi Rystad Energy Jorge Leon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Israel Siapkan Balasan

Kabinet Israel bertemu pada masa perang selama beberapa jam pada hari Senin untuk mempertimbangkan bagaimana Israel harus menanggapinya. Seorang pejabat Israel mengatakan kepada NBC News setelah pertemuan tersebut bahwa tanggapan mungkin akan segera dilakukan.

“Iran akan menghadapi konsekuensi atas tindakannya,” kata panglima militer Israel Herzi Halevi dalam sebuah pernyataan video.

Halevi dalam video tersebut juga berterima kasih kepada AS, Inggris, dan Prancis karena membantu Israel dalam menembak jatuh lebih dari 300 rudal dan drone yang diluncurkan ke negara tersebut.

“Kami akan memilih tanggapan yang sesuai,” kata Halevi.

“IDF tetap siap untuk melawan segala ancaman dari Iran dan proksi terornya saat kami melanjutkan misi kami untuk membela negara Israel.” tambah dia.

 

3 dari 3 halaman

Semua Menahan Diri

Para pemimpin Inggris, Perancis dan Jerman telah meminta Israel untuk menahan diri setelah serangan Iran. Presiden Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada akhir pekan bahwa komitmen AS terhadap Israel sangat kuat, tetapi Washington tidak akan berpartisipasi dalam operasi ofensif terhadap Iran.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada wartawan mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah berkonsultasi dengan Mesir, Yordania, Turki, Arab Saudi, Jerman, dan Inggris sejak serangan Iran.

“Kami terus menjelaskan kepada semua orang yang kami ajak bicara bahwa kami ingin melihat deeskalasi, bahwa kami tidak ingin konflik ini semakin meningkat. Kami tidak ingin melihat perang regional yang lebih luas,” kata Miller.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Iran mengatakan Republik Islam tidak berusaha memperluas perang tetapi memperingatkan bahwa Teheran akan merespons lebih kuat dari sebelumnya jika Israel melakukan serangan balik, menurut terjemahan postingan di halaman media sosial Republik Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.