Sukses

Digitalisasi Jadi Jalan Terbaik UMKM Pasarkan Produk

Liputan6.com, Jakarta - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kembali terbukti menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia saat ini. Di tambah dengan digitalisasi, UMKM tak hanya mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19 bahkan bisa menjadi lebih besar dan menjadi pengungkit perekonomian.  

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menjelaskan, UMKM di daerah wisata mengalami tekanan di tengah pandemi karena berbagai pembatasan. Oleh karena itu UMKM perlu untuk beradaptasi salah satunya dengan digitalisasi 

"Digitalisasi jadi jalan terbaik buat pasarkan produk," kata Annne dalam acara EMTEK Digital: Ngobrol UMKM Bareng bersama Merdeka.com, Purwakarta, Kamis (2/12/2021).

Anne mengaku sektor UMKM menjadi perhatian Pemda karena telah menjadi urat nadi daerah. Sehingga ketika sektor ini terpuruk, Pemda memberikan berbagai pelatihan kepada pelaku usaha, misalnya pelatihan pengemasan produk, manajemen keuangan hingga pemasaran produk.

"Kita bantu pemasarannya melalui Menong on-line," kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dukungan Media

Dalam kegiatan yang sama Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia, Wens Mangut mengatakan media turut memberikan dukungan kepada UMKM. Salah satunya dengan menceritakan kembali kisah sukses pelaku usaha keluar dari pandemi.

"Kisah-kisah sukses UMKM ini bisa menjadi inspirasi banyak pihak," kata dia.

Wens menambahkan media akan sangat terbuka kepada pelaku UMKM yang mau berbagi kisah jatuh bangunnya berusaha. Sebab siapa saja yang membaca kisah tersebut bisa menginspirasi orang lain.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com