Sukses

Top 3: Erick Thohir Ungkap Sumbangan Swasta Rp 1,5 Miliar untuk Semeru

Liputan6.com, Jakarta Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, pekan lalu, mengundang perhatian sejumlah pihak untuk menyalurkan bantuan untu korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Mulai dari relawan, perusahaan swasta, dan perusahaan BUMN.

Tak terkecuali Menteri BUMN Erick Thohir. Mantan bos Inter Milan ini pun memimpin langsung rapat koordinasi Satgas Bencana BUMN. Tujuannya guna mengarahkan bantuan bagi warga terdampak.

Ia mengatakan BUMN dalam hal ini tidak bekerja sendiri. Ada pihak swasta dan relawan yang turut membantu pemulihan di daerah terdampak.

Artikel tentang rakor soal Semeru yang dipimpin Erick Thohir hingga adanya sumbangan swasta Rp 15 miliar ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak rangkuman 3 berita paling dicari, Rabu (8/12/2021):

1. Erick Thohir Pimpin Rakor BUMN Soal Semeru: Swasta Mau Sumbang Rp 1,5 Miliar

Letusan gunung Semeru berimbas ke berbagai aspek kehidupan masyarakat. Sedikitnya ada lima desa yang terdampak dan mengharuskan warga Semeru mengungsi.

Hal ini mengundang perhatian sejumlah pihak untuk menyalurkan bantuan. Mulai dari relawan, perusahaan swasta, dan perusahaan BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir memimpin langsung rapat koordinasi Satgas Bencana BUMN. Tujuannya guna mengarahkan bantuan bagi warga terdampak.

Baca artikel selengkapnya di sini

2 dari 3 halaman

2. Sri Mulyani Bongkar Uang Perjalanan Dinas PNS Daerah Lebih Besar dari Pusat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati blak-blakan menyebut uang perjalanan dinas bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah lebih besar dari abdi negara di pusat. Bahkan, perbedaan besarannya bisa mencapai 50 persen.

Ia juga menyampaikan honorarium yang berlaku dan diterima oleh PNS di daerah cukup beragam. Honorarium terendah ada di angka Rp 325 ribu dan paling tinggi ada di angka Rp 25 juta.

“Bervarisasinya pemberian honorarium PNS di daerah, minimal Rp 325 ribu hingga maksimal bisa diberikan honor Rp 25 juta,” kata dia dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (7/12/2021).

Lebih lagi, ia mengungkapkan besaran uang harian perjalanan dinas dari PNS di daerah lebih tinggi jika dibandingkan dengan PNS di pusat.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Jokowi Prioritaskan Perbaikan Infrastruktur Pasca Erupsi Gunung Semeru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi mengatakan, dirinya ingin memastikan beberapa hal yang perlu diprioritaskan untuk penanganan tanggap darurat, seperti pencarian korban dan proses evakuasi serta ketersediaan logistik bagi masyarakat terdampak dan pengungsi. Termasuk juga rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru.

"Kita berharap semua sudah bisa dimulai, baik itu perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan memang berbahaya untuk dihuni kembali," kata Presiden Jokowi, Selasa (7/12/2021).

Baca artikel selengkapnya di sini