Sukses

Orang Terkaya Inggris Hampir Kehilangan Seluruh Bisnisnya Saat Pandemi Covid-19, Kok Bisa?

Dalam sebuah wawancara, miliarder Inggris Sir Richard Branson mengatakan bahwa secara pribadi dirinya kehilangan sekitar 1,5 miliar euro selama pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Sir Richard Branson mengungkapkan bahwa bisnisnya terpukul selama pandemi Covid-19 sehingga khawatir bakal kehilangan seluruh kerajaan pesawat, kereta api, hotel, klub kesehatan, dan pesawat ruang angkasa.

miliarder itu curhat telah kehilangan  1,5 miliar euro secara pribadi akibat pinjaman negara untuk Virgin Atlantic.

"Ada saat ketika kita benar-benar terlihat seperti akan kehilangan segalanya," kata Richard Branson seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (13/5/2023).

“Kami memiliki 50, 60 pesawat semuanya di darat, dan semua klub kesehatan tutup, hotel semua tutup, dan kasus terburuk adalah 60.000 orang turun ke jalan. Saya pasti sedikit tertekan,” sambungnya.

Dalam sebuah wawancara dengan tim BBC, Branson mengatakan dia secara pribadi kehilangan sekitar 1,5 miliar euro selama pandemi.

Pengusaha itu mengatakan dia menemukan reaksi media "menyakitkan" ketika Virgin Group meminta pinjaman  500 juta euro kepada pemerintah Inggris untuk membantu maskapai Virgin Atlantic pada April 2020.

Dia berkata, “Ini rumit. Cukup sulit untuk menjelaskan kepada orang-orang ketika semua orang terluka. Yang ingin kami lakukan adalah mencoba mendapatkan dukungan dari pemerintah, bukan hadiah dari pemerintah tetapi penjaminan pinjaman sehingga biaya untuk maskapai … tidak menjadi penghalang.”

Branson, yang merupakan salah satu orang terkaya di Inggris, mengajukan permohonan bailout Treasury dari pulau pribadinya Necker di Karibia. Hal itu dia lakukan setelah maskapai penerbangan Inggris easyJet mendapatkan pinjaman £ 600 juta dari pemerintah.

Namun, langkah tersebut menimbulkan kecaman luas pada saat itu, dengan wakil pemimpin Partai Buruh, Angela Rayner, yang membuat seutas cuitan di Twitter, "Richard mencambuk pulau pribadi Anda dan membayar staf Anda, kami berada dalam masa yang belum pernah terjadi sebelumnya di sini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Benci Jadi Miliarder

Seperti yang diketahui, pemerintah menolak permintaan bailout yang didanai pembayar pajak dan sebagai gantinya Virgin Group menyuntikkan £ 200 juta ke Virgin Atlantic sebagai bagian dari paket penyelamatan £ 900 juta yang juga termasuk dukungan dari pemegang saham dan beberapa pemasok maskapai.

Pengusaha itu mengatakan bahwa jika ada sesuatu yang dia benci dalam hidup, itu adalah label miliarder. “Orang tidak memanggil Anda dengan kekayaan bersih, mereka memanggil Anda dengan nama Anda,” katanya.

Di samping itu, Branson juga membahas kampanye pemasaran Virgin sebelumnya dan aksi publisitas, yang sering menampilkan wanita glamor, berpakaian sebagian, yang terkadang dia lemparkan ke bahunya. Dia bilang dia tidak akan melakukan aksi seperti itu hari ini.

Ditanya apakah aksi itu membuatnya meringis sekarang, Branson menjawab, “Saya akan meringis jika saya merasa para wanita sama sekali tidak nyaman. Saya tidak berpikir bahwa saya pernah membuat orang merasa tidak nyaman. Pada masa itu, itu membuat mereka tersenyum, tapi hari ini, jelas, saya pikir orang akan merasa tidak nyaman dengan hal seperti itu. Jadi itu berubah dan saya sepenuhnya menerimanya. Dan saya telah berubah bersama orang lain.” 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini