Sukses

Perkuat Kerja Sama di Sektor Perdagangan, Mendag Zulhas Bertemu Mendag Malaysia

Guna meningkatkan kerja sama di sektor perdagangan antara Indonesia dengan Malaysia, Mendag Zulhas melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia.

Liputan6.com, Manggarai Barat Guna meningkatkan kerja sama di sektor perdagangan antara Indonesia dengan Malaysia, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia, YB Senator Tangku Datuk Seri Utama Zafrul Tengku Abdul Aziz, Rabu (10/5/2023).

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait dengan pelaksanaan Joint Trade and Investment Committee (JTIC) Indonesia-Malaysia. Mendag Zulhas mengatakan bahwa Indonesia siap melaksanakan pertemuan JTIC ke-4.

"Kami mengusulkan pertemuan JTIC ke-4 tingkat Menteri dapat diselenggarakan pada pertengahan tahun ini, untuk mengeksplorasi potensi kerja sama perdagangan dan investasi di berbagai sektor," katanya.

Selain itu, pertemuan juga membahas persiapan penandatanganan Review Border Trade Agreement (BTA) 1970 Indonesia-Malaysia. Hal itu merupakan perjanjian perdagangan yang memfasilitasi pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat perbatasan.

"Indonesia siap menandatangani Review BTA Indonesia-Malaysia dan mendorong agar proses internal Malaysia juga dapat segera selesai," kata Mendag Zulhas.

Kedua menteri juga membahas sejumlah peluang kerja sama baru, seperti dalam bidang perdagangan digital, inisiasi hijau, makanan halal, serta industri makanan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Perdagangan Turun

Total perdagangan Indonesia dan Malaysia tercatat turun sebesar USD6,15 miliar pada periode Januari hingga Maret 2023. Angka tersebut turun sebesar 4,57 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Pasalnya, jika berkaca pada tahun 2022, total perdagangan kedua negara tercatat sebesar USD27,93 miliar.

Dalam sektor ekspor dan impor, pada periode ini, ekspor Indonesia ke Malaysia tercatat sebesar USD3,32 miliar, sedangkan impor Indonesia dari Malaysia sebesar USD 2,82 miliar. 

Sementara di tahun 2022, tercatat ekspor Indonesia ke Malaysia sebesar USD15,45 miliar sedangkan impor Indonesia dari Malaysia tercatat sebesar USD12,48 miliar, dengan kata lain, Indonesia menikmati surplus sebesar USD2,98 miliar.

Untuk komoditas batu bara, minyak kelapa sawit, minyak petroleum, serta asam lemak monokarbosilat industri menjadi ekspor komoditas utama Indonesia ke Malaysia.

Sementara, komoditas minyak petroleum, hidrokarbon asiklik, polimer dari etilena, peralatan mesin, serta alkohol asiklik merupakan impor utama Indoensia dari Malaysia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.