Sukses

Kadin Dukung Pemerintah Bawa 30 Juta UMKM Go Digital di 2024

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) sangat mendukung target pemerintah untuk bisa membawa 30 juta UMKM on boarding ke digital di tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) sangat mendukung target pemerintah untuk bisa membawa 30 juta UMKM on boarding ke digital di tahun 2024.

Target tersebut tentunya harus disertai dengan parameter dan data yang kuat, mulai dari berapa jumlah UMKM yang sudah melakukan digitalisasi, kemudian kapan seharusnya target tersebut dapat direalisasikan oleh pemerintah.

Berdasarkan data per Agustus 2023, sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun. Bahkan, kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total tenaga kerja.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 65,5 juta UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.

Aturan Pendukung

Deputi Komite Tetap untuk Asia Pasific Kadin Indonesia Bambang Budi Suwarso mengungkapkan, selain adanya parameter untuk bisa mengukur sudah berapa banyak UMKM yang melakukan digitalisasi, pemerintah juga harus membuat aturan pendukungnya.

Ini agar para UMKM yang sudah on boarding digital tersebut bisa lebih cepat berkembang.

“Adapun aturan pendukungnya misalkan mengenai masalah pembiayaan, dimana para UMKM ini masih kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan dari perbankan. Maka dariitu, peran pemerintah sangat dibutuhkan agar UMKM bisa cepat berkembang”,kata Bambang (14/12/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Tepat

Bambang juga menambahkan, upaya pemerintah untuk mendorong UMKM naik kelas dengan melakukan digitalisasi merupakan langkah yang tepat.

Pasalnya, dengan Go Digital UMKM tersebutbisa memiliki mutu sesuai standar internasional. Sehingga, produk yang dihasilkan bisabersaing dengan negara lainnya.

“Go digital hanya merupakan salah satu percepatan dalam proses marketing, perlu dukungan ekosistem secara terintegrasi yang meliputi pelatihan tenaga kerja, efisiensi operasional, kesinambungan bahanbaku, pengawasan mutu sesuai standar internasional”,tambahnya.

Sementaraitu, pemerintah optimistis pada tahun 2024 bisa membawa 30 juta UMKM untuk bisa go digital. Keyakinan tersebut tercermin karena sepanjang 2023, pemerintah mencatat sudah semakin banyak UMKM yang beralihke digital.

Pada Maret 2023, adasebanyak 22 juta UMKM yang go digital. Sedangkan di Juni 2023, angkanyabertambahmenjadi 22,8 juta UMKM dan saatinisudahada 27 juta UMKM yang on boarding digital.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.