Sukses

Tony Fernandes: Harga Tiket Pesawat Lebih Murah Dibandingkan Taksi

Sejumlah masyarakat menganggap harga tiket pesawat saat ini dinilai mahal. Namun tidak menurut CEO Capital A, Tony Fernandes yang menilai tiket pesawat saat ini dinilai murah.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah masyarakat menganggap harga tiket pesawat saat ini dinilai mahal, namun tidak menurut CEO Capital A, Tony Fernandes yang menilai tiket pesawat saat ini dinilai murah.

Hal itu disampaikan Tony Fernandes saat membuka rute penerbangan baru Air Asia tujuan Jakarta - Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Tony mengatakan, melihat situasi saat ini harga tiket pesawat dinilai murah dan seharusnya maskapai penerbangan menaikan harga tiket pesawat. Bahkan Tony membandingkan harga tiket pesawat lebih murah dibandingkan taksi hingga MC Donald.

"Tiket pesawat harganya sangat murah dibandingkan dengan taksi," ujar Tony kepada Liputan6.com, Sabtu (3/9/2022).

Tony menjelaskan, saat ini harga bahan bakar pesawat sedang mengalami kenaikan namun tiket pesawat dinilai murah. Padahal semenjak pandemi Covid-19 harga bahan bakar minyak pesawat mengalami kenaikan dua kali lipat sejak Pandemi Covid-19.

"Belanja pesawat mayoritas menggunakan mata uang dolar sedangkan dolar sedang perkasa sehingga mempengaruhi industri penerbangan," jelas Tony.

Walaupun begitu, Air Asia akan berusaha merendahkan harga tiket pesawat yang dapat dijangkau masyarakat maupun pengguna moda transportasi pesawat terbang. Air Asia berusaha menyediakan harga tiket sesuai dengan tagline Air Asia yakni Now Everyone Can Fly.

"Saya akan bekerja keras menjaga harga tiket murah, saya janji," ucap Toni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Air Asia Turunkan Harga Tiket

Ditempat yang sama, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan secara langsung meminta kepada CEO Capital A, Tony Fernandes maupun Direktur Utama Air Asia Veranita Yosephine untuk menurunkan harga tiket pesawat. Permintaan tersebut berkaitan dengan potensi di wilayah Tapanuli Utara.

"Potensi wisata di Tapanuli sangat luar biasa, banyak warga kami sering ke luar kota tapi tiket mahal, bisa ga Pak Tony dan Bu Vera menurunkan harga tiket sedikit," ujar Nikson.

Nikson beranggapan bahwa Air Asia dapat menurunkan harga tiket pesawat bukan tidak mungkin Air Asia banyak diminati masyarakat Tapanuli Utara. Menurutnya, banyak orang tua mahasiswa yang datang dan pulang ke Tapanuli Utara namun harus ke Medan untuk mendapatkan pesawat.

"Di Bandara Silangit penuh dan costnya mahal, jika diberikan diskon Air Asia penumpangnya akan penuh," kata Nikson.

Nikson meminta permintaan penurunan harga tiket dapat dilaksanakan Air Asia sehingga rute baru Air Asia Jakarta-Silangit semakin memudahkan masyarakat didukung dengan harga tiket murah.

"Saya bersyukur dengan adanya rute baru ini sehingga masyarakat Tapanuli Raya memiliki akses ke beberapa daerah," pungkas Nikson. (Dicky Agung Prihanto)

3 dari 4 halaman

Air Asia Buka Rute Baru Jakarta - Silangit, Sasar Potensi Wisata

AirAsia akhirnya membuka rute penerbangan Jakarta - Silangit, Sumatera Utara, yang sempat tertunda akibat Covid-19. Sasaran AirAsia bukan hanya penduduk sekitar yang ingin berpergian tetapi menyasar pangsa pasar wisata dan pendidikan.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan, AirAsia berusaha memberikan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat pada moda transportasi menggunakan pesawat terbang. AirAsia akhirnya telah membuka rute baru penerbangan dari Jakarta ke Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara.

"Hari ini merupakan penerbangan perdana rute Jakarta-Silangit, Sumatera Utara," ujar Veranita, Jumat (2/9/2022).

Veranita menjelaskan, AirAsia telah melakukan assessment terkait dengan potensi pasar yang akan dijalankan dengan rute Jakarta-Silangit. Menurutnya, potensi pelayanan penerbangan Jakarta menuju Silangit, Sumatera Utara dinilai besar dalam bisnis transportasi.

"Kita melihat potensi ini besar ya dan kita percaya kita bisa mengembangkan bersama-sama, tapi kuncinya adalah bersama-sama," jelas Veranita.

AirAsia akan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, industri pariwisata, dan pendidikan yang berada di wilayah Tapanuli Utara maupun wilayah lain di Sumatera Utara. AirAsia untuk memberikan kenyamanan pada saat penerbangan rute Jakarta-Silangit maupun sebaliknya akan menggunakan pesawat tipe Air Bush 320.

"Armada kita saat ini adalah menggunakan Airbus 320 jadi kita tetap menggunakan armada yang sama," ucap Veranita.

4 dari 4 halaman

Penerbangan Perdana

Veranita mengungkapkan, pada penerbangan perdana AirAsia Jakarta-Silangit mencapai 134 penumpang. Hal itu menjadi sinyal bawah rute tersebut mendapatkan minat dari masyarakat pengguna transportasi pesawat terbang.

"Penerbangan pertama seperti kita jalani di rute yang lain, kalau kita baru membangun rute itu memang butuh waktu untuk bisa mendorong," ungkap Veranita.

Untuk mendongkrak peningkatan jumlah penumpang AirAsia dengan membentuk sejumlah promosi yang telah diprogramkan. Selain itu, AirAsia akan mengembangkan sejumlah potensi di jalur pelayanan transportasi Air Asia, salah satunya pariwisata.

"Kami akan mengembangkan dari sisi pariwisata dan kerjasama untuk bisa mendorong dan memaksimalkan rute penerbangan yang kita miliki," pungkas Veranita. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.